Review

Revitalisasi Akan Membuat Taman Lalu Lintas Canggih




Taman lalu lintas Bandung

Anak-anak di Kota Bandung akan semakin betah berkunjung ke  Taman Lalu  Lintas  Ade Irma Suryani Nasution karena salah  satu  taman yang  klasik  di  Kota Kembang ini  akan  direvitalisasi.  Bahkan menurut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil di Pendopo Kota  Bandung, Rabu (3/2/2016), Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution akan menjadi taman berstandar internasional.

Revitalisasi akan  meliputi perbaikan sarana  pembelajaran  lalu lintas,  bangunan-bangunan yang sudah tua, jalan,  dan  berbagai fasilitas  bermain anak. Salah satu ikon taman lalu lintas  yang juga  akan  terkena perbaikan ini adalah kereta  api  yang  akan dimodernisasi dan bentuknya sesuai dengan kereta cepat Jakarta-Bandung yang saat ini sedang populer.

Taman Canggih Seperti Kidzania
Menurut Kang Emil, dana untuk merevitalisasi taman ini sebesar Rp 9  miliar  merupakan  hibah dari PT Toyota  Astra  Motor.  Dengan anggaran  sebesar  itu, Taman Lalu Lintas nantinya  akan  menjadi taman yang canggih seperti Kidzania, dengan mengangkat tiga tema, yaitu  lalu lintas perkotaan, lalu lintas pegunungan, dan air.

Revitalisasi  Taman  Lalu Lintas memang  perlu  dilakukan  karena selama ini, taman yang memiliki fungsi edukatif ini memang  tidak begitu  banyak berubah. Hal itu juga diakui Emil yang  menyatakan sejak ia kecil, Taman Lalu Lintas tidak pernah berubah dan masih  begitu-begitu  saja.  Kalau tidak mengikuti  perkembangan  zaman, Taman  Lalu  Lintas  dikhawatirkan lama-lama  akan  ditinggalkan pengunjungnya.

Revitalisasi Taman Lalu Lintas harus dibarengi pembenahan  sarana lainnya,  salah  satunya sarana parkir. Apalagi di  Kota  Bandung selama  beberapa  waktu terakhir, taman dan  objek-objek wisata yang sudah dibenahi selalu laris diserbu pengunjung. Ridwan Kamil  memperkirakan  hal itu juga akan terjadi pada Taman  Lalu  Lintas Ade Irma Suryani.

Pembenahan Fasilitas Parkir
Karena  itu,  Emil akan memfasilitasi pembangunan  gedung  parkir atau basement untuk menampung kendaraan pengunjung seiring dengan popularitas  Taman  Lalu Lintas yang  diperkirakan  akan  menjadi objek wisata baru favorit wisatawan.

Hal lain yang dipertimbangkan setelah revitalisasi selesai adalah masalah tarif masuk bagi pengunjung. Selama ini Taman Lalu Lintas terkenal  sebagai  lahan bermain anak yang  murah  meriah  karena tarif masuknya hanya Rp 7.000. Emil menyatakan tarif murah tersebut akan tetap dipertahankan untuk masyarakat menengah ke  bawah, sesuai  dengan  amanat  pendiri Yayasan Taman  Lalu  Lintas  agar jangan mematok tarif yang mahal. Sementara untuk kalangan  menengah ke  atas dan turis mancanegara, nantinya akan dibuat aturan agar  harganya sesuai dengan kondisi baru taman yang memiliki lahan seluas  35.423 meter persegi ini.

Meski  sedang  diperbaiki, taman dekat SMAN 3 Bandung ini tetap bisa  dikunjungi  para wisatawan  karena  perbaikan dilakukan per  zona.  Emil  berharap revitalisasi Taman Lalu Lintas selesai sebelum Hari Raya Idulfitri, Juli 2016, sehingga masyarakat bisa berkunjung ke taman  ini saat cuti bersama dan libur panjang.

Nantinya, taman yang pada masa lalu sempat menjadi pusat  komando pertahanan  Hindia-Belanda  ini akan dibuka  untuk  umum  dengan rentang  waktu yang lebih panjang. Bila biasanya taman ini  hanya buka sampai  pukul 15.00 WIB, nantinya bisa  buka  sampai  pukul 21.00 WIB. 

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution
Jl. Belitung, Sumur Bandung, Kota Bandung
Jam Buka:
Senin - Kamis, Sabtu 08.00 - 15.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 5000
Minggu dan Hari Libur, 08.00 - 16.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 6000
Jum'at TUTUP kecuali LIBUR NASIONAL
- Foto-foto di Taman Lalu Lintas lihat di sini
- Video di Taman Lalu Lintas tonton di sini