Review

Menikmati Kuliner dan Kesejukan Alam di Kampung Bareto Resto & Cafe




Kampung Bareto Jln Padasuka Bandung

Terletak di dekat Saung Angklung Udjo dan Caringin Tilu, lokasi wisata kuliner ini recommended banget bagi yang ingin menikmati Bandung dari ketinggian. Berjarak 3,5 Km dari arah Terminal Cicaheum, Kampung Bareto bukan saja menyajikan yang lezat-lezat tapi juga menyajikan suasana yang adem dan cocok para wisatawan. Maklum saja, kawasan Padasuka merupakan salah satu dataran tinggi Bandung yang dikenal dengan objek wisata alam.

Di sinilah terletak Bukit Moko atau Puncak Bintang, tempat wisata di ketinggian Bandung yang sedang trending. Ditambah kehadiran Kampung Bareto sebagai surga penikmat kuliner membuat kawasan ini semakin banyak minat pengunjung. Setiap akhir pekan atau liburan, kawasan wisata di Cimenyan, Padasuka biasa ramai dengan kunjungan para pelancong. Bagi yang membawa anak, di sini pun tersedia taman bermain anak. Tersedia aneka fasilitas dari ayunan hingga aneka alat permainan tradisional.

Suasana Nyaman Memandang Bandung dari Ketinggian
Kampung Bareto sendiri berada di lahan seluas 2 hektare di Jalan Terusan Padasuka. Anda bisa wisata kulienr di saung-saung juga tempat lesehan berkapasitas 250 orang. Sebagai pengiring santap Anda, setiap Sabtu malam, ada sajian accoustic live music. Bagi Anda yang ingin mengadakan acara wedding, arisan, meeting, gathering, atau birthday party tempat ini bisa menjadi pilihan. Memandang suasana Bandung malam hari dengan titik pandang dari sini sungguh begitu indah. Anda bisa bersantap di dekat kolam dengan kesejukan udara Bandung.

Bareto sendiri dalam bahasa Sunda mengandung arti 'zaman dulu' semakna dengan baheula. Dan memang Kampung Bareto menyajikan khas kampung tempo doeloe. Selain bangunan yang bernuansa jadoel, di sini pun  ada 13 saung unik di bawah rerimbunan pohon.  Tempat ini buka setiap hari. Untuk hari Senin - Kamis buka pukul 10.00-21.00 WIB. Pada akhir pekan (Sabtu-Minggu), Kampung Bareto buka dari pukul 07.00-22.00 WIB. Lahan parkir di sini pun terbilang luas.

Suasana perkampungan memang sangat terasa di sini. Tak heran jika tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Di sini pun tersedia kolam memancing Saung Jeujeur yang berkapasitas besar. Jadi, tempat ini pun bisa menjadi salah satu pilihan untuk wisata keluarga. Selain menu makanan dan minuman, Kampung Bareto mengandalkan suasana dan nuansa sebagai nilai jual. Tentunya pula sebagai resto dan cafe, aneka menu makanan pun menjadi favorit pengunjung. Di sini tersedia makanan berat, makanan ringan, dan aneka minuman.
Untuk merasakan suasana menikmati cekungan Bandung dari ketinggian, lebih nikmat jika diteman hangatnya secangkir kopi, segelas bajigur, bandrek, ataupun kesegaran smoothies Katumbiri ti Bareto. Aneka masakan yang dihidangkan di sini pun pasti akan menggugah selera Anda. Sajian menu makanan ada khas Sunda, Indonesia, maupun Western. Untuk harga menu makanan berat mulai Rp29.000 hingga Rp69.000. Untuk makanan ringan mulai dari Rp15.000 hingga Rp17.000. Untuk minuman khusus khas bareto mulai Rp21.000 - Rp22.000

Menu Khas Sunda, Indonesia, hingga Barat
Pengunjung bisa menikmati sajian kuliner khas Sunda, seperti Nasi Tutug Oncom, Nasi Liwet, Karedok, atau Pencok Kacang Panjang. Nasi tutug oncom yang disajikan di sini berupa nasi panas yang dicampur dengan oncom ramuan khusus. Bedanya, ayam yang menjadi lauk pauk itu merupakan daging ayam pejantan yang kering dan gurih. Tidak ketinggalan pula tahu, tempe, ikan asin bilis, lalapan, dan sambal khas ala Bareto. Sementara Untuk pencok kacang panjang, itu terdiri dari kacang panjang, daun kemangi, dan sambal pedo.

Jika Anda ingin mencicipi menu ala Indonesia, ada Gurame Cobek Bakar dan Sop Gurame Kemangi.  Sementara sajian menu Sop Gurame Kemangi berupa menu ikan gurame segar dengan bumbu yang nikmat plus daun kemangi dan sayuran menyehatkan. Menu lainnya yang bisa Anda coba ada Ayam Bakar Bumbu Rujak berupa sajian daging ayam pejantan dengan manis, asam, dan pedas. Bagi yang suka menu Western ada sosis dan steak. Jika masih ingin mencoba menu lainnya, ada  mie goreng, mie kocok, dan mie baso.

Bagi Anda yang kebetulan datang saat weekend (Sabtu-Minggu) pagi, bisa sarapan dengan lontong laksa, lontong kari, nasi kuning komplit ala bareta, dan mix omelet. Di Kampung Bareto pun tersedia menu light meal berupa urab sampeu, pancake, lumpia, pisang bakar keju, sarikaya bareto, dan peuyeum sandwich. Sementara sajian minuman ada beragam jus buah, suguhan kopi, bandrek, dan bajigur. Sementara minuman unggulan di sini ada Balalang Tandang, berupa campuran apel, guava, alpukat, mentimun, lemon jus daun mint dan soda. Di tempat ini pun biasa rutin digelar aneka event.

Rute ke Kampung Bareto Resto & Cafe
Lokasi wisata kuliner ini jaraknya kurang lebih 500 meter dari Polsek Cimenyan. Jika dari keluar tol Pasteur terus saja ke Jembatan Layang Pasupati - Jln. PHH Mustofa (Jln. Suci) - Terminal Cicaheum - belok kiri ke arah Jln. Padasuka (atas) - lewat Kompleks Pasirlayung - Kantor Kecamatan Cimenyan -  Polsek Cimenyan - Kantor Desa Cimenyan - Kampung Bareto.

Kampung Bareto
Jln. Terusan Padasuka Atas KM.3,5 No. 21
Cimenyan, Bandung
[lihat peta lokasi]
Telepon: (022) 7216824
Akun Instagram: @kampungbareto