Review

Layanan Bus DAMRI Kini Lebih Nyaman




Layanan bus DAMRI terbaru di Bandung

Upaya untuk mengatasi kemacetan serta manghadirkan transportasi publik yang nyaman bagi warga menjadi program Perum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) Bandung. Maklum saja, lalu lintas Bandung makin hari kerap dilanda kemacetan. Ini karena banyaknya pengguna kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua.

Kini para penumpang bisa menggunakan jasa layanan bus DAMRI yang lebih cepat dan nyaman sesuai konsep Bus Rapid Transit (BRT). Untuk di Bandung, uji coba kedatangan bus DAMRI di shelter dilaksanakan setiap 5 menit. Uji coba ini diharapkan bisa menjadikan layanan transportasi umum ini makin diminati warga Bandung.

Uji Coba 15 - 29 Juni 2016
Uji coba kedatangan bus DAMRI setiap 5 menit  tersebut mulai dilaksanakan pada 15 - 29 Juni 2016. Sementara untuk di shelter, bus DAMRI hanya "ngetem" 2 menit. Untuk uji coba ini baru dilakukan 3 rute  dari 5 rute DAMRI. Ketiga rute tersebut yakni bus DAMRI jurusan:

1. Trayek 01: Cicaheum-Cibeureum
2. Trayek 09: Cicaheum-Leuwipanjang
3. Trayek 11: Cibiru-Kebon Kalapa

Bukan hanya kedatangan setiap 5 menit sekali, fasilitas di dalam bus sendiri kini dibenahi. Untuk tempat duduknya tidak berjajar dari depan ke belakang. Untuk armada sendiri, sekarang ini dioperasikan bus-bus baru. Bandung sendiri mendapat 165 bus baru dari Pemerintah Pusat. Sementara untuk layanan kelima di Bandung digunakan 142 bus dengan perincian per jurusan: 
- Cicaheum-Cibeureum: 23 bus
- Cibiru-Kebon Kalapa: 24 bus
- Cicaheum-Leuwipanjang 23 bus

Calon Penumpang Menunggu di Shelter
Adapun rute lain yakni, Ledeng-Leuwipanjang dan Dipatiukur-Leuwipanjang belum dijadwalkan. Hal ini menunggu administrasi selesai. Untuk kebijakan baru ini, bagi Anda para penumpang diharuskan menunggu bus DAMRI di shelter. Bus tidak akan mengangkut calon penumpang yang menunggu di ruas jalan seperti dulu lagi. Untuk itu, diturunkan 35 petugas yang mengawasi. ‎Terkait jumlah shelter bus yang belum memadai, akan dibuat pemberhentian bus (bus stop) seperti rambu lalu lintas di trotoar yang telah ditentukan di beberapa titik di jalanan Bandung.

Bus yang beroperasi dari pukul 5 pagi sampai 21.30 ini memiliki daya tampung 80 penumpang dengantempat duduk 30 dan berdiri 50. Adapun tarif penumpang saat ini Rp 4.000 - Rp 5.000. ‎ Selama masa uji coba, pihak DAMRI dan Dishub Kota Bandung akan menghitung ketidakcocokan jadwal dengan jam tiba di shelter.

Ketidakcocokan tersebut akan menjadi bahan evaluasi dalam penyusunan jadwal ke depannya. Adapun menyangkut penyesuaian dengan Trans Metro Bandung, bus TMB akan mengisi jadwal kosong bus DAMRI.  Ini dikarenakan armada TMB ‎jumlahnya masih terbatas.

Layanan Hello DAMRI
Saat ini Damri memiliki 60 cabang di 34 provinsi di Indonesia. Perusahaan layanan angkutan publik milik negara ini juga melakukan inovasi layanan dengan meluncurkan contact center "Hello DAMRI 1500825" dan penerapan sistem reservasi angkutan antar kota berbasis teknologi informasi. Untuk tahap awal, layanan "Hello DAMRI" akan melayani pelanggan pukul 07.00 WIB - 22.00 WIB selama 7 hari seminggu. Layanan ini merupakan jawaban perusahaan negara tersebut terhadap kebutuhan tanggapan yang cepat atas keluhan, kritik, dan saran penumpang,