Review

Menikmati Pemandangan Bandung dari Ketinggian di Lereng Anteng, Punclut




Lereng Anteng Punclut Bandung

Kawasan Puncak Ciumbuleuit merupakan salah satu jalur alternatif  menuju Lembang. Kawasan dataran tinggi ini terdekat dari Kota Bandung (sekitar 8 km). Pada akhir pekan atau musim liburan, kawasan ini biasa dipenuhi wisatawan yang datang untuk berwisata dan menikmati pemandangan Kota Bandung. Memang, Punclut memiliki panorama alam yang menarik dimana seluas mata memandang terlihat hamparan Bandung di bawahnya.

Tempat ini pun jadi lokasi favorit untuk selfie, menikmati aneka kuliner, juga menikmati segarnya udara Bandung di ketinggian. Dari kawasan Punclut, kita bisa melihat pemandangan cekungan Bandung yang "dibentengi" tetengger alam gunung-gunung. Di kawasan selatan terlihat Gunung Malabar, Patuha, dan Waringin dan saat cuaca sedang cerah, kita bisa melihat landmark kota Bandung seperti Masjid Raya Jawa Barat dan Jembatan Pasupati.

Lereng Anteng: tempat kuliner, kumpul, dan selfie
Kawasan ini pula yang dari dulu menjadi sentra kuliner di Bandung utara. Walau rute jalan naik turun, kawasan ini menjadi tempat wisata favorit para pelancong yang berkunjung ke Bandung. Di pinggir jalan, berjejer saung-saung rumah makan yang menyajikan aneka kuliner khas Sunda.

Salah satu lokasi wisata kuliner Bandung di kawasan ini yang lagi ngehits adalah Lereng Anteng. Tempat kuliner dengan konsep "panoramic coffee place" ini berada di area paling utara perbukitan Punclut yang dekat ke arah Lembang. Tempat wisata ini sekarang menjadi buruan para wisatawan yang ingin mengabadikan view Bandung dari ketinggian, terutama saat malam hari.

Di terasering perbukitan ini disediakan saung-saung yang sangat cocok buat ngumpul bareng teman-teman atau keluarga. Ada juga tenda-tenda dengan atap plastik transparan yang cocok buat ngumpul ngariung bareng teman-teman. Apalagi view di sini pas banget buat foto-fotoan. Untuk di saung-saung dan tenda plastik disediakan tempat duduknya dengan alas dan bantal-bantal empuk. Jadi, pas banget untuk berleha-leha sambil menikmati hiliwir angin pegunungan yang menyejukkan.

Adapun beberapa menu yang disajikan di sini bisa Anda pilih, di antaranya:
- Nasi goreng Rp20.000
- Nasi ayam tulang lunak Rp28.000
- Nasi liwet Rp28.000
- Nasi ikan tulang lunak Rp28.000
- Nasi ayam penyet Rp28.000

Juga tersedia makanan camilan seperti roti bakar yang dibanderol Rp13.000 - 15.000. Makanan lainnya ada pisang goreng, cireng, bala-bala, singkong goreng, comro/misro harga Rp15.000 - Rp20.000. Untuk menghangatkan badan, bisa memesan olaha mie instant dengan kisaran harga Rp8.000 - Rp15.000 (bergantung topping). Sedangkan untuk minuman, Anda bisa memesan kopi, teh, luwak, kefir, dsb.

Rute ke Lereng Anteng
Untuk lokasinya mudah dijangkau. Dari belokan ke arah Cihampelas, ambil ke kiri ke arah Jln. Ciumbuleuit - RS AU dr. Salamun - Rereongan Sarupi - Jln. Punclut - Jln. Pagermaneuh - Lereng Anteng. Sementara jika dari Jln. Ir. H. Juanda (Dago) terus ke arah Terminal Dago/Tahura - belok kiri ke Jln. Citra Garden - Jln. Punclut - Jln. Pagermaneuh (sebelum masuk Lembang) - Lereng Anteng.

Angkutan kota (angkot): dari Jl. Cihampelas jurusan Ciumbuleuit, turun di depan RS Salamun. Dari sana bisa naik ojek ke arah Punclut.

Lereng Anteng - Panoramic Coffee Place
Punclut, Pageurmaneuh, Bandung
Jam buka: setiap hari pukul 08 - 22.00 WIB

Kontak:
- Info dan reservasi: 0878 2529 5659 (Denny)
- Instagram: @lerenganteng