Review

Patung Replika Dinosaurus Kini Menghuni Taman Lansia




Patung Dinosaurus di Taman Lansia Bandung

Jika Anda penggemar sinetron Preman Pensiun, taman ini biasa menjadi lokasi pengambilan gambar sitkom tersebut. Dimana adegan tokoh Ubed dan Dewi biasa nongkrong di taman tersebut. Ya, Taman Lansia yang sempat dikenal juga dengan "Taman Cuankie" karena Ubed dan Dewi biasa bertemu untuk menikmati cuankie di taman tersebut. Taman Lansia sebenarnya sudah ada sejak lama dan di era kepemipinan Wali Kota Ridwan Kamil, taman ini dibebenah. Sekarang, tempat ini biasa dikunjungi oleh para wisatawan maupun warga Bandung sendiri.

Taman Nyaman untuk Bersantai
Di taman ini keteduhan dengan adanya pohon-pohon rindang, memang bisa memanjakan pengunjung untuk sekadar santai atau ngaso sejenak. Belum lagi Taman Lansia berlokasi di pusat kota yang dekat dengan tempat wisata lainnya. Di sebelah barat terdapat Gedung Sate, Museum Pos, Lapangan Gasibu, dan lebih jauh ke utara ada Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Sementara di arah selatan ada Museum Geologi dan persis di seberang taman merupakan area sentra kuliner. Sementara di arah timur ada Pet Park.

Di pinggir taman ini berjejer tukang penjual makanan dari yang menggunakan gerobak hingga restoran. Bahkan para penjual kaos dan pernak-pernik khas Bandung pun kerap menggelar dagangan dengan menggunakan mobil. Di sini ada kuliner surabi dan kue cubit yang terkenal jadi buruan para wisatawan. Juga ada Yoghurt Cisangkuy yang melegenda juga tempat makan Pasar Cisangkuy. Di Jalan Cisangkuy pun biasa ada jasa sewa naik kuda. Anak-anak bisa berkeliling jalanan di pinggir taman dengan menunggang kuda.

Oleh pihak Pemkot Bandung, taman ini mengalami revitalisasi dan diresmikan pada 31 Desember 2014. Di Taman ini terdapat fasiltas jogging track, tempat duduk, wahana bermain anak, toilet, hingga akses Wifi yang menjadi daya tarik pengunjung. Dan di tengah-tengah taman terdapat jembatan yang menghubungkan area satu ke area lainnya. Sementara di bawah jembatan ada kolam retensi untuk pengaturan aliran air.

Difoto "Dikejar" T-Rex
Pada pertengahan Juni 2016, Taman Lansia pun kedatangan "penghuni" baru yakni patung replika T-Rex. Patung dinosaurus tersebut merupakan pindahan dari Alun-alun Ujungberung, setelah si T-Rex terusir karena kehadirannya mendapat penolakan dari tokoh masyarakat dan seniman Ujungberung.

Patung replika dinosaurus setinggi 2,5 meter dengan panjang 6 meter ini merupakan kadeudeuh dari Wali Kota Bandung untuk warga Bandung Timur. Patung dinosaurus ini sedianya menjadi ornamen baru di Taman Alun-alun Ujungberung dan tadinya dimaksudkan sebagai sarana rekreasi gratis bagi masyarakat.

Kehadiran patung di tempat baru tersebut dipastikan akan menjadi spot menarik bagi wisata edukasi anak-anak juga menjadi latar selfie favorit. Apalagi dinas terkait melengkapi dengan hadirnya photo booth berupa replika sepeda tepat di depan patung hewan prasejarah tersebut. Jadi, saat difoto pengunjung menaiki sepeda seakan sedang "dikejar" oleh si hewan buas T-Rex.