Review

Stunning Bandung: Where the Wonders of West Java Begin




Stunning Bandung Logo

Bandung menjadi salah satu kota dari 10 destinasi wisata  yang di-launching oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Selain Bandung, Menpar juga akan me-launching destinasi pariwisata utama Indonesia antara lain Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi. Launching telah digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rabu (14/6/2017).

Peluncuran branding baru 10 destinasi pariwisata utama tersebut  sebagai upaya menyelaraskan  sub-brand (branding destinasi) dengan master-brand (Wonderful Indonesia/WI) sehingga memperkuat positioning  dari master-brand Wonderful Indonesia sekaligus tercipta sinergi antara pusat dan daerah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia setiap destinasi di kancah internasional.

Memenuhi unsur 3 A
Kesepuluh destinasi utama tersebut paling siap di-branding sebagai destination branding  dalam mendukung brand Wonderful Indonesia. Re-branding tersebut dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 15 juta dan meningkat menjadi 20 juta pada 2019.

Kesiapan 10 destinasi  utama  dengan branding baru tersebut terutama dalam unsur 3 A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas) yang membuat mudah bagi wisatawan berkunjung ke masing-masing destinasi untuk menikmati fasilitas,  sarana akomodasi, maupun atraksi unggulan yang ada di daerah tersebut. Destinasi yang di-rebrand dengan penggunaan logo dan slogan yang baru demi menguatkan promosi pariwisata daerah tersebut

Arti logo dan tagline Stunning Bandung
Untuk Bandung sendiri mempunyai logo Stunning Bandung: where the wonders of West Java begin terefleksikan dalam paduan bunga dan kujang sebagai simbol keindahan dan otentisitas Bandung dan Jawa Barat yang berbeda dari banyak sisi dibandingkan daerah lain di Tanah Jawa. Mengunjungi Bandung dan Jawa Barat seperti memasuki surga baru pariwisata yang mengajak wisatawan menikmati eksotisme Tanah Sunda dengan segala kelebihan dan kekhasannya.

Adapun Stunning, pemilihan kata 'memesona" yang diharapkan dapat meninggalkan kesan yang positif dan mudah diingat bagi masyarakat, baik lokal maupun mancanegara. Stunning juga memiliki keselarasan dengan Bandung dan Jawa Barat yang memiliki keindahan alam, budaya, dan masyarakatnya yang dapat memberikan kesan tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Dipilihnya tagline tersebut bertujuan mewakili destinasi-destinasi wisata lain di Jawa Barat sesuai dengan judul promosi Where The Wonder West Java Begin.