Sentra Produksi Topi Bandung





Bandung memang terkenal akan kreativitas pembuatan produk, salah satunya topi. Ada beberapa tempat di Bandung yang dikenal sebagai perajin topi home industry. Namun, jika Anda ingin memesan atau membeli aneka jenis topi bisa datang ke daerah Bandung selatan. Tepatnya di daerah Sindangpalay, Kampung Rahayu, hingga Cigondewah Hilir (Kampung Pangkalan/Curug/Mahmud). Sentra perajin topi ini terbentang dari daerah belakang Perumahan TKI II (jembatan tol Cigondewah) hingga ke daerah dekat Stadion Jalak Harupat (Soreang).

Anda bisa menuju daerah sini dengan masuk lewat Jalan Cibolerang atau Jln. Cigondewah Rahayu. Angkutan kota yang melewati daerah ini adalah: Cipatik-Tegallega. Anda bisa menyusuri sepanjang jalan Sindangpalay hingga ke daerah Kampung Babakan, Pangkalan, hingga Mahmud (Margaasih). Ada berjejer toko-toko yang menyediakan topi aneka model. Anda pun bisa memesan topi dalam jumlah besar (partai).

Tentunya pula di sini sudah terdapat toko-toko yang menyediakan perlengkapan bahan topi, seperti kain, kancing, hingga pembuat bordiran (embroidery). Harganya pun bervariasi tergantung kebutuhan pemesan. Pemesanan topi biasanya ramai menjelang Pemilu atau ada event-event tertentu. Adapun untuk pemasaran topi dari daerah ini sudah tersebar ke seluruh wilayah Nusantara. Namun, tidak sedikit pedagang yang memilih mendistribusikan produk topinya ke Pasar Abang, Jakarta.

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS