The Centrum: Dine-Wedding-Event





Nama 'Centrum' di Kota Bandung identik dengan kolamr renang yang memiliki sisi historis. Dulunya pada tahun 1920-an, kolam renang pemandian yang dirancang oleh seorang arsitek ternama C.P. Wolff Schoemaker dengan konsep gaya arsitektur modern tropis Indonesia dan terletak di Jalan Bilittonstraat (Jalan Belitung). 

Dulu kolam renang Centrum hanya diperuntukkan untuk kaum Eropa/orang kulit putih. Sementara para pribumi/Inlander dilarang masuk. Bangunan bersejarah yang berlokasi dekat SMAN 5 Bandung ini, kini dikenal dengan nama The Centrum. Ini merupakan restoran sekaligus tempat dine-wedding-event. Tempatnya berbentuk sebuah kapal pesiar. Adalah Kagum Hotels yang menjadika tempat ini fasilitas untuk penyelengaraan berbagai acara seperti pernikahan, berbagai acara resmi, dan gathering. Beragam menu yang ditawarkan antara lain menu Indonesia, Chinese, dan Western.

Seperti layaknya kapal, di bagian dalam bangunan dengan kapasitas 1000 orang ini dibuat seperti dek yang disulap menjadi tempat bersantap. Dek-dek di bagian atas dan bawah dibuat menjadi berbagai fasilitas ruangan untuk pertemuan, tempat bersantap, dan meeting. Sedangkan di bagian bawah terdapat kolam renang yang dilengkapi dengan panggung dan taman. The Centrum yang terletak di Jl. Belitung No.10, Bandung mulai dibuka untuk umum 23 September 2011.

Awalnya Centrum yang memiliki luas bangunan sebesar 1.150 m2 dan dibangun di atas tanah seluas 3200 m2 ini digunakan khusus oleh orang-orang Belanda yang tinggal atau singgah di Bandung. Ketika itu, warga asli Indonesia alias warga pribumi dilarang untuk ikut menikmati kolam renang ini.

Kepemilikan Centrum dipindahtangankan kepada seorang warga negara Indonesia bernama R. Tjandraprawira pada tahun 1948 karena warga negara Belanda yang tinggal di Bandung berangsur pulang ke negeri asal seiring dengan berakhirnya era penjajahan Belanda di Indonesia.

Tempat ini baru pertama kali dibuka untuk umum di sekitar tahun 1960-an. Centrum pernah direnovasi pada tahun 2000 yang memanjangkan ukuran kolam renang menjadi 46 meter (dari awalnya 30 meter) dengan lebar 21 meter dan kedalaman yang mencapai 3 meter.

The Centrum
Alamat: JL. Belitung, No. 10, Bandung, Jawa Barat 40113
Telepon: (022) 4202168
Jam Buka: Pukul 10.00–22.00

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS