Review

19 Tempat Wisata Anak Paling Favorit di Kawasan Lembang



Tempat wisata anak di Lembang

Bulan Desember merupakan bulannya liburan bagi Anda dan keluarga. Tak terkecuali, momen ini pula menjadi kesempatan mengajak si kecil untuk berlibur saat mereka libur sekolah. Bandung pun bisa menjadi pilihan membawa buah hati untuk berlibur dalam momen libur sekolah, Natal, dan Tahun Baru.

Faktor kenyamanan menjadi hal utama saat membawa si kecil berwisata di Bandung. Untuk itu, orang tua bisa memilih mana saja tempat wisata yang cocok bagi mereka. Orang tua bisa memilih tempat wisata bermain anak, kolam renang, petualangan, atau kuliner. Bagi ayah dan bunda yang sedang mencari informasi seputar wisata anak, berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata di Lembang yang pas buat anak-anak.

1. Rumah Hobbit Farmhouse Lembang
Inilah tempat wisata yang booming di kawasan jalur ke Lembang. Farmhouse Susu Lembang di Jl. Raya Lembang No. 108, Cihideung, Kab. Bandung Barat. Spot rumah Hobbit, foto dengan kostum, dan interaksi dengan hewan ternak  jadi spot yang menjadi primadona wisatawan.

2.  Kampung Gajah Wonderland
Inilah destinasi taman hiburan anak-anak yang sudah berdiri lama, menawarkan wahana, taman bermain air, dan kebun binatang kecil. Berlokasi di Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Cihideung, Bandung Barat, Kabupaten Bandung Barat, telepon: (022) 88884012

3. The Lodge Maribaya
Di sini terdapat fasilitas lengkap bagi Anda yang ingin menjajal wisata. Tempat yang juga dikenal dengan "The Lodge Cibodas" terdapat fasilitas outbound (flying fox, trekking, fun games, camping, dll. Tempat ini cocok juga bagi Anda yang ingin mengadakan kegiatan gathering atau sekadar kumpul-kumpul bersama keluarga dan sang buah hati. Untuk menuju ke tempat ini bisa mengambil jalur Terminal Dago- Dago Giri - Maribaya, lalu ke Cibodas. Jika dari Jalan Setiabudhi (Ledeng) ke arah Lembang - Jln. Maribaya - Curug Maribaya - Cibodas.

4.  De'Ranch Lembang
Objek wisata De'Ranch resmi dibuka untuk umum pada Desember 2007, sebagai tempat wisata kuda ala cowboy yang bertemakan food, leisure and knowledge. Hingga saat ini De'Ranch telah mempunyai sekitar 20 ekor kuda dari pelbagai daerah dan dalam pengoperasian wisata kuda De'Ranch pun bekerja sama dengan masyarakat pemilik kuda yang berdomisili di sekitar lokasi De'Ranch.  Teretak di Jln. Maribaya no. 17, Lembang - Kab. Bandung Barat Telepon: (022)278-5865. Fax: (022) 278-5842.

5. Jendela Alam
Berlokasi di Kompleks Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, telepon: (022) 2788482. Harga tiket masuk Jendela Alam Lembang Bandung cukup murah yaitu Rp10.000  di hari Senin – Jumat sedangkan di akhir pekan Sabtu - Minggu sebesar Rp20.000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Harga tiket tersebut belum termasuk tarif menikmati berbagai wahana yang ada di dalamnya.

6.  Kota Mini Floating Market Lembang
Di sini, anak-anak bisa lebih belajar mengenal aneka profesi yang mungkin saja jadi salah satu cita-cita anak di kemudian hari. Di sini pun ada ruangan khusus berisi aneka boneka dengan ragam karakter. Bagi yang ingin berfoto dengan busana luar negeri ada spot berfoto Litte Missy Custome.

Anak-anak bisa bermain sambil belajar, lengkap dengan fasilitas pendukung. Contohnya, rumah polisi, pemadam kebakaran, dokter, salon, dan pasar. Ada lebih dari 10 bangunan tematik untuk setiap profesi.

7. Phantasia Barbie
Phantasia Barbie Gallery memiliki koleksi kurang lebih sebanyak 300-an Barbie yang ditata dalam diorama seluas masing-masing sekitar 10 meter persegi dan disimpan dalam kondisi vakum. Di sini aturan untuk melihat-lihat boneka barbie, syaratnya Anda hanya perlu bertransaksi minimal Rp 20.000,- di Balcony Cafe. Memang, Phantasia Barbie Gallery ini berlokasi di dalam sebuah restoran bernama Balcony Cafe & Billique Hotel. Tempat wisata ini terletak di Jl. Terusan Sersan Bajuri No.100 · (022) 2011330.

8. Orchid Forest Lembang
Terletak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Harga Tiket masuk  Orchid Forest Lembang Rp 30.000/orang dan bagi yang bawa kamera DSLR Rp 50.000/orang. Adapun waktu operasionalnya untuk hari biasa dari pukul 09.00 s.d. 18.00 WIB dan akhir pekan pukul 08.00 s.d. 19.00 WIB.

Harga tiket parkirnya Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Bagi pengunjung ada tiket terusan untuk menikmati berbagai fasilitas tambahan seperti spot foto atau arena peramainan dengan kisaran Rp 15.000. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

9. The Green Forest Resort
Buat yang ingin menghirup udara segar, Anda bisa berjalan-jalan di taman dengan konsep yang sangat alami. Jika ingin mengajak anak-anak untuk bermain petualangan, bisa mencoba hanging bride. Spot lainnya yang menjadi favorit pengunjung adalah jembatan goyang. Inilah salah satu spot menarik yang kerap dijadikan tempat selfie atau wefie oleh para pengunjung.

Jembatan goyang ini terbuat dari material kayu dan tali tambang berwarna hijau. Sensasi berjalan di antara pepohonan hijau bisa Anda rasakan di sini. Lokasinya di Jln. Sersan Bajuri no. 102, Cihideung, Kab. Bandung Barat, telepon: (022) 2787939.

10. Kebun Bunga Begonia
Inilah tempat wisata bagi anak untuk lebih mengenal alam terutama aneka jenis bunga nan indah. Pengelola di sini pun menyediakan fasilitas dan layanan untuk para wisatawan, antara lain restoran, mushola, tour guide, live music, dan sebagainya. Tips untuk mendatangi tempat ini baiknya dilakukan pada pagi hari karena bunga-bunga masih terlihat lebih segar.  Kebun Begonia berlokasi di Jalan Maribaya No. 120 A, Lembang, telepon: (022) 2788527.

11. Maribaya Natural Hot Spring Resort
Maribaya Natural Hot Spring Resort terletak di Jln. Maribaya No.105/212 Lembang, Kab. Bandung Barat, telepon (022) 827 82228. Inilah lokasi wisata yang pas buat keluarga dimana ada tempat menginap, aneka wahana buat si kecil, juga wisata berendam di pemandian air panas.

12. Terminal Wisata Grafika Cikole
Tempat ini cocok menjadi tujuan wisata Anda untuk menyelenggarakan aktivitas luar ruangan bersama keluarga. Anak-anak bisa menjajal bertualang di alam terbuka di tengah kesejukan alam Cikole. Terminal Wisata Grafika Cikole berlokasi di Jln Raya Tangkuban Perahu km 8 Desa Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat. Informasi dan kontak (022) 8278 2441.

Di sini Anda dan keluarga bisa menikmati fasilitas outbond, dimana ada flying fox, jembatan tali dua, jembatan borma, turun tebing, jaring laba-laba, jembatan Elvis, wisata naik kuda, ATV, wisata rumah pohon, kebun strawberry. Untuk penginapan tersedia kamar hotel, pondok wisata, rumah panggung dan area berkemah.

13. Bandung Treetop Adventure Park
Ini merupakan objek wisata yang menawarkan tantangan dengan bertualang dari pohon ke pohon. Sejak pertama kali didirikan, wahana permainan ini langsung digemari karena menawarkan sajian wisata yang berbeda. Di sini, para pengunjung dituntut untuk bergelantungan, meniti, meluncur, dan merayap di antara ketinggian pepohonan, dengan berbagai tingkat kesulitan. Setiap arena permainan di tempat ini disebut sirkuit yang terdiri dari 88 tantangan dan 24 flying fox. Bandung Treetop Adventure Park berlokasi di Jln. Bumi Perkemahan Cikole, telepon: 022-82780672.

14. Dusun Bambu
Kawasan wisata Dusun Bambu terletak di Jln. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Kab. Bandung Barat, telepon: 022 - 82782020. Pengunjung bisa menemukan area-area seperti Kampung Layung yang merupakan tempat penginapan berupa cottage bernuansa kayu. Ada pula Lutung Kasarung yang berupa kafe berdesain unik seolah bergelantungan di antara pepohonan. Di sini, setiap villa dilengkapi dengan layanan kamar 24 jam, akses WiFi gratis, TV satelit, bathroom amenities gratis, teh dan kopi gratis, peralatan BBQ serta dapur dan peralatan lengkapnya.

15. Observatorium Bosscha
Merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha berlokasi di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 km di bagian utara Kota Bandung.

16. Cikole Jayagiri Resort
Bagi yang ingin rehat sejenak dalam buaian kesejukan hawa pegunungan Bandung utara, Cikole Jayagiri Resort tempat yang pas untuk menjauh sejenak dari hiruk pikuk kota dan kesibukan kerja. Area penginapan dan wisata yang berdiri sejak tahun 2010 ini menjadi sarana yang pas untuk kumpul keluarga, adventure, dan fun games. Cikole Jayagiri Resort berlokasi di Jl. Tangkuban Perahu No. 147, Cikole, telepon: (022)82780512 / 82780513.

17. Taman Kardus
Lokasinya Jalan Sersan Bajuri No 102,  berada di dalam Resort Green Forest. Jalan Sersan Bajuri. Untuk aksesnya mudah dijangkau, dari Terminal Ledeng ambil arah kiri ke arah Jln. Sersan Bajuri. Di kawasan ini pun suasananya Bandung Utara banget alias sejuk banget dengan adanya pohon-pohon pinus yang menghiasi area Resort Green Forest.

18. Ciwangun Indah Camp (CIC)
Lokasi wisata CIC terletak di Kampung. Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kab. Bandung barat. Lokasinya dekat dengan area wisata Curug Tilu Leuwi Opat, Curug Cimahi, serta Dusun Bambu.

19. Sapu Lidi
Inovasi back to nature ini kini telah menjadi jualan utama Sapu Lidi. Di sini, Anda bisa menemukan aneka ragam makanan, jajanan pilemburan, souvenir, hingga bercengkrama dengan alam. Khusus untuk urusan kuliner. Di tempat ini juga, Anda bisa juga berbelanja souvenir dari mulai wayang golek, alat permainanan anak-anak, aneka makanan tradisional, dll. Lokasinya di Jl. Sersan Bajuri, Kompleks Graha Puspa, Cihideung – Lembang Kontak dan informasi resort: (022) 2786915  dan restoran: (022) 2786461.