Review

Susu Murni Ijan, Kedai Legendaris Dekat Kebon Kalapa




Susu Murni Ijan Bandung

Bagi Anda warga Bandung, mungkin sudah tak asing dengan kedai susu murni legendaris ini. Kedai ini sendiri sudah ada sejak era 1950-an dan jadi favorit warga Bandung yang ingin melepas dahaga dengan minum susu murni sambil  menikmati aneka kue. Para kaum muda era 80-90an, mungkin biasa nongkrong di tempat ini.

Mungkin ada kenangan tersendiri bagi Anda yang pernah nongkrong di kedai ini kala itu. Entah itu habis jalan-jalan di Alun-alun Bandung lalu jalan kaki ke arah Terminal Kebon Kalapa dan menyusuri arah barat nyimpang dulu di kedai ini. Atau sebelum nyegat angkot di perempatan, bersantai sejenak di kedai ini. Apalagi saat bulan Ramadan, yang belanja atau ngabuburit di Alun-alun tak sedikit saat adzan Magrib berkumandang yang menyempatkan ngabatalan puasa di kedai susu murni ini.

Walaupun tempatnya tidak terlalu luas, namun kedai dekat Gang Ijan ini selalu dipenuhi pengunjung, terutama anak-anak muda. Maklum saja lokasi kedai susu murni ini berada di dekat pusat keramaian juga dekat dengan sekolah-sekolah yang ada di kawasan ini. Selain suasananya yang cocok buat nyantai, harga segelas susu dengan aneka rasa atau susu murni di sini pun terbilang murah.

Untuk segelas susu dengan varian rasa seperti coklat, stroberi, pisang, melon dan taro  Rp5000 dan susu murni tawar Rp 4.000. Tidak ada perubahan apapun dalam menu yang disediakan, lokasi Kedai Susu Murni Ijan pun tidak berpindah tempat sedari dulu, tetap berada di Jalan Pungkur No 4 sejak tahun 1950-an.

Sementara untuk teman minum susu, di sini pun ada aneka makanan ringan pelengkap seperti sus krim, bolu keju, pisang molen, pastel, risoles, donat, dan lainnya. Aneka makanan tersebut harganya dari Rp2.000 - Rp5.000. dalam sehari bisa menghabiskan hingga 200 liter susu murni, supaya tetap segar susunya direndam bersama bongkahan es batu. Susu murni ini bisa dibilang usaha keluarga yang turun temurun dan sekarang adalah generasi ke enam.