Review

Warung Kopi Purnama, Kedai Kuliner Legendaris di Bandung



Warung Kopi Purnama Alkateri Bandung

Sebagai kota kuliner, di Bandung ada beberapa tempat kuliner legendaris yang keberadaannya sudah dikenal sejak zaman dulu. Tempat-tempat kuliner tersebut merupakan saksi sejarah perkembangan dunia kuliner di Kota Bandung yang sudah dikenal sejak zaman kolonial.

Kehadiran tempat kuliner "sepuh" tersebut bukan saja jadi tujuan warga Bandung untuk menikmatinya namun juga para wisatawan luar Bandung yang memang menggemari kuliner asli khas Bandung. Kehadiran tempat kuliner legendaris tersebut tak tergerus zaman dan eksistensinya tak kalah dengan hadirnya tempat-tempat kuliner kekinian dengan segala konsepnya yang instagramable.

Lokasi dan rute Warung Kopi Purnama
Bila Anda ingin mencari tempat kuliner legendaris di Bandung, cobalah menyambangi Kedai Kopi Purnama. Lokasinya di kawasan Alun-Alun Bandung tak jauh dari Masjid Raya Bandung sebelah utara, tepatnya di Jln. Alkateri No. 22, Braga, Sumur Bandung.

Untuk aksese ke Warung Kopi Purnama, bila dari arah Masjid Raya berjalanlah ke arah barat melewati Kantor Pos Besar Bandung. Sejajar dengan Gedung Kantor Pos Besar ada Jln. Alkateri (dulu dikenal dengan Romano Plaza). Jln. Alkateri ini merupakan jalan tembus ke Jln. ABC dari Jln. Asia Afrika.

Sebagai tempat kuliner legendaris, Warung Kopi Purnama tak pernah sepi pengunjung. arung Kopi Purnama lebih dulu berdiri sejak tahun 1930an. Warung Kopi Purnama didirikan oleh Jong A Tong , yang berasal dari kota Medan yang hijrah ke Bandung.

Dulunya, Warung Kopi Purnama hanya sebuah rumah biasa yang di bangun pada tahun 1923 dan pada tahun 1930 beralih fungsi jadi warung kopi. Awalnya nama kedai ini “Chang Chong Se” (Silakan Mencoba!) lalu pada 1966 sang pemilik mengubah nama warung kopinya menjadi “Purnama”, mengikuti mandat dari Pemerintah Indonesia.

Salah satu keunikan kedai ini adalah desain interior bernuansa klasik. Pengunjung pun bisa mengabadikan dengan memotret di sini. Tidak hanya di ruangan depan, yang masih terjaga keasliannya. Bagian belakangnya pun tidak kalah menarik untuk di jadikan spot foto, karena terdapat sejumlah pajangan foto jadul pemiliknya, hingga peralatan dapur khas tempo.

Juga menyesuaikan dengan zaman, di sini pun disediakan akses wifi gratis. Adapun menu andalan di sini di antaranya kopi susu dan roti selai srikaya yang diolah sendiri. Kedua menu ini tidak pernah hilang dari daftar menu mereka.

Harga menu Warung Kopi Purnama
Berikut ini beberapa menu dan harganya:
- Kopi susu panas: Rp15.000
- Kopi hitam panas: Rp15.000
- Kopi tubruk panas: Rp15.000
- Kopi susu tubruk panas: Rp18.000
- Kopi telur panas: Rp18.000
- Teh susu panas: Rp15.000
- Teh tubruk panas: Rp8.000
- Teh manis panas: Rp5.000
- Mocha susu panas: Rp15.000
- Cokelat susu panas: Rp15.000
- Susu murni telur panas: Rp18.000
- Susu murni panas: Rp15.000
- Lemon honey panas: Rp20.000
- Lemon tea panas: Rp16.000
- Roti: dari Rp15.000 s.d. Rp20.000an
- Makanan berat: dari Rp12.000 - Rp25.000an

Selain roti selai srikaya, yang terkenal di Warung Kopi Purnama ini adalah Roti Worst dan Roti Dadar Worst. Ada lagi menu-menu berat seperti Nasi Gulai Sapi, Nasi Begana, Nasi Lengko, Lontong Cap Go Meh dan lainnya. Anda bisa mencoba mencicipi menu khusus seperti Nasi Dadar Sekba, Nasi Bakut, dan Bacang Sekba. Di sini pun ada ruangan untuk meeting, arisan, birthday party, meet up, atau lainnya bertempat di lantai 2 dengan nuansa yang khas dan nyaman di tengah pusat Kota Bandung.

Warung Kopi Purnama
Jl. Alkateri No. 22, Kel. Braga, Kec. Sumur Bandung
Telepon: (022) 4201841
Jam buka: pukul 06.00 – 22.00 WIB
Instagram: @warungkopipurnama