Review

Rumah Makan Ponyo, Wisata Kuliner Legendaris di Bandung



Rumah Makan Ponyo

Inilah salah satu tempat makan khas Sunda yang direkomendasikan Anda kunjungi saat berkunjung ke Bandung. Bila Anda ingin makan bareng keluarga, arisan, reunian, buka puasa bersama, kumpul dengan rekan kerja kantor, atau sekadar ngumpul ngariung dengan teman-teman. Salah satu Rumah Makan Ponyo ada di Jl. Raya Cinunuk No.186, Cinunuk, Cileunyi. Selain di Cinunuk, RM Ponyo ada juga di Jln. Malabar (dekat Kosambi) dan di kota lainnya di Jawa Barat.

Rumah makan yang mengusung tagline "Miboga Rasa Nu Jadi Carita" artinya "Memiliki Rasa yang Jadi Cerita" ini memang dikenal dengan pelayanan yang ramah; menu khas Sunda yang komplit; juga area rumah makan yang selalu dijaga kebersihan dan kenyamanannya. Rumah makan Ponyo sendiri termasuk pelopor rumah makan di Bandung, dimana sudah berdiri 30 tahun lebih.

Ponyo sendiri adalah istilah bahasa sunda, yang artinya makan yang sangat super nikmat juga lahap. Sehingga derajat kata Ponyo ini jauh di atas kata raos, ngeunah, pedo, atau peed. Nama Ponyo diabadikan menjadi nama restoran khas Sunda dan jasa catering sejak 1972.

Untuk Rumah Makan Ponyo Cinunuk lokasinya di seberang gedung Gardu Induk PLN Ujungberung. Bisa dijangkau dari keluar tol Cileunyi - belok kiri - Jln. Percobaan Cileunyi - Cinunuk. Atau dari arah Jln. Soekarno-Hatta (By Pass) dan dari arah Ujungberung ke arah Bundaran Cibiru terus sampai ke Cinunuk.

Peresmian Ponyo di Cinunuk pada tahun 1979 dan menjadi RM Ponyo pusat dan yang terbesar. Saat ini dikenal sebagai restoran khas Sunda yang memiliki venue representatif untuk acara pernikahan. Di sini pun terdapat sekolah/yayasan dari tingkat TK hingga Akademi. .

Selain adanya saung-saung makan yang cocok buat ngariung, di area RM Ponyo pun fasilitas lain terbilang lengkap dari area parkiran luas di belakang, masjid besar, tempat bermain anak, toilet, spot selfie, akses WiFi, hingga tempat menggelar acara pernikahan.

Untuk area resepsi di Ponyo Cinunuk ada ruang terbuka yang bisa menampung hingga 1500 tamu undangan juga dengan parkir yang luas. Sedangkan Ponyo Malabar terbatas kapasitasnya pada 500 tamu undangan. Untuk Anda yang berencana mengadakan pernikahan yang terbatas sangat cocok diadakan di Malabar.

Beberapa pilihan menu yang layak Anda coba ada menu paket timbel atau liwet komplet. Menu ini merupakan paduan kuliner khas sunda dalam satu hidangan. Juga ada sop buntut dengan daging buntut  yang  segar juga tersedia di sini. Ada juga ikan gurame dengan pilihan bumbu asam manis, cobek, goreng atau bakar.

Untuk minuman ada es kpyor yang memakai kopyor terbaik. Yang lebih  menyegarkan karena topping es krimnya. Minuman segar lainnya adalah  jus cenghar. Jus ini hanya ada di Ponyo. Di rumah makan ini pengunjung bisa hanya makan berdua, makana bareng keluarga, makan rombongan bareng teman sekantor, atau hanya ngopi sambil nongkrong main internet memanfaatkan jaringan wifi yang telah disediakan.

RUMAH MAKAN PONYO CINUNUK
Jl. Raya Cinunuk No.186, Cinunuk, Cileunyi
Telepon: 0822-1448-5000 / (022) 7801858
E-mail: makanponyo@gmail.com
Instagram/Line: @makanponyo

RUMAH MAKAN PONYO MALABAR
Jl. Malabar No. 60 Bandung

Telepon: (022) 7301477

RUMAH MAKAN PONYO PUNCAK
Jl. Raya Bandung – Bogor Km. 85 Cimacan
Telepon: (0263) 512384

RUMAH MAKAN PONYO NAGREG
Jl. Raya Bandung – Nagreg Km. 35 Nagreg
Telepon: (022) 7950360

RUMAH MAKAN PONYO BEKASI
Jl. Kemakmuran No. 21 Bekasi
Telepon: (021) 8894515

RUMAH MAKAN PONYO SUMEDANG
Jl. Raya Bandung – Sumedang Km. 38 Ciherang
Telepon: (022) 7801858