Review

20 Tempat Kuliner Instagramable di Punclut Bandung



Wisata Kuliner Favorit di Punclut

Bagi wisatawan, nama Punclut di kawasan Bandung Utara kini jadi destinasi wisata kuliner pilihan. Hingga pertengahan 2018, nama kawasan Punclut jadi trending di linimasa media sosial seperti instagram. Kehadiran tempat-tempat kuliner dengan mengusung konsep wisata selfie makin digemari para pelancong dari luar Bandung. Punclut pun menjadi ikon wisata kuliner baru di Bandung yang menghadirkan suasana kesejukan perbukitan Bandung Utara.

Di era kekinian, potensi Punclut ditangkap oleh para pelaku usaha sebagai kawasan wisata kuliner yang menyajikan pemandangan dataran Bandung dari ketinggian. Hawanya yang sejuk dan romantis menjadi sensasi tersendiri untuk nongkrong dan ngadem di kawasan ini. Selain itu, Punclut pun menjadi jalur alternatif bagi wisatawan yang akan ke Lembang. Ya, dibandingkan dengan rute ke Jln. Setia Budhi (Ledeng) - Lembang, perjalanan wisata akan lebih lancar ke sini. Dengan catatan di hari-hari biasa. Namun saat musim liburan, rute ke Punclut biasa ramai.

RUTE KE PUNCLUT
Berikut ini beberapa rute alternatif ke Punclut:

1. Rute Ciumbuleuit - Punclut
Dari arah tol Paster ambil ke arah ke daerah Ciumbuleuit. Dari arah Ciumbuleuit anda akan menemukan belokan ke kanan di depan Rumah Sakit TNI AU Dr Salamun, maka anda ambil jalan tersebut. Lokasinya berjarak sekira 3 kilometer dari rumah sakit tersebut, jika lalu lintas sedang lancar waktu tempuh sekira 15 menit.

2. Rute Dago Bawah - Punclut
Bila dari Jalan Ir H Juanda (Dago) belok kiri sebelum Simpang Dago. Lalu belok kanan menuju Jalan Siliwangi setelah itu anda akan menemukan pertigaan belok kanan menuju Jalan Ciumbuleuit.

3. Rute Lembang - Punclut
Rute jalan lainnya menuju kawasan yang menjadi jalur alternatif Lembang-Bandung ini adalah lewat Jalan Cijeruk di depan Pasar Panorama Lembang. Jaraknya sekira empat kilometer dari Pasar Panorama Lembang.

4. Naik kendaraan umum ke Punclut
Bila dari Terminal Leuwipanjang naik bus DAMRI jurusan Leuwi Panjang - Dago. Turun di sekitar Terminal Stasiun Bandung (St. Hall) atau di Viaduct juga bisa. Dari viaduct itu cari angkot yang menuju Ciumbuleuit. Naik angkot itu sampai ke RSAU Ciumbueuit. Dari situ ada jalan ke Punclut, bisa juga naik ojek ke tujuan (angkotnya hanya sampai Ciumbuleuit).

TEMPAT WISATA KULINER FAVORIT DI PUNCLUT
Berikut ini beberapa tempat kuliner berkonsep wisata selfie yang ada di Punclut:

1. Dago Bakery Punclut
Dengan mengusung tema London Bridge, pengunjung dapat melihat ikon tempat tersebut, yaitu kastil, bak negeri dongeng.Tempat wisata yang memiliki tiga lantai ini, memberikan pemandangan yang tak diragukan. Dari lantai tiga, Anda bisa melihat gunung dan hamparan keindahan Kota Bandung. Belum lagi udaranya yang sejuk membuat Anda betah berlama-lama, meskipun matahari menyinari. Untuk tiket masuknya pun terbilang murah hanya Rp10.000.

2. D'Dieu Land
Tempat wisata D'Dieu Land dibuka pada 28 Desember 2017 dan antusias pengunjung untuk datang ke tempat ini sangat tinggi. Memiliki luas sekira 5.500 meter, D'Dieu Land adalah tempat yang sangat luas dengan kontur tanah yang menurun ke bawah. D'Dieu Land memberikan tawaran harga yang murah meriah. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 di hari biasa dan Rp 15.000 saat hari libur. Pengunjuung bisa menikmati berbagai spot foto yang telah disediakan. Spot foto yang menjadi favorit adalah di area jembatan yang langsung menghadap ke arah bukit hijau.

3. Lereng Anteng Panoramic
Paling unik dari tempat ini adalah tempat duduk yang buat seperti tenda serta bahannya terbuat seperti plastik dan bening. Sebanyak 10 tenda yang disediakan Lereng Anteng untuk para pengunjung. Tenda unik itu bisa melihat pemandangan langsung kalau dilihat dari arah selatan bisa melihat pemandangan gunung Patuha dan gunung Malabar dan bisa melihat kalau cuaca bagus gedung-gedung tinggi di Kota Bandung. Harga untuk makanan, minuman dan coffee dibuka dari harga 10.000 hingga Rp40.000.

4. Cakrawala Resto
Konsep restoran ini adalah kembali ke alam. Setiap ruangan terbagi dengan nama yang berbeda, mulai dari galaksi, pelangi, matahari, bulan, dan angkasa. Berbagai sajian menu makanan khas Bandung dan western bisa Anda dapatkan disini. Cakrawala Resto buka setiap Senin- Kamis pukul 08.00-21.00 WIB dan Jumat-Minggu pukul 10.00-23.00 WIB.

5. Tafso Barn
Tempat wisata kuliner ini berkonsep lereng, ditata dengan jalan setapak dan tangga-tangga batu. Di sinia ada juga tenda transparan, saung, paviliun, teras terbuka, dan rumah pohon. Tafso Barn memiliki konsep utama peternakan khas Amerika. Beberapa spot tempat duduk dibuat seperti karavan koboi. Buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

6. De Blan Kon
Sebuah angkringan yang memberikan konsep berbeda kepada wisatawan.harga yang diberikan pun murah. Mulai dari Rp 3.000-35.000 saja Anda bisa menikmati liburan yang lengkap.

7. Windy Point of Roemah Kopi
Selain sebagai tempat nongkrong, Windy Point of Roemah Kopi juga dapat dijadikan tempat prewedding, acara ulang tahun, arisan, tempat berkumpulnya club motor gede, bahkan bisa reservasi untuk romantic dinner dengan harga Rp.400.000. Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapatkan paket lengkap, mulai dari dekorasi hingga makanan. Windy Point of Roemah Kopi buka mulai pukul 11.00-21.00 WIB untuk weekday dan pukul 09.00-21.00 untuk weekend.

8. Warung Ceu Esih
Warung Ceu Esih merupakan tempat makan baru di kawasan Pagermaneuh, Punclut. Warung Ceu Esih resmi dibuka pada hari Minggu, 6 Agustus 2017. Warung dengan konsep Sunda modern ini menawarkan pemandangan Punclut serta bisa menikmati senja Bandung Utara di sore hari.

Pilihan nenu yang ada di Warung Ceu Esih diantaranya paket liwet keluarga untuk 6-7 orang dengan harga Rp. 160.000. Selain itu ada menu paket timbel komplit, cemilan, dan minuman dengan kisaran harga Rp. 5.000- Rp. 15.000 untuk minuman dan Rp. 5.000 - Rp. 30.000 untuk makanan.

9. Rumah Makan Sangkan Hurip 2
RM Sangkan Hurip 2 merupakan salah satu rumah makan yang termasuk paling ramai di daerah Punclut. Sambal dadakan yang diracik dengan bumbu khas rumah makan Sangkan Hurip membuat cita rasa makanan menjadi nikmat. RM Sangkan Hurip 2 ini merupakan cabang. RM Sangkan Hurip 1 berada di Punclut yang lebih bawah lagi.

Selain itu, ada juga beberapa tempat makan lainnya yang jadi favorit wisatawan di Punclut, di antaranya:
10. Warung Nasi Panyawangan
11.  Saung Punclut
12. Saung Asri
13. Saung Punclut Teh Ita
14. Jati Bono Resto
15. RM Waroeng Pasir Luhur
16. RM AM Sari Hj. Nining
17. RM Saung Pangasoan Restu Ibu
18. D'Warung Punclut Coffee and Steak
19. Warung Tanjakan
20. Pojok Pareng Sindang





share to whatsapp