Review

Suka Petualangan? Wisata Alam Bandung Selatan Bukan Hanya Ciwidey



Wisata Terkenal Bandung Selatan

Belum wisata ke Bandung kalau belum ke Ciwidey. Bagi para wisatawan dari luar kota, nama tempat wisata alam terebut jadi destinasi dan kebanggan tersendiri bila melancong ke Bandung. Tak heran, nama Ciwidey untuk urusan wisata tak lekang oleh zaman. Tak dipungkiri, memang Ciwidey menyajikan objek-objek wisata alam pilihan dengan view dan suasana yang asyik buat dikunjungi.

Namun, bagi Anda yang ingin mencari wisata alternatif selain Ciwidey, bisa menjajal tempat wisata lainnya di Bandung Selatan yang tak kalah indah pesonanya. Ini bisa jadi petulangan dan sensasi baru. Beberapa tempat lainnya di kawasan Bandung Selatan bisa Anda sambangi, misalnya ke Pangalengan.

Pesona wisata Pangalengan
Bila dulu Pangalengan biasa dikenal dengan keindahan perkebunan teh, tempat camping, sampai kuliner. Kini, beberapa kawasan wisata di sana sudah banyak yang berbenah dan bisa jadi alternatif buat disambangi. Salah satunya ke Situ Cileunca dimana danau di Pangalengan ini kini sudah lebih ditata dan menyajikan fasilitas-fasilitas penunjang wisata yang memanjakan pengunjung. Selain banyak spot selfie, di sini pun cocok buat wisata bareng-bareng, outbond, camping, sampai rafting di Sungai Palayangan.

Akses viia Pangalengan pun kini jadi jalur favorit bagi wisatawan yang ingin bablas ke kawasan wisata pantai di Garut Selatan. Lewat jalur Pangalengan - Cukul - Garut Selatan, jalannya sudah mulus dan cocok banget buat touring. Sensasi perjalanan wisata adventure lebih puas dimana mata dimanjakan dengan pemandangan nan indah sepanjang perjalanan. Tak heran bila kini sudah banyak wisatawan luar kota yang menjajal jalur ini.

Untuk akses perjalanan ke Pangalengan pun terbilang mudah. Apalagi bila pakai kendaraan pribadi. Dari keluar tol Buah Batu lewat jalur Bojongsoang - Dayeuhkolot/Baleendah - Banjaran - Pangalengan. Selain sudah banyak agen travel, di Pangalengan pun sekarang banyak berdiri fasilitas villa untuk penginapan. Selain oleh-oleh kuliner khas Pangalengan,  bagi penggemar kopi alami coba juga cari kopi khas daerah ini.

Pesona wisata Gunung Puntang
Bila ke Pangalengan dianggap jauh, alternatif bisa juga dari keluar tol Buah Batu lewat jalur Bojongsoang - Dayeuhkolot/Baleendah - Banjaran - Cimaung. Di sini ada wisata alam Gunung Puntang. Dulu lokasinya masih digarap biasa-biasa bahkan terkesan kurang terawat. Namun kini wisata alam Gunung Puntang sudah dipoles sehingga lebih memanjakan pengunjung.

Setiap akhir pekan dan musim liburan, wisata alam Gunung Puntang sekarang selalu ramai pengunjung. Dari yang camping, gathering, atau wisata keluarga. Sensasi camping di sini akan merasakan suasana lain saat berkemah di dekat bekas stasiun Radio Malabar peninggalan zaman Belanda yang kini tinggal puingnya saja.

Bagi yang wisata keluarga, bisa main bawa anak-anak di sungai yang mengalir dari pegunungan. Atau bagi para remaja bisa menjajal trek ke air terjun yang ada di sini. Bila ingin ngadem sambil berenang atau sewa villa, bisa juga mencoba menyambangi Taman Wisata Bougenville. Dimana wisata ini agak tersembunyi, namun keheningan suasana alam di sini bikin rileks.

Di sini ada kolam renang air dingin dari pegunungan yang cocok buat Anda yang ingin bercengkrama dengan alam nan sejuk. Di kawasan ini pun ada kopi puntang yang terkenal sudah menjuarai aneka perlombaan kopi di berbagai belahan dunia.