Review

Kampung Wisata Kreatif Kini Hadir di Kec. Sukasari, Gegerkalong



Kampung Wisata Kreatif Sukasari Bandung

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan Kampung Wisata Kreatif "Kampung Budaya" Kecamatan Sukasari Kampung Gegersuni, Jalan Terusan Pak Gatot Raya RT 07/RW 03 Kelurahan Gegerkalong, Kota Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Kampung Budaya Kecamatan Sukasari Gegerkalong merupakan salah satu kampung kreatif berbasis budaya. Kampung ini menghadirkan berbagai potensi kewilayahan antara lain komunitas dalang, serta berbagai industri kreatif tradisional khas Kecamatan Sukasari.

"Ternyata cukup banyak potensi seni budaya yang ada di Kota Bandung, salah satunya di daerah Gegersuni ini. Saya cukup kaget ternyata potensi di daerah ini cukup banyak, seperti komunitas dalang," ungkap Kang Yana, sapaan karib Wakil Wali Kota Bandung.

30 kampung wisata di Kota Bandung
Kang Yana bertekad menghadirkan 30 kampung wisata di Kota Bandung. Tujuannya, mengembangkan ekonomi kerakyatan serta menarik minat wisatawan untuk datang ke Kota Bandung.

"Kita berharap wisatawan yang ke Kota Bandung juga datang ke kampung wisata kreatif. Datang ke sini disuguhkan gelaran budaya. Tentunya ini akan meningkatkan ekonomi kerakyatan" jelasnya.

Selain membuat 30 kampung wisata, Kang Yana berharap, Kota Bandung memiliki pusat oleh-oleh.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengatakan, akan terus mengembangkan potensi wisata kreatif di Kota Bandung. Untuk itu, pihaknya akan bekerja sama dengan kewilayahan untuk mengembangkan potensi wisata.

"Kita akan terus mengeksplorasi serta menjalin kolaborasi dengan kewilayahan untuk menghadirkan potensi kreatif. Prinsipnya kita akan hadirkan pariwisata berbasis komunitas," jelas Kepala Disbudpar yang akrab disapa Kenny.

Kenny berharap, masyarakat Kota Bandung akan mandiri dengan potensi pariwisata.

"Kita akan bantu sosialisasi kepada wisatawan yang datang ke Kota Bandung. Tentunya harus ada atraksi atau cagar budaya industri ekonomi kreatif yang menarik wisatawan," jelas Kenny. (Humas Pemkot Bandung)





share to whatsapp