Review

Pemkab Bandung Luncurkan Situs dan Aplikasi Kampung Sabilulungan



Launching aplikasi Kampung Sabilulungan

Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung meluncurkan kampungsabilulungan.com dan aplikasi kampungsabilulungan yang dapat diunduh di Playstore. Launching aplikasi tersebut digelar di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, pada Kamis (22/11/2018). Peluncuran situs dan aplikasi tersebut dihadiri Sekda Kab. Bandung Sofian Nataprawira didampingi Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kab. Bandung Cecep Hendrawa.

Informasi wisata Kampung Sabilulungan
Website dan aplikasi ini menyediakan berbagai macam informasi yang dibutuhkan wisatawan ketika mengunjungi Kawasan Kampung Budaya Sabilulungan. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur booking, sehingga mempermudah kalian untuk mengunjungi destinasi tanpa khawatir menunggu lama saat membeli tiket.

Melalui aplikasi ini, wisatawan tidak akan kebingunan mencari lokasi wisata. Salah satunya adalah Kampung Sabilulungan.

"Jadi ketika orang keluar dari tol (Soreang), itu yang akan pertama diakses adalah kawasan sabilulungan. Jadi melalui aplikasi ini memudahkan teman-teman wisatawan untuk bisa masuk ke kawasan Sabilulungan yang ada di aplikasi," jelas Kepala Bidang Pemasaran Disparbud Kabupaten Bandung, Vena Andriawan.

Untuk sementara, aplikasi Kampung Sabilulungan ini baru bisa diakses melalui browser dengan alamat www.kampungsabilulungan.com. Sedangkan aplikasi mobile berbasis android, baru akan dilaunching pada pekan depan.

Update teknologi 4.0
Selain memberikan pelayanan informasi wisata di Kabupaten Bandung melalui website, piha Pemkab Bandung melalui Disparbud juga akan melaunchingkan SMS blast dan LBA Sistem. Sms blast, sms otomatis mengenai promosi Kawasan Wisata Sabilulungan. Sedangkan LBA Sistem, misalkan warga melintasi Kawasan Wisata Sabilulungan akan muncul promosi dari operator provider yang telah bekerjasama dengan Pemkab Bandung.

Aplikasi itu diluncurkan, selain mengikuti perkembangan teknologi informasi, juga mengikuti teknologi 4.0 yang dimana informasi semakin mudah didapatkan oleh masyarakat salah satunya promosi pariwisata. Warga dapat menyewa Gedong Sabilulungan untuk menggelar pertunjukan dan pameran di Bale Rame Sabilulungan. Selain itu, warga juga mendapatkan wisata edukasi di Sciene Centre.

Profil Kampung Sabilulungan
Bila Anda berkendara keluar tol Soroja di Soreang, di sana terlihat ada tiga bangunan megah. Salah satunya Gedong Budaya Sabilulungan. Selain Gedong Budaya Sabilulungan ada dua bangunan lain yaitu Gedung Science Center dan Bale Rame atau yang biasa disebut Doom. Di sini pun ada area wisata publik berupa taman dengan aneka bunga nan indah.

Ketiga bangunan itu berada dalam satu kompleks yang bernama Kampung Sabilulungan. Gedong Budaya Sabilulungan dibangun pada tahun 2010 dan diresmikan pada tanggal 20 Mei 2014. Kampung Sabilulungan tepatnya berlokasi di Jln. Al Fathu, Soreang tepat di seberang kompleks Pemkab Bandung atau Masjid Al Fathu.





share to whatsapp