Review

SMKN 9 Bandung Cetak SDM Andal Bidang Keahlian Bisnis Pariwisata



Profil SMKN 9 Bandung

SMK Negeri 9 Bandung terletak di Jalan Soekarno-Hatta Km. 10 RT 09 RW 06, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung. SMK Negeri 9 Bandung adalah SMK kelompok pariwisata tertua di Kota Bandung. Sekolah yang mempunyai gedung khusus untuk menggelar resepsi pernikahan ini berdiri di area yang terbilang luas dimana memiliki luas 11.430 meter persegi.

Dan inilah sekolah kejuruan di Bandung yang memiliki fasilitas lengkap aneka ruang praktik bagi siswa, masjid, hingga area parkir. Adapun untuk menunjang link and match keterampilan siswanya, SMKN 9 Bandung telah menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan usaha perjalanan wisata, akomodasi perhotelan, pastry, kecantikan, tata busana, dan lainnya.

Pada tahun 2006 berdasarkan keputusan direktur pembinaan sekolah menengah kejuruan departemen pendidikan nasional no. 4294/CS.3/Kep./KU/2009, SMK Negeri 9 Bandung dikukuhkan menjadi SMK RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional).

Menilik pada sejarahnya, pada era 1958 sampai 1965 SMKN 9 Bandung berawal dari SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Putri) dengan tiga pilihan yaitu Rumah Tangga, Menjahit dan Kerajinan. Pendidikan di SGKP ditempuh dalam 4 tahun menggunakan kurikulum 1957. Kemempuan lulusan yang diharapkan adalah menjadi guru SKKP yang setingkat SMP. Hingga sampai 1996 dari SKKA berubah nama menjadi SMKK (Sekolah Menengah Kesejahteraan Keluarga) Negeri 1 Bandung. SMKK Negeri 1 ini mempunyai 4 jurusan yaitu Tata Boga, Akomodasi Perhotelan, Tata Busana dan Tata Kecantikan.

Lalu sekolah ini berubah nama menjadi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri 9 Bandung Kelompok Pariwisata. SMK Negeri 9 mempunyai tiga bidang keahlian, yaitu bidang keahlian Pariwisata, Bidang Keahlian Tata Kecantikan dan Bidang Keahlian Tata Busana. Dari ketiga keahlian ternagi menjadi empat program keahlian yaitu untuk bidang keahlian Pariwisata menjadi dua program yaitu Tata Boga dan Akomodasi Perhotelan, bidang keahlian Tata Kecantikan menjadi Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, sedangkan bidang keahlian Tata Busana menjadi Program Keahlian Tata Busana.

Kemampuan peserta didik lulusan SMKN 9 Bandung adalah menjadi pekerja, berwirausaha dan melanjutkan ke perguruan tinggi. Dan sekarang menjadi 8 jurusan yaitu Usaha Perjalanan Wisata, Akomodasi perhotelan, Tata boga, Pastry, Tata busana, Tata kecantikan rambut, Tata kecantikan kulit, dan Desain komunikasi visual.





share to whatsapp