Review

Desa Wisata Ciburial: Pesona Alam, Seni Budaya, dan Kuliner Bandung Utara

share to whatsapp



Desa Wisata Ciburial Bandung

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sampai akhir 2018 ini, Indonesia memiliki 1.734 desa wisata. Angka ini meningkat 432 dibandingkan 2014 sebanyak 1.302 Desa Wisata. BPS menegaskan, Desa Wisata yang tercatat ini dengan barometer perekonomiannya ditopang oleh sektor pariwisata. Menteri Pariwisata Arief Yahya sendiri mengungkapkan bahwa pengembangan Desa Wisata akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Tempat wisata ngehits di Bandung Utara
Dan bila ingin melihata contoh bagaimana sebuah desa dikelola dengan baik dengan masih menjaga keasiran alam hingga pengembangan seni budaya, Desa Wisata Ciburial contohnya. Bila selama ini Anda mengenal Tahura Juanda, Curug Dago, atau Tebing Keraton, di Desa Ciburial lah lokasi-lokasi tempat wisata yang ngehits di Bandung Utara tersebut.

Desa yang ada di perbukita Bandung Utara tersbeut menyahikan keindahan alam dari air terjun, perbukitan, taman, dan lainnya. Kegiatan wisata petualangan alam yang bisa dilakukan di desa ini dari treking, bersepeda, hiking, kulinerm sampai melihat atrakri seni budaya Sunda dengan beragam komunitas. Desa Wisata Ciburial berada di Kampung Cikurutug, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Desa ini bisa dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi.

Di desa wisata ini, pengunjung bisa bermain permainan tradisional Sunda, seperti sorodot gaplok, sondah, dan congklak yang dikelola oleh Komunitas Hong. Desa Ciburial juga menawarkan pengalaman langsung kehidupan di daerah pertanian dengan melakukan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh petani. Sementara produk alam yang terkenal di sini adalah madu dari peternakan lebah yang dikelola masyarakat.

Jelajah wisata Desa Ciburial
Desa Wisata Ciburial berada di ketinggian antara 750-1200 mdpl dengan pesona alam nan indah. Desa ini pun dinobatkan menjadi salah satu desa wisata di Jawa barat pada tahun 2013.  Pengunjung juga bisa belajar beternak lebah di Desa Wisata Ciburial, dengan paket belajar selama seminggu. Di Desa Wisata Ciburial terdapat pondok-pondok wisata yang bisa disewa pengunjung bermalam untuk menikmati suasana di pedesaan Bandung Utara.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan para wisatawan di antaranya menjelajah Gua Belanda dan Gua Jepang di Tahura Djuanda. Juga bisa ke area Situs raja Thailand yang terletak di Curug  Dago. Spot wisata alam lainnya ada Curug Lalau dan Curug Omas. Bagi yang suka bersepeda ria dan motor trail, bisa menjajal trek ke arah Warung Bandrek.

Bila masih penasaran, bisa ngagowes ke arah Batu Loceng. Selain madu, kuliner lain yang ada di sini adalah tahu ciburial dan jangan lupa pula peuyeumnya yang sudah dikenal sejak lama. Di sini pun ada padepokan budaya dan Selasar Seni Sunaryo.

Media online Desa Ciburial
Desa Wisata Ciburial dikelola dengan serius baik dari segi pengelolaan di dalam maupun promosi wisatanya. Untuk promosi, pengelola membuat website https://ciburial.desa.id juga akun media sosial, yakni akun instagram @desaciburial dan halaman facebook /Desa.Wisata.Ciburial.Bandung. Bahkan, pada bulan November 2018, websita Desa Ciburial (ciburial.desa.id) berhasil meraih Juara 1 Lomba Website Desa Kabupaten Bandung 2018. Pengembangan lain pun dengan memuat tv online hingga Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

KONTAK DESA WISATA CIBURIAL
Bale Desa Ciburial
Jln. Ciburial No. 98 Bandung 40198
Telp./Fax: (022) 2536208
e-mail: desaciburial@gmail.com




share to whatsapp