Pemprov Jabar dan Bank bjb Hadirkan Bus Wisata di 13 Kota di Jawa Barat





Bila selama ini buat naik bus wisata harus ke Bandung buat naik Bus Bandros. Kini kota lainnya pun punya bus wisata keliling kota tersebut. Bus Bandros Bandung yang diminati banyak kalangan kini jadikan program pengembangan wisata Pemprov Jawa Barat.

Bekerjasama dengan Bank bjb, Pemprov Jawa Barat pada Sabtu, 22 Desember 2018 di Gedung Sate meluncurkan Bus Wisata Perkotaan. Acara pemberian hibah bus wisata tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Untuk periode pertama ini pihak Pemprov Jabar menghibahkan kepada 13 Kabupaten/ Kota yang memiliki potensi dan keragaman wisata.

Memacu perkembangan sektor wisata daerah
Hibah bus wisata perkotaan  tersebut untuk lebih memacu kota-kota lainnya di Jawa Barat dalam sektor wisata. Seperti diketahui, Pemprov Jabar dalam lima tahun kedepan ingin menjadi daerah di Jawa Barat sebagai pariwisata unggulan.

Dengan berbagai potensi alam yang indah mulai dari gunung, udara, rimba, laut, pantai, hingga sungai. Untuk itu, selama lima tahun ke depan pula, Gubernur menyatakan pihaknya akan menyiapkan berbagai insfrastruktur khususnya di lokasi-lokasi objek wisata.

Salah satunya adalah dengan menghadirkan bus wisata perkotaan di kota/ kabupaten di Jawa Barat, sebagai sarana pendukung, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat baik lokal maupun asing dalam mengakses destinasi wisata yang ada di masing-masing wilayah dengan nyaman, berkeselamatan dan terjangkau.

"Hari ini, kita akhiri program 100 hari kerja yaitu dengan memperlihatkan sisi pariwisata dengan menghibahkan 13 bus pariwisata. I," kata Gubernur Ridwan Kamil, di Gedung Sate Bandung, Sabtu (22/12/18).

"Tahun depan kita tambah, dan bisa juga ditambah dari masing-masing kota/ Kabupaten," jelasnya.

13 kota penerima hibah bus wisata
Untuk periode pertama, 13 Kabupaten/Kota yang menerima bantuan Bus Wisata Perkotaan ini, di antaranya:
1. Kota Cimahi
2. Kabupten Sumedang
3. Kota Tasikmalaya
4. Kabupaten Pangandaran
5. Kabupaten Garut
6. Kota Cirebon
7. Kabupaten Kuningan
8. Kota Depok
9. Kota Bekasi
10. Kota Sukabumi
11. Kabupaten Cianjur
12. Kabupaten Purwakarta
13. Kabupaten Tasikmalaya.

Bus Wisata Perkotaan ini pun dirancang dan didesain langsung oleh Gubernur Jabar dengan mempertimbangkan muatan lokal dan budaya daerah masing-masing serta dibangun dengan konstruksi yang memudahkan wisatawan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Bus Wisata Perkotaan ini pun, akan beroperasi dalam trayek/ lintasan yang sudah ditetapkan dan dapat menjangkau destinasi wisata yang ada di daerah masing-masing, beroperasi secara kontinyu dan terjadwal serta biaya terjangkau sehingga ada kepastian bagi para pengunjung yang akan mengunakannya. (Humas Pemprov Jabar)

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS