Review

Bakal Hadir, Taman Dilan di Kawasan GOR Saparua Bandung

share to whatsapp



Taman Dilan Bandung

Booming film Dilan menginspirasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk membangun taman yang diberi nama Dilan. Lokasi taman ini rencananya akan dibangun di area Saparua Park Kota Bandung. Ridwan Kamil sendiri kini sedang merancang konsep taman tersebut.

Taman yang berada di area GOR Saparua tersebut tempatnya rindang. Jaraknya sekitar 200 meter dari kantor Panas Dalam dan tidak terlalu jauh dari SMUN 20. Hal tersebut dikemukakan Ridwan Kamil saat jumpa pers dan ramah tamah bersama produser, sutradara, dan artis pemeran film Dilan 1991, di Rumah Dinas Gubernur Gedung Pakuan Bandung, Minggu (10/2/19).

Sebagai informasi, GOR Saparua sendiri punya cerita tersendiri bagi anak muda Bandung. Di area GOR ini selain dikenal sebagai tempat olahraga, juga jadi ajang ekspresi dan berkumpulnya anak muda Bandung. Di era 80-90an, GOR Saparua merupakan tempat pertunjukan musik yang rutin digelar dalam berbagi event. Di sinilah, salah satunya tempat pentasnya band-band indie Bandung. Lokasi GOR Saparua sendiri mudah dijangkau dari berbagai arah, di antaranya dari arah Dago juga dari Jln. Riau.

Daya tarik baru
Dilansir dari Humas Pemprov Jabar, Taman Dilan akan menjadi daya tarik baru dan berbeda dengan taman lainnya karena berkonsep taman kontemporer. Selain akan banyak spot-spot untuk swafoto menarik, di taman tersebut akan ada perpustakaan yang mayoritas bukunya tentang tokoh Dilan dan Kota Bandung. Akan dipajang juga kutipan-kutipan inspiratif termasuk berbagai sepeda motor yang eksis di tahun 90an.

"Tamannya kontemporer artinya orang mau ngapain, pasti mau foto-foto kan atau orang mau baca buku nanti di taman itu ada perpustakaan yang isinya buku-buku mayoritas tentang Bandung dan Dilan juga ada quote inspiratif termasuk ada motor-motor antik," ungkapnya.

"Intinya diharapkan bisa menjadi daya tarik tambahan pariwisata yang sifatnya kontemporer," tambah Emil.

Selain pariwisata, Emil menuturkan, taman tersebut juga didediasikan untuk sebuah cerita dalam film yang membuat image Kota Bandung meningkat baik.

"Taman Dilan salah satunya memang untuk dedikasi pada sebuah cerita yang membuat Bandung menjadi luar biasa," ucapnya.

Seperti diketahui, film Dilan 1990 sukses di pasaran dan mendapat apresiasi positif dari masyarakat. Cerita dan lokasi pada film tersebut keseluruhannya mengambil tempat di Kota Bandung. Lanjutan sekuel film Dilan 1991 yang seminggu lagi akan tayang di bioskop kembali berlokasi syuting di Kota Bandung.

"Saya sangat mendukung semua film yang positif dan yang mempromoisikan kota. Untuk legenda-legenda kontemporer kita sudah sepakat akan kita abadikan dalam sebuah tempat," kata Kang Emil.




share to whatsapp