Review

Wisata Mini 3D Art Jelekong Destinasi Foto Selfie di Bandung Selatan

share to whatsapp




Ingin menjelajah destinasi wisata yang lain daripada yang lain di Bandung? Kawasan wisata kampung kreatif dan seni budaya ini bisa jadi pilihan. Adalah objekWisata Mini 3D Art Jelekong, Baleendah, Kabupaten Bandung yang kini jadi salah satu destinasi alternatif di Bandung Selatan.

Sebagai informasi, nama Jelekong bagi penggemar wayang golek mungkin sudah tidak asing. Di sinilah kawah candradimuka para dalang wayang golek di Jawa Barat. Salah satu yang dikenal sebagai legenda dalang wayang golek di sini adalah Asep Sunandar Sunarya. Dialah dalang wayang golek yang semasa hidupnya berhasil mengenalkan kesenian wayang golek hingga mendunia. Di Jelekong lah nama Abah Sunarya, Asep Sunandar, hingga generasi terbaru seperti Dadan Sunandar Sunarya bermukim di kampung ini.

Selain dikenal sebagai padepokan wayang golek, di Jelekong pula dikenal sebagai kampung kreatif tempat pembuatan wayang golek dan sentra lukisan. Untuk terakhir, bagi Anda yang hobi koleksi lukisan atau ingin belajar melukis bisa menyambangi kampung ini.

Rute ke Wisata Mini 3D Art Jelekong
Kembali ke Wisata Mini 3D Art Jelekong, di sini wisatawan bisa berswafoto dengan latar lukisan-lukisan tiga dimensi yang merupakan hasil kreatif para pelukis di kampung ini. Untuk sampai ke objek wisata ini, Anda tinggal mengunjungi Kampung Seni Jelekong. Lokasi Wisata Mini 3D Art Jelekong tidak jauh dari Padepokan Giriharja yang dikenal sebagai tempat budidaya kesenian wayang goleknya.

Untuk ke Jelekong, rutenya dari arah keluar tol Buah Batu belok kanan melewati Jln. Raya Bojongsoang melewati Telkom University ke pertigaan Bojongsoang (pos polisi). Lalu, ambil lurus ke arah jembatan Citarum menuju Baleendah melewati Jln. Siliwangi. Lokasinya tak jauh dari pertigaan Jln. Siliwangi tersebut ke timur rute arah ke Ciparay. Bila naik kendaraan umum naik angkot ke Ciparay atau bus DAMRI Terminal Leuwipanjang - Majalaya.

Wisata Mini 3D Art Jelekong ini, dibuat oleh para pelukis lokal yang tergabung dalam Komunitas Pelukis Gurat Art. Terdapat 30 lukisan 3D yang ada di tiga sudut ruangan yang berada di Wisata Mini 3D Art Jelekong. Lukisan 3D itu dilukis di dinding triplek dengan beragam karakter dan warna-warni yang membuat tertarik para pengunjung.

Spot favorit wisata selfie
Lukisan-lukisan 3D itu, dijadikan sebagai spot favorit bagi para pengunjung yang ingin berswafoto. Ada lukisan 3D badut yang tangannya keluar bingkai dan menarik jaket penginjung, lukisan 3D ikan yang dipancing pengunjung, jalan beraspal yang keluar dari bingkai dan bisa dipegang oleh pengunjung dan daun yang diberikan kepada semut hitam.

Selain itu, ada juga lukisan 3D ayam jago yang dirantai dan rantainya bisa ditatik pengunjung, ada juga capung berwarna kuning dan hitam keluar dari bingkai dan dipegang pengunjung, berantem dengan kunfu panda dan kuda yang menerobos tembok.

Wisata Mini 3D Art Jelekong sudah dikonsep sejak tahun 2016 lalu dan baru terealisasi pada awal tahun 2019. Selain itu, modal untuk membuat obyek wisata itu dilakukan dengan cara urunan. Kehadiran Wisata Mini 3D Art Jelekong untuk menambah produk dan karya Komunitas Gurat Art. Ke depannya setiap dua bulan sekali lukisan yang ada di Wisata Mini 3D Art Jelekong akan diganti dengan lukisan baru agar para pengunjung yang datang tidak merasa jenuh. Wisata Mini 3D Art Jelekong dibuka dari Pukul 09.00-18.00 WIB.

Untuk harga tiketnya hanya Rp10.000. Untuk harga paket, Rp 20.000 plus softdrink plus lukisan kecil. Kemudian paket Rp 25.000, free softdrink plus alat lukis. Pengunjung akan diajarkan melukis oleh tutorial langsung oleh para pelukis di sana.