Review

Gedung Capetang, Wisata Edukasi Anak di Kompleks Pemkab Bandung

share to whatsapp



Gedung Capetang Kabupaten Bandung

Di area gedung perkantoran Pemkab Bandung, kini ada spot wisata edukasi baru bernama Gedung Calon Pemimpin di Masa Datang (Capetang). Dulunya, gedung itu dibangun untuk sarana penitipan anak khusus karyawan/karyawati Pemkab Bandung. Namun atas dasar pemikiran bahwa kebutuhan anak mulai dari 0 sampai 18 tahun semakin bertambah, gedung tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi anak usia dini.

Hal itu diungkapkan Bupati Bandung H. Dadang M. Naser saat meresmikan gedung yang berada di kawasan Taman Perpustakaan Pemkab Bandung tersebut, Jumat (12/4/2019). Menurut Bupati, Gedung Capetang dapat dijadikan sebagai sarana kreativitas anak, juga sebagai sarana olahraga semisal yoga kids (yoga anak). Selain itu dapat juga untuk mengedukasi para orangtua perihal tumbuh kembang anak.

Pembangunan Capetang, merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah daerah terhadap anak-anak sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang. Hadirnya spot wisata edukasi di Kabupaten Bandung ini merupakan kerjasama dan kolaborasi Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan), Dinas Pertanian (Distan), Dinas Perdagangan dan Industri (Disperin), Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus), Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Gedung baru tersebut dapat dimanfaatkan untuk beragam kegiatan positif. Anak-anak remaja bisa menjadikan sarana baru tersebut sebagai area berkumpul, nanti bisa difasilitasi DP2KBP3A untuk edukasi terkait perlindungan anak, atau dengan Disarpus misalnya melatih story telling (bercerita). Masyarakat umum pun dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk berbagai macam kegiatan.

Gedung ini merupakan bagian dari Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Sabilulungan di Komplek Pemkab Bandung di Sorean. RPTRA Sabilulungan ini dilengkapi dengan Taman Olahraga Upakarti, Taman Anak, Taman Uncal, Taman Edukasi Lingkungan Hidup, Taman Perpustakaan, Taman PKK, dan Lapangan Futsal.