Review

Ikapi Jabar Gelar Pesta Buku Bandung 4 - 10 April 2019

share to whatsapp



Pesta Buku Bandung April 2019

Buku merupakan basis peradaban. Itulah yang dikatakan Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat, Mahfudi pada pembukaan Pesta Buku Bandung di Gedung Landmark, Jalan Braga, Bandung, Kamis (4/4/2019).

Menurutnya, buku menjadi ciri sebuah peradaban, sebab masyarakat suatu bangsa bisa dilihat dari bagaimana mereka memperlakukan buku dan ilmu pengetahuan. “Tidak ada peradaban yang maju kalau masyarakatnya tidak membaca buku, tidak menerbitkan buku, dan tidak menulis buku,” ujarnya.

Hal itu diamini oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial yang membuka kegiatan bertema “Demokreasi Urang Bandung” itu. Ia menuturkan, buku merupakan jendela ilmu pengetahuan yang sangat berharga.

“Membaca buku itu merupakan hal yang sangat luar biasa, dari sana saya mendapatkan ilmu-ilmu untuk digunakan dalam kehidupan dan disampaikan dalam berdakwah,” ujar pria memiliki perpustakaan pribadi sejak sekolah itu.

Oleh karena itu, Wali Kota terus mendorong warga Kota Bandung untuk gemar membaca buku. Ia cukup khawatir dengan daya baca warga Kota Bandung disinyalir masih rendah.

“Dalam sehari, warga Kota Bandung membaca di gadget selama 3 jam. Tapi itu tidak cukup,” ucapnya.

Wali kota berharap, Pesta Buku Bandung yang diikuti oleh 46 penerbit besar ini bisa menjadi sarana untuk menarik lebih banyak minat baca di masyarakat. Ia setuju dengan Mahfudi bahwa kegiatan untuk mendekatkan warga dengan buku ini harus diperbanyak.

“Di era digital ini memang memberi tantangan tersendiri. Mudah-mudahan dengan event ini bisa membuat warga Bandung lebih suka membaca,” harapnya.

Pesta Buku Bandung akan berlangsung pada 4-10 April 2019. Warga bisa menemukan lebih dari 30.000 judul buku dari 46 penerbit ternama, termasuk stand komunitas dan toko-toko buku. Kegiatan ini juga diselingi berbagai acara seperti talkshow dan bedah buku.




share to whatsapp