Review

Bubos 2019: Merajut Kebersamaan Urang Jawa Barat dalam Acara Bukber

share to whatsapp



Bubos 2019 Gedung Sate

Suasana keramaian tampak di halaman Gedung Sate Bandung pada Sabtu, 25 Mei 2019. Kegiatan silaturahmi dan kegiatan lain digelar dalam acara Buka Bersama on the Street (Bubos). Tercatat, sekitar 12.000 warga mengikuti kegiatan kerja sama Pemdaprov Jawa Barat dengan Jabar Bergerak ini. Kegiatan Bubos 2019 pun masuk Original Rekor Indonesia (ORI) sebagai kegiatan Tadarus dan Buka Puasa Bersama dengan peserta terbanyak melalui video conference.

Bubos 2019 yang diselenggarakan Pemprov Jabar bekerja sama dengan Go-Jek ini diselenggarakan juga serentak di 27 kabupaten dan kota di Jabar. Kegiatan Bubos 2019 tampak dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Sekda Jabar Iwa Karniwa, hingga Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari.

“Inilah wajah Indonesia yang sebenarnya. Kita melaksanakan buka bersama serentak di 27 Kota/Kabupaten, kemudian tadarus serentak juga mendapatkan rekor ORI juga. Mudah-mudahan spirit hari ini dari Provinsi Jawa Barat resonansi (gema atau gaung) bisa sampai ke seluruh Indonesia. Dan kita jaga nikmat Allah, nikmat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniah, dan ukhuwah insaniah kita,” ucap Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam acara tersebut.

Sekitar 12.000 orang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 50 OPD provinsi, kaum dhuafa, lansia, komunitas, dan masyarakat umum, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar, termasuk para kepala daerah serta warga Jabar dari 27 Kabupaten/Kota ikut serta dalam Bubos 2019.

Ridwan Kamil pun melakukan teleconference bersama sejumlah kepala daerah, di antaanya dengan kepala daerah Kota Cimahi, Kota Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Sukabumi. Urutan acara berlanjut dengan sesi penandatanganan nota kesepakatan antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Go-Jek, dan Go-Pay yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, VP Regional Jawa Barat dan Banten Go-Jek Becquini Akbar, serta VP Ecosystem Expansion Go-Pau Edwin Ariono.

Tujuan dari nota kesepakatan ini adalah untuk mendukung pembangunan Provinsi Jawa Barat menggunakan ekonomi digital. Sementara, layanan aplikasi Go-Food melakukan pengantaran tajil kepada peserta Bubos di 27 kota dan kabupaten tersebut.

Gubernur Jawa Barat pun membagikan hadiah pemenang lomba dai cilik, hafidz cilik, serta muadzin cilik yang sudah dilaksanakan sebelumnya di beberapa daerah di Jawa Barat.




share to whatsapp