Review

Tips Mengadakan Kegiatan Buka Puasa Bersama yang Asyik

share to whatsapp



Tips mengadakan bukber di bulan Ramadhan

Datangnya bulan suci Ramadan merupakan momen untuk kumpul bareng. Sudah jadi tradisi, saat bulan puasa ini biasa digelar acara buka puasa bersama. Kegiatan ini biasa digelar di lingkungan keluarga besar, teman-teman main, teman sekolah (SD, SMP, SMA kuliah), hingga komunitas. Ajakan mengadakan buka bersama ini di zaman now menghiasi komunikasi di aplikasi media sosial seperti WhatsApp group sampai Facebook.

Adapun dalam pelaksanannya, ada yang sukses menggelar acara buka puasa bersama. Namun tak sedikit pula yang hanya sekadar wacana. Di group WA misalnya, usulan biasanya muncul, lalu dibahas bareng-bareng semua anggota group dan akhirnya berputar-putar sampai tidak ada keputusan. Inilah yang jadi masalah klasik saat wacana menggelar buka puasa bersama di bulan Ramadan.

Berikut ini sedikit tips bagaimana mengadakan kegiatan buka bersama biar asyik.

1. Tentukan panitia/pelaksana
Ini perlu banget. Karena merekalah yang akan mengurus penentuan dan booking lokasi, pengumpulan dana, hingga susunan acara. Rencana mengadakan acara bukber yang mendekati kegagalan biasanya karena masalah: saling melemparkan tanggung jawab atau egoisme muncul dari masing-masing calon peserta bukber.

Untuk itu, akan lebih baik kalau untuk tahap awal ini tentukan pupuhu alias yang dianggap mampu merangkul semua anggota. Dengan adanya medsos di zaman sekarang, sebenarnya mudah bagi mereka yang jadi panitia penyelenggara untuk berkomunikasi dengan anggota/peserta bukber. Gunakan satu pintu komunikasi, misal di group WA sebagai informasi pengumuman resmi. Yang dianggap tokoh oleh semua pihak harus terus berupaya bahwa acara bukber jadi dilaksanakan. Jangan sampai timbul keraguan di anggota yang akan jadi peserta.

2. Sharing tetap yang utama
Maksudnya, calon peserta yang akan ikut bukber tetap bisa mengutarakan masukannya mengenai lokasi, menu, hingga penentuan waktu bukber. Hanya saja jangan sampai jadi bola liar yang akhirnya bikin sulit menentukan keputusan dan akhirnya acara bukber pun jadi bolay alias hanya wacana. Masukan yang realistis dan bisa diterima semua pihak tetap jadi pedoman.

3. Tentukan waktu bukber
Ini yang biasanya jadi tradisi dimana acara bukber kebanyakan digelar pada pertengahan hingga khir bulan puasa. Alasannya kalau yang kerja, salah satunya sudah gajian atau THR cair. Dan untuk acara bukbernya sendiri biasanya di akhir pekan, bisa malam Sabtu atau malam Minggu. Namun tak menutup kemungkinan acara bukber diadakan di hari biasa.

Bila akhir pekan, biasanya muncul permasalahan hotel atau tempat makan yang akan dijadikan target lokasi bukber suka penuh di-booking. Untuk itu, perlu jauh-jauh hari memesan tempat dan siapkan uang pamanjer alias DP biar tenang. Buat DP bisa pake dulu uang perorangan dan nanti dibayar kalau iuran bukber sudah terkumpul. Selain itu, perhatikan pula jadwal peserta bukber. Bila mendekati Lebaran biasanya sudah pada mulai mudik.

4. Pilih tempat bukber yang nyaman
Ini biasanya yang jadi pilihan utama peserta acara bukber. Apalagi kalau acaranya keluarga atau teman-teman kantor. Kenyamanan di sini menyangkut tempat makan, ketersediaan tempat parkir, mushola, hingga WiFi gratis. Pastikan peserta bukber nyaman selama mengikuti kegiatan, jangan sampai di tempat makan terlalu penuh pengunjung atau layanan pemesanan makanan datangnya lelet. Untuk pemesanan makanan dan minuman, koordinasikan yang baik dengan pihak hotel, rumah makan, atau cafe.

Jangan lupa juga pertimbangkan akses ke lokasi. Maklum di bulan Ramadhan saat menjelang magrib, arus lalu lintas kerap disergap kemacetan. Pilihlah lokasi makan bukber yang tak bikin peserta jadi malas berangkat karena lokasinya kurang strategis atau terlalu jauh. Berikan alternatif pemberangkatan: apakah pakai kendaraan sendiri, nebeng, atau naik layanan transportasi online seperti Go-Jek atau Grab.

5. Mau di rumah, hotel, rumah makan, atau cafe?
Bila rencana acara bukber diadakan di rumah, tentukan rumah siapa yang bisa nampung banyak orang. Untuk ta'jil dan makan berat, bisa cara masak sendiri atau katering. Perhatikan juga lokasi parkiran, jangan sampai mengganggu warga lainnya atau kenyamanan kompleks permukiman. Siapkan juga tempat buat shalat berjamaah, bisa di ruangan khusus di rumah atau masjid kompleks.

Kini, alternatif lain pun banyak. Untuk di Bandung sendiri yang lagi primadona yaitu mengadakan acara bukber di hotel. Umumnya, pihak hotel di Bandung telah menyediakan penawaran paket puasa bersama dengan harga yang sangat terjangkau.

Tentunya pula fasilitas di hotel seperti parkiran hingga mushola gak perlu diragukan lagi. Hanya biasanya yang penting adalah penyesuaian budget dan akses jarak ke hotel. Untuk hotel biasanya ada promo, seperti buy 10 get 1 atau dapat voucher menginap bila memesan dengan jumlah tertentu. Pemesanan ruangan hotel pun bisa disesuaikan, misalnya bila acara bukber sekalian dengan menggelar acara bakti sosial kepada anak yatim piatu dengan memesan aula hotel supaya lebih menampung banyak orang.

Bagi yang ingin memilih rumah makan sebagai tempat bukber, pilih rumah makan yang bisa menampung banyak orang (bila untuk kegiatan bukber teman sekolah/kampus, kantor, keluarga besar, atau komunitas). Pilihan lainnya juga bisa di cafe. Bila di cafe biasanya cocok buat yang jumlahnya tidak terlalu banyak, semisal keluarga, genk teman main, atau genk teman sekelas/kampus.

Rekomendasi info paket bukber Ramadhan 2019 di Bandung:
- Hotel-hotel Bandung LIHAT DI SINI
- Restoran, rumah makan, dan cafe LIHAT DI SINI.

6. Perhatikan kenyamanan anak-anak
Ini yang kadang tak bisa diabaikan begitu saja. Bila peserta bukber adalah yang datang bareng keluarganya, terutama anak-anak, harap perhatikan kenyamanan sang anak. Jangan sampai si anak merasa dicuekin atau orang tua jadi riweuh dengan terganggu kegiatan bukbernya karena terus fokus mengawasi sang anak. Untuk situasi ini, carilah tempat bukber yang ramah anak. Dari ruangan yang luas sampai adanya tempat bermain buat anak-anak.

7. Perhitungkan budget
Kegiatan buka puasa bersama sangat berhubungan dengan budget. Pilih tempat bukber yang ramah kantong namun fasilitasnya maksimal. Untuk itu, perlu survei tempat bukber yang menyediakan menu yang bisa sesuai dengan keinginan peserta.

Juga cari informasi apakah di hotel atau tempat makan yang akan jadi tempat bukber menyediakan promo, seperti pesan 10 paket dapat bonus 1 menu. Juga urusan sewa sound system (bila dibutuhkan), apakah sudah masuk paket atau bayar lagi. Apakah harga menu yang dipesan sudah termasuk pajak atau belum. Yang tak boleh diabaikan juga masalah pembayaran di luar paket menu yang dipesan. Misalnya ada peserta yang pesan menu di luar paket bukber harus bayar langsung ke kasir alias tidak melalui panitia bukber.

------
Info lainnya seputar bulan Ramadan di Bandung LIHAT DI SINI




share to whatsapp