Review

Jangan Lewatkan Event Asia Africa Festival 2019 yang Bakal Digelar Sabtu Ini

share to whatsapp



Rangkaian Acara Asia Africa Festival 2019

Bila Anda berencana melancong ke Bandung pada akhir pekan ini, jangan lewatkan event Asia Africa Festival (AAF). AAF kali ini bakal digelar pada Sabtu, 29 Juni 2019 mulai pukul 08.00 WIB di Jln. Asia Afrika. AAF 2019 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan pertama kali pada tahun 2015. Saat ini AFF sudah menjadi even unggulan pariwisata Indonesia.

AAF masuk kedalam Top 10 Even Nasional dan bersanding dengan 'Top 100 National Wonderful Event. AAF pun jadi satu-satunya event dari Jawa Barat dalam 'Top 10 Event Nasional.  Pada gelaran tahun ini, AAF dibagi menjadi tiga event, yakni pra-event, road to main event, dan main event. Kegiatan pra-event terbagi dalam dua sub-event yang telah dihelat, yaitu "Asia Africa Ramadhan Fair" dan "Ngabuburit On The Street" (Ngaos) pada bulan Ramadhan lalu.

Sedangkan road to main event dibagi dalam dua kegiatan, yaitu "Asia Africa X-Po" dan "Asia Africa Geographic and Food Market". Kedua kegiatan ini akan melibatkan UMKM, hotel dan resto yang berada dibawah binaan Disbudpar Kota Bandung. Puncak acara Asia Africa Festival 2019 ini akan pada 29 Juni 2019. Akan ada berbagai rangkaian acara menarik mulai dari Karnaval, Gelaran Seni Budaya, Hiburan Musik, dan masih banyak yang lainnya

Pada kegiatan ini, target 100.000 orang. Pada Asia Africa Festival pertama tahun 2015, pengunjung yang hadir rata-rata mendekati angka 100.000 orang.   Acara ini melibatkan berbagai unsur dari mulai masyarakat Kota Bandung hingga masyarakat internasional yang merupakan bagian dari negara-negara di Asia Afrika.

Salah satu yang bakal menarik perhatian adalah performa rombongan dari delegasi Jepang yang akan memamerkan atraksi tersohor, arak-arakan tandu Mikoshi. Mikoshi merupakan wujud dari kendaraan para dewa. Bentuknya berupa kuil kecil yang ditempatkan di atas tandu. Ditopang rangkaian balok besar.

Menjelang puncak Asia Africa Festival, akan dihadiri 17 duta besar negara yang ikut serta, ditambah delegasi dari negara lain. Rombongan duta besar dan partisipan negara peserta Asia African Festival akan disambut meriah mulai dari Stasiun Bandung, pada Kamis, 27 Juni 2019. Para duta besar akan diantar ke tempat penginapan di Hotel Savoy Homann, sementara kepala daerah partisipan akan menginap di Hotel Grand Preanger.

Sementara besoknya ada Jumat, 28 Juni 2019, sejumlah tamu negara akan dijamu oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial dalam gala dinner, di Balai Kota Bandung. Dalam puncak acara pada Sabtu, 29 Juni 2019, delegasi akan bertolak dari Pendopo Kota Bandung menuju Palestine Walk, di Jalan Alun-alun Timur untuk melakukan seremoni pelepasan burung. Ada pelepasan burung sebagai penanda, negara-negara Asia Afrika harus memerdekakan Palestina.