Review

Disbudpar Segera Hadirkan Wisata Halal Kota Bandung

share to whatsapp



Pengembangan wisata halal Kota Bandung

Plh. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta wisata halal segera terwujud. Sehingga dapat menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Kota Bandung.

"Secepatnya ya dengan tim percepatan terus koordinasi, sehingga Bandung ke depannya bisa menghadirkan wisata yang betul-betul halal," pintanya saat memimpin rapat wisata halal di Balai Kota Bandung, Rabu (28/8/2019).

Ia mengatakan, kawasan wisata halal bukan hanya dilihat dari makanannya saja. Tetapi juga dari fasilitas seperti toilet, lingkungan, dan tempat makan.

"Semuanya harus serba halal. Bukan hanya makanan saja, banyak komponen selain itu," katanya.

Untuk memudahkan masyarakat mengakses maupun mengkonsumsi makan halal, ia menyarankan agar menggunakan teknologi canggih. Di antaranya melalui aplikasi yang mudah diakses.

"Bisa gunakan aplikasi sehingga wisatawan cari makanan di kawasan halal bisa dengan mudah," anjurnya.

Ia pun mendorong agar wisata halal bisa berkolaborasi dengan segala pihak, seperti hotel halal. "Kita dorong satu hotel, misalnya hotel syariah bisa kelola semuanya dengan teknik halal. Jadi bukan sekedar lebel saja, sehingga orang itu tenang kalau berkunjung ke Bandung," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengaku segera menyusun road map wisata halal Kota Bandung. "Road mapnya juga akan kita susun bahkan sampai tahun 2023. Tinggal di- 'breakdown' lagi rinci lebih teknisnya. Terutama beberapa hal seperti integritas promosi dan sebagainya," kata Kenny sapaan akrabnya.

Menurutnya, hadirnya wisata halal bisa meningkat okupansikan di Kota Bandung. "Bandung potensinya luar biasa besar. Kesempatan Bandung untuk menambah okupansi hotel dalam hal pendapatan. Pendapatan okupansi dari wisatawan itu kan minimal 4 hari, nah itu bisa dibayangkan sarana maupun prasarana bisa untuk wisatawan tersedia di Bandung," jelasnya.

Ia pun berharap, ruang publik di kota Bandung bisa lebih representatif agar wisawatan yang berkunjung lebih nyaman.

"Ruang publik untuk pemasaran dan lingkungan yang menunjang. Ini tugas tim percepatan nanti. Insyaallah kita akan deklarasi September, bahwa Kota Bandung siap dalam wisata halal," kata Kenny. (Humas Kota Bandung)




share to whatsapp