Review

Inilah Para Juara Pasanggiri Kreasi Upacara Mapag Panganten Sunda ke-3 se-Jawa Barat 2019

share to whatsapp



Daftar juara Panggiri Mapag Panganten 2019 di Cimahi

Upacara adat "Mapag Panganten" merupakan salah satu ritual yang menjadi bagian dari seluruh rangkaian upacara adat pernikahan dalam masyarakat Sunda.  Secara etimologi, kata mapag dalam bahasa Sunda berarti menjemput atau menyambut. Maka Mapag Panganten adalah acara menyambut kedatangan pengantin dan keluarganya. Upacara Mapag Panganten merupakan rangkaian ritual yang melibatkan Lengser, Punggawa, Gugunungan, Mamayang, Payung Kuning,  tari tradisional, tata busana/kostum, hingga tembang yang dilantunkan pada prosesi upacara.

Untuk lebih mengenalkan dan melestarikan ritual dalam salah satu prosesi upacara adat pengantinan Sunda tersebut, Disbudparpora Kota Cimahi telah menggelar kegiatan Pasanggiri Kreasi Upacara Mapag Panganten Sunda ke 3 se-Jawa Barat tahun 2019. Event ini digelar hari Jumat dan Sabtu, tanggal 2-3 Agustus 2019 lalu di gedung Technopark Cimahi Jalan Baros 67 Cimahi Selatan.

Event pasanggiri ini diikuti oleh lebih dari 22 peserta pasanggiri dengan dewan juri dari akademisi yang terdiri dari ISBI, Unpad, UPI dan tokoh seniman dan budaya. Juri-juri tersebut terdiri dari, Prof. Dr Endang Caturwati, MS (Budayawan Jawa Barat), Dr Yuliawan Kasmahidayat, M.SI (UPI) Bandung, Dr Lili Suparli M.Sn (ISBI) Bandung, Dr Diah Fatma Syoraida, M.SI (UNPAD) Bandung, Edi Mulyana, S.Sn (ISBI) Bandung.

Acara Pasanggiri Kreasi Mapag Panganten yang dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan dihadiri oleh Walikota Cimahi Ir Ajay M Priatna dan Sekretaris Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Andre Wijanto, Kepala SOPD Kota Cimahi, Dekan, Mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung serta tamu undangan

Daftar Pemenang Pasanggiri Kreasi Upacara Mapag Panganten Sunda ke-3 se Jawa Barat tahun 2019:

Juara 1: Sanggar Edas (Kota Bogor)
Juara 2 : Sanggar Purwakarta Istimewa (Kab. Purwakarta)
Juara 3 : Sanggar Sekar Wiwitan (Kab. Subang)

Juara Harapan 1 : Padepokan Jamparing Parikesit (Kab. Sumedang)
Juara Harapan 2 : IBS Grup (Kota Depok)
Juara Harapan 3 : Studio Tari 15 (Kota Cimahi)

Lengser Terbaik: Indra "Sanggar Kencana Arum" (Kota Bandung)
Penataan Musik Terbaik: Gustiar "Sanggar Edas" (Kota Bogor)
Penataan Tari Terbaik: Ane Wulan "Sanggar Purwakarta Istimewa" (Kab. Purwakarta)
Penataan Kostum dan Artistik Terbaik: Sanggar Edas (Kota Bogor).




share to whatsapp