Review

Wisata Gunung Tangkuban Parahu Dibuka Kembali 1 Agustus 2019

share to whatsapp



Foto Tangkuban Parahu terbaru

Bagi yang penasaran dengan kabara kapan wisata alam Gunung Tangkuban Parahu kembali bisa dikunjungi para wisatawan, tempat wisata di perbatasan Lembang dan Subang ini kembali dibuka Kamis, 1 Agustus 2019.

Untuk menjamin kenyamanan dan keamanan tempat wisata tersebut bagi wisatawan, telah digelar rapat evaluasi Tangkubanparahu pada Selasa (30/07/2019) di Gedung Sate yang dipimpin langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga dihadiri Bupati Subang Ruhimat, Perhutani,  PVMBG, dan Direktur PT GRPP Putra Kaban.

Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu bisa kembali dibuka untuk umum, namun Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memberikan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengelola TWA Tangkuban Parahu diantaranya pembersihan area, kemanan evakuasi bagi wisatawan, dan fasilitas parkir. Syarat-syarat tersebut harus dilaporkan kepada pemerintah.

Untuk lebih menjaga kenyamanan dan antisipasi, Kang Emil mengimbau agar dibuat grup komunikasi via WhatsApp antar stakeholder (muspida, kepala desa, dan pengelola). Dimana di group tersebut bisa saling berbagi informasi dan update terkait seputar keadaan Tangkuban Parahu hingga dapat cepat diketahui. Dengan begitu, segala informasi terbaru bisa cepat diketahui. Jangan sampai informasi seputar di Tangkuban Parahu baru diketahui setelah video dan foto kejadian tersebar viral.

Kang Emil pun meminta agar pihak pengelola membuat brosur dimana dalam satu pekan standar prosedur operasional (SOP) evakuasi diunduh masyarakat sebagai sosialisasi. Sementara pihak pengelola TWA Gunung Tangkuban Parahu, Putra Kaban menyanggupi persyaratan tersebut. Kaban pun menjelaskan bahwa jalur evakuasi dan tanda-tanda di area tempat wisata sudah ada.

Seperti diketahui, Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik pada Jumat (26/7/2019) pukul 15.48 WIB. Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana geologi (PVMBG) dari Pos Pengamatan Gunung Api Tangkuban Parahu, yang dilakukan pada hari Sabtu (27/7/2019) pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB, tingkat aktivitas gunung api masih berada di level I alias normal.