Review

Guntur Resort Baleendah, Spot Wisata Selfie Terbaru di Bandung Selatan

share to whatsapp



Guntur Resort Baleendah

Nama Guntur Resort Baleendah mendadak viral di media sosial, khususnya instagram, setelah foto-foto pengunjung yang bertandang ke tempat wisata baru tersebut menyebar di medsos. Guntur Resort Baleendah mengusung konsep wisata selfie dan kuliner yang tentunya sangat cocok buat berfoto-foto. Beberapa spot menarik disajikan di sini dengan konsep background yang instagramable. Beberapa di antaranya dengan hadirnya saung-saung dan tempat lesehan terbuat dari bambu.

Unik sekali memang, pengunjung bisa berfoto dengan latar yang berwarna-warni. Sambil lesehan duduk di bantal empuk, pengunjung bisa berfoto ria dengan duduk santai. Tempat wisata yang sebetulnya belum 100% rampung ini makin menjadi magnet bagi wisatawan. Apalagi untuk masuk ke lokasi wisata Guntur Resort Baleendah hanya dibanderol HTM Rp10.000 saja (HTM bisa berubah sewaktu-waktu). Lokasi Guntur Resort Baleendah di Desa/Kec. Baleendah, Kab. Bandung.

Rute ke Guntur Resort Baleendah
Bila Anda yang penasaran dengan Guntur Resort Baleendah, lokasinya ada di Bandung Selatan. Untuk rutenya, keluar dari tol Buah Batu belok kanan ke Jln. Raya Bojongsoang. Di pertigaan Bojongsoang (pos polisi) ambil kiri ke arah Jembatan Citarum, di pertigaan Simpang Siliwangi belok kanan menuju Tugu Juang Baleendah (sebelum RS Al Ihsan).

Tak jauh dari Tugu, ambil kiri Jln. Laswi lalu belok kanan ke arah Situ Sipatahunan. Lokasi Guntur Resort Baleendah sendiri berada di area Situ Sipatahunan, ambil jalan kiri Situ Sipatahunan dan terus ke atas. Guntur Resort Baleendah bisa juga dijangkau dari Majalaya/Ciparay, Dayeuhkolot, atau Banjaran menuju Tugu Juang Baleendah - Situ Sipatahunan.

Situ Sipatahunan
Situ Sipatahunan sendiri adalah danau buatan yang dibangun oleh pemerintah pada 1971 dan selesai pada 1975. Pembangunan situ ini bertujuan untuk pengairan sebagian lahan persawahan yang ada di Kecamatan Baleendah. Sumber air situ berasal dari dua sungai, yakni hulu Sungai Cigajah dan Sungai Cipancur. Selain berfungsi untuk pengairan sawah, di situ ini juga terdapat laboratorium alam pertanian yang digunakan untuk praktik sekolah pertanian dan Universitas Bale Bandung.

Salah satu atraksi wisata di danau ini biasa digelar Festival Situ Sipatahunan dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Bandung. Dalam festival tersebut diselenggarakan Pameran Kuliner Tradisional, Workshop Alat Musik Bambu, Workshop Wayang Golek, Workshop Kopi, dan dimeriahkan dengan arak-arakan Kereta Kencana, Badawang, Dodombaan, dan Jampana hias.

Selain itu, biasa ditampilkan pula pagelaran Kohkol dan Lodong, Rajah Bubuka, Jaipongan, Debus, Silat Benjang, Silat Rampak , Silat Duel, Karinding, Calung, dan Wayang Longser, serta lomba-lomba seperti, Balap Rakit, Lomba Mewarnai dan Kaulinan Jamparing, dan lain-lain. Festival Situ Sipatahunan mempunyai keindahan alam, budaya, kesenian dan kuliner, sehingga menjadi Sapta Pesona, dan layak untuk menjadi Kampung Wisata Budaya Situ Sipatahunan.

GUNTUR RESORT BALEENDAH
Area Situ Sipatahunan
Desa/Kecamatan Baleendah, Kab. Bandung
Instagram: @guntur_resort_baleendah




share to whatsapp