Review

Paguron Sinar Banten Rayakan Milangkala ke-50 di Dome Balerame Soreang

share to whatsapp



Milangkala Paguron Sinar Banten

Kolaborasi seni budaya Sunda, mulai dari Rampak Kendang, Tari Jaipong, Ibing Silat, sertaatraksi debus sebagai ciri khas Paguron Sinar Banten (PSB), digelar dalam kegiatan Milangkala ke-50 paguron tersebut, di Dome Balerame, Soreang, 21 September 2019.

Salah satu atraksi debus merupakan Rekor ORI (Original Republik Indonesia), yang pertama kali di Indonesia. Menampilkan atraksi seorang anggota PSB menarik sebuah mobil jenis Jeep Tuff GT dengan 4 kawat baja yang dikaitkan pada kulit punggung anggota PSB tersebut, dengan durasi 4 menit.

Ketua umum PSB, H. Dani Mishan R, mengatakan, Paguron Sinar Banten berada dibawah naungan Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI), kedepan diharapkan akan ada kesetaraan dengan Ikatan Pencak Silat Indonesi ( IPSI ).

H. Dani yang didampingi Guru Besar PSB, Apih Uju, juga menyampaikan rencananya tahun depan, Paguron Sinar Banten akan menggelar event kejuaraan Seni Bela Diri Pencak Silat.

Bupati Bandung H. Dadang. M, Naser, dalam kesempatan itu berharap PSB dapat terus berkembang. Menurutnya, apabila gelar budaya dan seni dikemas secara baik dan lebih luas lagi, bisa menjadi daya tarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. (Diskominfo Kab. Bandung)