Inilah 64 Event Pariwisata Menarik yang Bakal Digelar di Bandung Tahun 2020




Kalender event wisata Bandung 2020

Sebanyak 64 event pariwisata menarik akan digelar di Bandung, Jawa Barat, sepanjang 2020 yang diharapkan menjadikan kota kembang itu sebagai destinasi favorit wisatawan. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyampaikan apresiasinya atas peluncuran (launching) Calender of Event (CoE) 2020 Kota Bandung, Jumat lalu (18/10/2019).

Tarik kunjungan wisatawan ke Bandung
CoE Kota Bandung tahun 2020 menurut Arief Yahya bisa menjadi upaya efektif untuk mempromosikan serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat yang tahun ini menargetkan kunjungan 48 juta wisatawan nusantara (wisnus) dan 1,85 juta wisatawan mancanegara.

“Kami baru-baru ini telah meluncurkan 100 National Calender of Event (CoE) 2020. Dari Top-100 event nasional tersebut, 5 event dari Provinsi Jawa Barat satu di antaranya dari Kota Bandung,” kata Menpar Arief Yahya.

Event wisata Jawa Barat
Kelima event dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang masuk dalam Top-100 National CoE 2020 adalah Asia Africa Festival 2020 yang akan berlangsung di Kota Bandung pada 11 April 2020, Cap Go Meh Bogor, HardFest Pesona Jatigede, Festival Seni Budaya Cirebon, dan Gebyar Pesona Budaya Garut.

Menpar Arief Yahya menyatakan, 3 hal perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggara CoE 2020 yaitu meningkatkan media value, cultural creatives value, dan CEO commitment.

“Meningkatkan media value sangat penting untuk meng-attract wisatawan sebanyak mungkin datang ke event tersebut,” katanya.

Untuk ini perlu dialokasikan anggaran yang memadai minimal 50 persen untuk media value dan 50 persen penyelenggaraan event. Dari separuh anggaran media value tersebut dilakukan saat pre-event, 30 persen ketika on-event, dan 20 persen post-event.

Untuk meningkatkan cultural creatives value diutamakan pada unsur koreografi, aransemen musik, maupun penataan kostum atau busana. Ketiga yang terpenting adalah CEO commitment yang merupakan komitmen gubernur, walikota, dan bupati (kepala daerah).

“Kepala daerah harus mempunyai komitmen kuat untuk mengembangkan pariwisata di daerahnya,” katanya.

Menpar mengapresiasi tingginya CEO commitment Walikota Bandung yang menggelar 64 event sepanjang tahun 2020. Walikota Bandung H. Oded Muhammad Danial menyatakan, dari 64 event unggulan yang dimiliki Kota Bandung tersebut telah ditetapkan Top-3 dan Top-10 CoE 2020 Kota Bandung.

Top event Bandung
Di antara Top-3 CoE tersebut yaitu Asia Africa Festival 2020 yang akan berlangsung dari Gedung Merdeka dan Taman Asia Afrika Kiara Artha pada 11 April 2020 mendatang, Pasar Seni ITB berlangsung di Kampus ITB pada September 2020, dan The 11th International Kampoeng Jazz yang berlangsung di Kampus Unpad Dipati Ukur pada April 2020.

“Kami bersyukur satu event unggulan Kota Bandung yaitu Asia Africa Festival 2020 masuk dalam Top-100 National CoE 2020,” kata H. Oded Muhammad Danial.

Acara launching CoE 2020 Kota Bandung dimeriahkan dengan pegelaran kesenian tradisional khas Bandung di antaranya tarian Kupu-Kupu serta penampilan Rita Tila dan Sumba Sunda.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awalludin, Kadisparbud Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik Kurahman, Kadisbudpar Kota Bandung Dewi Kaniasari, Kadisparbud Kabupaten Bandung Barat Sri Dustirawati, Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bonang Bayuaji G, dan Asdep Pengembangan Pemasaran l Regional ll Kemenpar Fahmizal

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS