Review

Inilah Rute Lengkap 5 Jurusan Bus Trans Metro Bandung (TMB)

share to whatsapp



Rute lengkap TMB Bandung

Bagi wisatawan yang pengen jalan-jalan di Bandung dan lebih mengenal kota ini, bisa menjajal naik bus Trans Metro Bandung (TMB). Sekarang sudah ada lima pilihan rute yang bisa digunakan untuk mengantar penumpang ke tempat tujuan.

Buat wisatawan luar kota, kehadiran TMB ini bisa jadi pilihan buat menyambangi tempat-tempat wisata. Misalnya, bila dari Terminal Cicaheum ke kawasan Alun-Alun Bandung bisa menggunakan TMB jursan Cicaheum - Cibeureum. Atau dari Terminal Leuwipanjang ingin ke Kiara Artha Park/Jembatan Pelangi, bisa naik bus TMB yang baru yakni jurusan Antapani - Leuwipanjang.

Untuk patokan jalan utama di Bandung, di bagian utara/jalur tengah/pusat kota dihubungkan dengan Jln. Ahmad Yani yang aksesnya dari Terminal Cicaheum - Jln. Ahmad Yani - ke kawasan Alun-Alun Bandung (Jln. Asia Afrika) - hingga Jln. Jenderal Sudirman. Biar lebih mudah, silakan bisa lihat jalur jalan di Bandung di Google Maps atau Waze.

Sementara penghubung kawasan Bandung selatan/timur melalui Jln. Soekarno - Hatta (By Pass), diantaranya dari arah timur melewati Cibiru - Gedebage - Margahayu Raya - Kiarcondong - Terminal Leuwipanjang (stopan Cibaduyut) - hingga ke kawasan batas kota (Bandung - Cimahi) di sebelah barat.

TMB semakin menarik minat banyak masyarakat dengan berbagai program yang ditawarkan. Diantaranya, pembayaran melalui kartu elektronik dengan potongan harga Rp1.000 dan harga khusus pelajar yang hanya membayar Rp1.000. TMB pun sudah mengeluarkan tarif Rp1 berlaku untuk buruh, guru honorer dan veteran. Selanjutnya ada integrasi kalau ngetap di jalur pertama dan ngetap lagi di jalur berbeda kurang dari dua jam masih gratis. Untuk harga karcis normal jauh-dekat Rp3.000.

■ Rute TMB Koridor 1: jurusan Cibiru - Cibeureum
Rute ini melewati sepanjang Jln. Soekarno - Hatta (By Pass) sampai batas kota, dengan melewati:
Cibiru - Gedebage - Riung Bandung - Margahayu Metro - Samsat Kiaracondong - Perempatan Moh. Toha - Ihoftank - Terminal Leuwinpanjang - Pasar Caringin - Sumbersari (stopan Pasirkoja) - Holis - putar balik di Jln. Jenderal Sudirman (batas kota) dan kembali ke jalur sepanjang Jln. Soekarno - Hatta ke arah Gedebage - Cibiru.

■ Rute TMB Koridor 2: jurusan Terminal Cicaheum - Cibeureum
Rute ini melewati Jalur dari Cicaheum - Jln. Ahmad Yani Jln. Ibrahim Adjie (Kiaracondong) - Jln. Jakarta - belok lagi ke Jln. Ahmad Yani - Jln. Asia Afrika (Alun-Alun Bandung) - Jln. Jenderal Sudirman - Cibeureum (batas kota) dan memutar di Jln. Rajawali kembali ke Jln. Ahmad Yani - Cicaheum dengan melewati:
Padasuka - Lapangan Persib - Jaya Plaza (Kosambi) - Alun-Alun - Pasar Baru - Gardujati - Andir - Bunderan batas kota - Cibeureum - putar balik ke Jln. Rajawali - Jln. Kebon Jati - RS Santosa  - Viaduct (BNI) - Lembong (Telkom) - Jln. Veteran - Jln. Ahmad Yani (Kosambi, Segitiga Mas) - Cicaheum.

■ Rute TMB Koridor 3: jurusan Terminal Cicaheum - Sarijadi
Rute ini dari Cicaheum melewati Jln Suci (PHH Mustopa) - Jln. Prabudimuntur - Cikapayang - Pasupati - Jln. Dr. Djunjunan - Jln. Surya Sumantri (Pasteur) - Jln. Terusan Sutami - belok ke Jln. Lemah Neundeut - kembali ke Jln. Surya Sumantri - Jln. Dr. Djunjunan - Pasupati - Cikapayang - Jln. Surapati - Jln. Suci (PHH Mustopa) - kembali ke Cicaheum.

■ Rute TMB Koridor 4: jurusan  Antapani - Terminal Leuwi Panjang
Rute ini dari Antapani melewati Jembatan Pelangi - dari Jln. Terusan Jakarta belok ke Jln. Sukabumi - Jln. Laswi - Jln. Pelajar Pejuang 45 - Jln. BKR - Jln. Peta - belok kiri ke Jln. Kopo - Terminal Leuwipanjang - berangkat lagi ke Antapani lewat jalur Kopo - Jln. Peta - Jln. BKR - Jln. Pelajar Pejuang 45 - Jln. Laswi - Jln. Sukabumi - Jln. Ahmad Yani - Jln. Ibrahim Adjie - Jln. Antapani

■ Rute TMB Koridor 5: jurusan Antapani - Stasiun Bandung (St. Hall)
Untuk rute TMB koridor 5 ini, dari Terminal Antapani ke Jln. Jakarta - belok Ahmad Yani - masuk Jalan Riau - belok ke Jalan Merdeka - Jln. Tamblong - Jln. Asia Afrika - Jln. Gardujati - belok Jln. Kebonjati - masuk St. Hall. Kembali  lagi Suniaraja, ke Jln. Braga - Jln. Ahmad Yani - Cicadas - belok kanan dan masuk ke Jln. Terusan Jakarta - Antapani.