Review

Kemah Literasi Jawa Barat Bakal Digelar 15 - 17 November 2019 di Kiarapayung

share to whatsapp



Kemah Literasi Jabar 2019

Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) akan menggelar kegiatan Kemah Literasi Jawa Barat. Kegiatan bertajuk "Literasi untuk Semua" ini bakal dilaksanakan dari Jumat sampai Minggu, 15 - 17 November 2019 mendatang di Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor, Sumedang. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan minat baca di masyarakat ini, akan diselenggarakan pada

Program TBM telah dimulai sejak 1992/1993. Kehadiran TBM menjadi sebuah pembaharuan dari Taman Pustaka Rakyat (TPR) yang didirikan Pendidikan Masyarakat pada 1950-an. Program tersebut bertujuan meningkatkan minat dan budaya baca pada masyarakat, mengingat keberadaan TBM sangat penting sebagai sarana belajar masyarakat.

Berdirinya TBM diperkuat UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 26 ayat (4) yang menyatakan bahwa satuan pendidikan nonformal terdiri dari lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, majelis taklim serta satuan pendidikan sejenis.

Meski bertajuk Kemah Literasi (FTBM) Jawa Barat, acara ini terbuka untuk teman-teman pengelola Taman Bacaan Masyarakat/Komunitas Literasi dan sejenisnya dari luar Provinsi Jawa Barat. Tujuan utama kegiatan ini adalah sebagai media silaturahmi, juga sebagai ruang saling menukar ide dan pengalaman ihwal gerakan literasi dari sesama pegiat. Selain itu, kegiatan ini diniatkan sebagai media untuk memberi asupan pengetahuan baru bagi para pegiat TBM.

Diskusi dan workshop serta pameran karya literasi hadir pada kegiatan ini demi terciptanya gerakan-gerakan baru. Oleh sebab itu, bagi yang belum memiliki atau belum menjadi bagian dari TBM/Komunitas Literasi, namun memilki keinginan untuk mengenal lebih jauh bahkan terlibat dalam gerakan baik menjadi relawan atau langsung mendirikan TBM/Komunitas Literasi, kegiatan ini bisa menjadi media alternatif sebagai ruang belajar.

Bila Anda berminat bergabung dalam kegiatan ini, berikut caranya:
- Mengisi formulir pendaftaran di http://bit.ly/kemahliterasijabar
- Membayar uang pendaftaran 150.000/orang.
- Mengumpulkan beras 3 gelas/orang.
- Mengumpulkan makanan (cemilan) khas sesuai asal daerah masing-masing.
- Membawa perlengkapan pribadi.
- Membawa perlengkapan kemping, tenda dan teman-temannya.

Fasilitas:
- Makan selama lima kali
- Stiker
- Sertifikat/piagam
- Berhak mengikuti seluruh rangkaian kegiatan

Info lebih lengkap, silakan lihat di halaman Facebook FTBM Jabar