Batu Kuda Manglayang, Tempat Kemping Asyik Kawula Muda





Tempat wisata di Bandung Timur ini sebetulnya sudah lama ada. Penulis sendiri pernah beberapa kali menyambangi tempat wisata alam di kaki Gunung Manglayang ini di era 90-an. Dulu akses jalan ke kawasan Batu Kuda masih berupa jalan biasa yang tak beraspal. Layaknya jalan perkampungan, dulu jalan ke sini masih bebatuan dan licin saat musim hujan. Kini, jalan ke sini sudah dihotmix. Dulu pun pun area permukiman ke kawasan wisata ini masih terbilang kampung, namun sekarang sudah berubah banget dengan banyak berdirinya perumahan di kiri-kanan jalan.

Begitu pula di areal Batu Kuda fasilitasnya sudah dibenahi, di antaranya sign board Batu Kuda, mushola, penataan warung-warung, area kemping, dan lainnya. Pokoknya sekarang bikin betah pengunjung.

Adapun tentang Batu Kuda, ini berhubungan dengan mitos penduduk setempat. Batu kuda mempunyai bentuk mirip seekor kuda yang sedang duduk. Batu ini dianggap jelmaan kuda sembrani yang digunakan Eyang Layang Kusumah dan istrinya (penguasa gaib Gunung Manglayang). Buat ke situs Batu Kuda send

Batu-batuan dan tempat wisata lainnya yang ada di seputaran sini oleh penduduk setempat mempunyai nama masing-masing: Batu Tumpeng, Batu Leuit, Batu Semar, Batu Keraton, Batu Ampar, Batu Korsi, dan Batu Lamunan, Batu Pasir Jirak, Pasir Kitumbak, Curug Kacapi, dan Curug Cilengkrang.

Fasilitas di Perkemahan Batu Kuda
Dan pada Sabtu. (09/11/2019), tim wisatabdg.com penasaran menyambangi tempat wisata Batu Kuda ini. Dan wow, banyak sekali perubahan di sini. Kini lebih tertata rapi dan asri. Di antaranya sekarang ada papan petunjuk, pengelolaan parkir, hingga warung-warung yang nyaman banget buat nongkrong di kesejukan alam terbuka. Bagi pengunjung yang ingin berkemah, pengelola menyediakan tenda dengan beberapa ukuran yang bisa disewa.

Bukan hanya tenda, disediakan pula peralatan untuk outbond bagi yang ingin menjajal ketinggian dari pohon pinus ke pohon pinus lainnya. Penyewaan hammock yang dibanderol Rp20.000 pun jadi favorit.  Sedangkan untuk keperluan MCK (mandi cuci kakus), pengelola membuka beberapa lokasi MCK yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Saat kami berkunjung, di beberapa titik tengah digelar acara kampus juga kegiatan gathering dari perusahaan dan lembaga.

Lokasi dan rute ke Batu Kuda
Wisata alam Batu Kuda berlokasi di lereng Gunung Manglayang, tepatnya di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Untuk menjangkau tempat ini bisa dari berbagai arah. Berikut akses ke Batu Kuda:
- Dari keluar tol Cileunyi ke kiri menuju Pasar Sehat Cileunyi terus ke arah persimpangan Jln. Percobaan (dikenal dengan daerah Pasar Sore). Jangan masuk ke Jln. Percobaan, pas di percabangan yang ada pangkalan ojek ambil kanan ke arah perumahan Villa Bandung Indah/Kafe WKCK. Terus ikuti jalan yang menanjak, nanti mentoknya di pintu gerbang Batu Kuda.
- Patokan lainnya bila dari arah Jln. Soekarno-Hatta atau Cicaheum ke arah Bundaran Cibiru terus menuju Cibiru - Cinunuk.  Akses bisa dari Jln. SMPN 1 Cileunyi (di kawasan Tagog).
- Bila naik angkutan umum dari arah Terminal Cicaheum, naik angkot Cicaheum-Cileunyi. Berhenti di ujung Jln. Percobaan Cileunyi, lalu naik ojek ke Batu Kuda.

Sekadar info, buat yang mau bawa mobil ke sini harap perhatikan kelaikan kendaraan. Akses ke sini rute berangkat dari Cileunyi terbilang ekstrem. Selain tanjakannya yang curam, lebar jalan pun sempit. Jadi, saat lewat dua kendaraan, yang satu harus "mengalah" menepi dulu biar kendaraan di depan bisa lewat dulu.

Disarankan, bagi yang hobi touring pakai kendaraan roda dua saja. Itu pun harus hati-hati membawa motornya, terutama motor matic, jangan sampai saat turun (pulang) terlalu terus menahan rem, takutnya karena terlalu panas jadi los. Karena itu tadi, banyak turunan jalan yang terbilang curam.

Harga tiket wisata Batu Kuda 2019
Selain menyajikan kawasan wisata alam nan indah dan resik, tiket masuk wisata Batu Kuda pun terbilang murah hanya Rp7.500 dan berkemah Rp10.000. Selain itu, objek wisata di Kelurahan Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung ini tersedia pula berbagai kebutuhan camping seperti penyewaan hammock, penyewaan tenda, kayu bakar dan peralatan lainnya.

Untuk penyewaan tenda anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp100.000 dengan kapasitas tenda 4 orang termasuk pemasangan, untuk hammock anda bisa menyewa dengan harga Rp20.000 seharinya. Adapun untuk kayu bakar harganya hanya Rp15.000 per ikat. Untuk mandi di kamar mandi umum hanya dipatok retribusi Rp20.000. Semua harga tiket berlaku untuk hari biasa maupun weekend.

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS