Review

Bus TMB Koridor 5 Stasiun Hall - Antapani Resmi Beroperasi, Ini Rute yang Dilalui

share to whatsapp



Bus TMB Jurusan Stasiun Bandung - Antapani

Dengan dukungan 15 unit bus, Trans Metro Bandung (TMB) Koridor 5 rute Antapani-Stasiun Hall resmi beroperasi. Selasa 12 November 2019. Ini akan memudahkan penumpang di kedua titik tersebut. Dimana sebelum adanya koridor TMB ini, buat ke pusat kota Bandung biasanya penumpang sampai harus naik angkutan kota (angkot) tiga kali. Tak jarang juga karena dianggap ribet, layanan transportasi online.

Acara Peluncuran Koridor 5 TMB sendiri digelar di area Balai Kota Bandung tepatnya di Taman Dewi Sartika, Jalan Wastukencana pada Selasa, 12 November 2019. Dengan hadirnya Bus TMB Koridor 5 Stasiun Hall - Antapani, kini penumpang dari arah Antapani yang hendak bepergian menuju pusat kota bisa berangkat dengan sekali naik. Bus TMB koridor baru ini pun akan memudahkan wisatawan yang turun di Stasiun Bandung bila ingin wisata ke daerah Antapani dan sekitarnya, salah satunya tempat wisata yang lagi ngehits Kiara Artha Park.

Rute dan harga tiket TMB Koridor 5
Untuk rute koridor 5 TMB, melewati: Antapani Jln. Jakarta - Jln. Ahmad Yani - Jln. Riau (RE Martadinata - Jln. Merdeka - Jln. Lengkong Jln. Asia Afrika - Jln. Gardu Jati - Stasiun Hall - Jln. Perintis Kemerdekaan Jln. Braga - Jln. Lembong - Jln.Kiaracondong - Antapani. Perihal tarif, tetap sama dengan koridor-koridor lain.

Adapun tiket bus TMB jauh - dekat adalah:
- Rp 4.000 (masyarakat umum)
- Rp 2.000 (pelajar)
- Adapun untuk pembayaran non-tunai Rp3.000 (masyarakat umum), dan Rp1.500 (pelajar). Selain itu, ada harga khusus untuk veteran, buruh, guru honorer.

Untuk alat penunjang koridor 5 TMB memang, belum sepenuhnya. Secara bertahap akan dilengkapai alat penunjang, paling lambat pada awal 2020. Juga urusan pembangunan shelter bakal terlaksana secara bertahap."Untuk urusan administrasi (perizinan, STNK, buku kir), dan kondisi kendaraan sudah siap.

Sebagai informasi, sebelumnya terdapat empat koridor TMB yang telah beroperasi, yakni:

1. TMB Koridor 1: jurusan Cibiru - Cibeureum
Rute ini melewati sepanjang Jln. Soekarno - Hatta (By Pass) sampai batas kota, dengan melewati:
Cibiru - Gedebage - Riung Bandung - Margahayu Metro - Samsat Kiaracondong - Perempatan Moh. Toha - Ihoftank - Terminal Leuwinpanjang - Pasar Caringin - Sumbersari (stopan Pasirkoja) - Holis - putar balik di Jln. Jenderal Sudirman (batas kota) dan kembali ke jalur sepanjang Jln. Soekarno - Hatta ke arah Gedebage - Cibiru.

2. TMB Koridor 2: jurusan Terminal Cicaheum - Cibeureum
Rute ini melewati Jalur dari Cicaheum - Jln. Ahmad Yani Jln. Ibrahim Adjie (Kiaracondong) - Jln. Jakarta - belok lagi ke Jln. Ahmad Yani - Jln. Asia Afrika (Alun-Alun Bandung) - Jln. Jenderal Sudirman - Cibeureum (batas kota) dan memutar di Jln. Rajawali kembali ke Jln. Ahmad Yani - Cicaheum dengan melewati:
Padasuka - Lapangan Persib - Jaya Plaza (Kosambi) - Alun-Alun - Pasar Baru - Gardujati - Andir - Bunderan batas kota - Cibeureum - putar balik ke Jln. Rajawali - Jln. Kebon Jati - RS Santosa  - Viaduct (BNI) - Lembong (Telkom) - Jln. Veteran - Jln. Ahmad Yani (Kosambi, Segitiga Mas) - Cicaheum.

3. TMB Koridor 3: jurusan Terminal Cicaheum - Sarijadi
Rute ini dari Cicaheum melewati Jln Suci (PHH Mustopa) - Jln. Prabudimuntur - Cikapayang - Pasupati - Jln. Dr. Djunjunan - Jln. Surya Sumantri (Pasteur) - Jln. Terusan Sutami - belok ke Jln. Lemah Neundeut - kembali ke Jln. Surya Sumantri - Jln. Dr. Djunjunan - Pasupati - Cikapayang - Jln. Surapati - Jln. Suci (PHH Mustopa) - kembali ke Cicaheum.

4. TMB Koridor 4: jurusan  Antapani - Terminal Leuwi Panjang
Rute ini dari Antapani melewati Jembatan Pelangi - dari Jln. Terusan Jakarta belok ke Jln. Sukabumi - Jln. Laswi - Jln. Pelajar Pejuang 45 - Jln. BKR - Jln. Peta - belok kiri ke Jln. Kopo - Terminal Leuwipanjang - berangkat lagi ke Antapani lewat jalur Kopo - Jln. Peta - Jln. BKR - Jln. Pelajar Pejuang 45 - Jln. Laswi - Jln. Sukabumi - Jln. Ahmad Yani - Jln. Ibrahim Adjie - Jln. Antapani