Review

Tips Perjalanan Wisata Liburan Natal dan Tahun Baru di Bandung

share to whatsapp



Tempat wisata Bandung liburan Natal dan Tahun Baru

Selain momen liburan Lebaran dan libur panjang sekolah di pertengahan tahun, liburan Natal dan Tahun Baru biasa jadi waktu buat wisatawan melancong ke Bandung. Setiap momen akhir tahun ini, wisata di Bandung sendiri punya tren tersendiri. Ya, walaupun ada beberapa tempat wisata yang "tumbang" karena kalah saing atau salah urus manajemen. Namun, ada juga beberapa tempat wisata yang tetap bertahan, malah terus menyajikan inovasi menghadirkan wahana dan fasilitas seru buat mereka yang piknik ke Bandung.

Buat Anda yang mau liburan momen Natal dan Tahun Baru di Bandung, berikut ini beberapa tips dari tim wisatabdg.com yang semoga bermanfaat.

1. Buat schedule wisata dan siapkan jauh-jauh hari
Hal ini untuk prepare dan kenyamanan saat sudah di Bandung. Apakah Anda bakal liburan sendiri, bareng teman, atau keluarga. Hal-hal penting yang mesti diperhatikan adalah urusan menginap, transportasi, sampai budgeting. Untuk urusan menginap, booking jauh-jauh hari,  baik itu villa, hotel, losmen, apartemen, dan lainnya buat tempat istirahat Anda.

2. Segera booking buat penginapan
Maklum saja, Bandung biasa jadi salah satu kota favorit buat liburan di momen Natal dan Tahun Baru. Cari informasi penginapan di internet, dan kalau bisa lakukan pemesanan sesegera mungkin biar gak keduluan sama yang lain. Untuk villa biasanya di Bandung banyak di daerah Lembang dan Ciwidey, karena lokasinya yang lebih ke konsep wisata alam. Biasanya tempat penginapan sudah terpadu dengan wisatanya.

Untuk keluarga, pilihan lain selain villa dan hotel, banyak kok kamar-kamar apartemen yang disewakan. Ini biasanya banyak di area pusat kota Bandung. Enaknya di aparteman selain bisa menampung anggota keluarga/banyak orang juga bisa memasak sendiri dengan tersedianya dapur.

Sementara buat kaum remaja, pilihan menginap dengan camping pun bisa jadi pilihan. Anda bisa bawa tenda dan peralatan sendiri atau menyewa. Tempat camping ini pun bukan saja yang umum, ada juga konsep glamour camping dimana segala kebutuhan sudah disiapkan pengelola. Memang harganya agak lumayan, namun bisa disiasati dengan patungan. Oh ya, buat camping ini pun perhatikan pula bahwa biasanya akhir tahun itu musim penghujan, cari lokasi camping yang gak bikin ribet karena terganggu cuaca.

3. Pilih sarana transportasi
Yang mau liburan di Bandung, bisa naik kendaraan pribadi, kereta api, bus, atau travel dari dan ke kota masing-masing. Kabar gembiranya, yang mau liburan dari Jakarta ke Bandung, akses jalan tol yang Jakarta - Cikampek elevated II kabarnya sudah bisa dilalui saat momen liburan Natal dan Tahun Baru nanti. Jadi gak macet-macet amat mungkin, gak kayak tahun-tahun kemarin.

Buat yang naik kendaraan umum ke Bandung, cari informasi buat akses dari satu titik ke titik lain. Namun buat liburan di Bandung, urusan transportasi sekarang banyak pilihan terutama dengan adanya layanan transportasi online semacam Grab atau Go-Jek.

Juga buat keliling di sekitaran Bandung bisa memanfaatkan layanan bus DAMRI, angkot, atau yang sekarang sudah ditambah oleh Pemkot Bandung yakni layanan Trans Metro Bandung (TMB). Selain melewati tempat-tempat wisata di pusat kota, ongkosnya pun terbilang murah yakni jauh dekat Rp4.000 saja.

4. Bandung makin banyak lokasi wisata baru
Buat menyambut liburan Natal dan Tahun baru nanti, sekarang sudah hadir tempat-tempat wisata baru, baik itu di kawasan Lembang maupun Ciwidey. Di Lembang, beberapa diantaranya ada Lembang Wonderland (lokasi di Tahu Susu Lembang) dan The Great Asia Africa di dekat Farmouse Lembang (Rumah Hobbit). Sementara di tengah kota Bandung, tepatnya di kawasan Kiaracondong dekat Jembatan Pelangi ada Kiara Artha Park yang lagi ngehits banget.

Lokasi lainnya ada Curug Malela di kawasan Rongga, Kab. Bandung Barat yang sudah direvitalisasi dan makin instagramable. Sementara di Jln. Jenderal Soedirman Bandung ada Panama Park. Di kawasan Jln. Jakarta dekat Kiara Artha Park ada wisata buat anak-anak bernama Bandung Champion City (di mall Lucky Square). Adapun tempat belanja dan hiburan yang sedang ngehits ada King's Plaza di kawasan Alun-Alun Bandung (sebelah selatan Masjid Raya Bandung/Taman Alun-Alun) yang sudah dibenahi. Buat wisata area publik ada Taman Dinosaurus di Lapangan Tegallega.

5. Bikin perjalanan nyaman yang efektif dan efisien
Maksudnya, jangan sampai Anda capek dan lelah di perjalanan. Apalagi titik-titik tempat wisata yang Anda dan rombongan kunjungi terganggu kenyamannya karena terjebak macet atau terlalu jauh. Tipsnya, tentukan prioritas lokasi-lokasi wisata yang Anda kunjungi. Misal, hari pertama di kawasan Lembang (Bandung Utara), hari kedua di kawasan Ciwidey (Bandung Selatan), hari ketiga di kawasan pusat kota (Alun-alun Bandung, Braga, Gedung Merdeka, dan lainnya).

6. Banyak event yang digelar
Saat momen liburan Natal dan Tahun baru, biasanya di Bandung digelar ragam event wisata. Baik itu yang diselenggarakan oleh pihak Pemkot Bandung, Pemprov Jabar, ataupun event organizer. Beberapa lokasi yang biasa dijadikan tempat event, diantaranya kawasan Jln. Asia Afrika (Alun-Alun Bandung), area Gedung Sate dan Lapangan Gasibu, Dago, dan lokasi tempat wisata lainnya.

7. Aktivitas wisata di Bandung
Ini berhubungan dengan kebiasaan para wisatawan yang mengisi momen liburan Natal dan Tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya. Lokasi favorit tetap biasanya kawasan Lembang, Ciwidey, pusat Kota Bandung. Salah satu aktivitas wisata terbaru yang lagi ngehits di Bandung Selatan adalah rafting (arung jeram) di kawasan Situ Cileunca di Pangalengan.

Aktivitas wisata biasanya, berkunjung ke tempat wisata alam, hunting kuliner, berkunjung ke area publik (seperti Jln. Asia Afrika, Braga, atau taman-taman yang ada di Bandung), belanja di distro/FO dan tempat oleh-oleh, hingga merayakan malam pergantian tahun. Buat yang mau hunting kuliner, sekarang banyak tempat kuliner baru di Bandung, semisal di Jln. LLRE Martadinata (Jln. Riau), Jln. Dago, Jln. Burangrang, Jln. Buah Batu, dan lainnya.

Untuk tips terakhir, jaga selalu kesehatan selama di wisata di Bandung karena akhir tahun sudah masuk musim hujan dengan curah hujan yang intens. Juga jaga kenyamanan dan keamanan barang bawaan Anda. Buat yang bawa kendaraan pribadi, cek kelaikan kendaraan Anda, apalagi bila akan melewati tempat-tempat dengan kondisi jalan yang lumayan menantang. Seperti ke kawasan Punclut, Jln. Kol. Masturi (Cihideung), Dago Giri, Ciwidey, Pangalengan, beberapa tempat di Lembang, dan lokasi lainnya yang biasanya banyak tempat wisata alam.