Review

Tol Layang Jakarta-Cikampek Elevated II Dapat Dilintasi Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

share to whatsapp



Jalan tol Jakarta - Cikampek Elevated II

Bila Anda berencana liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dari arah Jakarta ke Bandung, kini semakin nyaman. Hal ini setelah dipastikan pembangunan Tol Layang Jakarta-Cikampek Elevated II akan rampung. Dengan demikian, saat liburan Natal dan Tahun Baru, Tol Layang Jakarta-Cikampek Elevated II  dapat dilintasi. Jalan tol ini berfungsi untuk mengurangi kepadatan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Menjelang dibukanya  Tol Layang Jakarta-Cikampek Elevated II , Jasa Marga kini fokus memastikan fasilitas pendukung ruas tol tersebut siap seluruhnya. Sampai saat ini, pembangunan tol layang tersebut telah mencapai 99,95 persen.

Bila melihat target pengerjaan tersebut, operasional tol pada Desember 2019 dapat terealisasi. Pengerjaan yang sedang diselesaikan oleh Jasa Marga adalah seperti tahap expansion joint. Penyelesaian expansion joint yang saat ini masuk dalam tahap leveling, diratakan hingga sama dengan aspal. Selain itu, ada pekerjaan barrier di bagian bawah.

BACA JUGA:
Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Menggunakan Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek 20 Desember 2019 Nanti

Sebagai informasi, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Elevated II sepanjang 36,4 kilometer itu berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat (Sta 9+500 sampai dengan Sta 47+500).

Kehadiran Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated akan menambah kapasitas tol eksisting serta memisahkan antara arus lalu lintas jarak pendek dengan arus lalin jarak jauh. Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Jakarta-Cikampek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh terutama golongan I dan II menggunakan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated.

Pengguna pun nantinya dari arah Jakarta dapat melintas melalui Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jalan Tol JORR dan Jalan Tol Jagorawi, yang kemudian dapat melanjutkan dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II untuk menuju ke arah Bandung ataupun Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Adapun untuk arah sebaliknya pengguna jalan dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bandung dapat menggunakan Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang, kemudian dilanjutkan menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II untuk menuju ke Jakarta.