Review

Wisata Rafting di Pangalengan Makin Jadi Primadona Wisatawan

share to whatsapp



Wisata rafting Pangalengan

Wisata adventure di Bandung selama ini dikenal dengan tempat-tempat wisata di kawasan Lembang/Cikole, Ciwidey, dan kawasan lain yang berlokasi di kawasan pegunungan. Jika selama ini yang biasa jadi pilihan seperti paintball, flying fox, dan lainnya, kini wisata arung jeram atau rafting makin menyedot antusiasme wisatawan.

Wisata menaklukkan aliran air deras dengan perahu karet ini makin digilai-gilai wisatawan. Hal ini berdasarkan trending yang dipantau tim medsos wisatabdg.com, setiap akun IG @wisata_bandung memposting tentang wisata rafting di Pangelangan, langsung selalu menyedot perhatian followers. Dan komentar-komentar untuk followers pun membanjiri postingan dengan mengajak rekan-rekannya untuk menjajal wisata petualangan alam ini.

Bakal jadi wisata favorit terbaru
Wisata rafting pun diprediksi pada musim liburan tahun baru ataupun awal tahun 2020 akan jadi wisata favorit baru bagi wisatawan. Bila melihat pada kondisi wisata di Bandung, memang akhir-akhir ini ada semacam kejenuhan wisatawan dimana konsep tempat wisata yang satu dengan yang lain, terutama wisata alam, lebih menjual sisi wisata selfie juga konsep wisata keluarga.

Sementara wisatawan ingin menjajal pengalaman baru saat berwisata di Bandung. Dan wisata rafting ini jadi pilihan baru. Selain keseruan menjajal adrenalin, wisata rafting pun jadi pengalaman asyik saat berjibaku di perahu karet bareng kawan-kawan. Bisa dibilang ini antimainstream, dimana biasanya berwisata itu yang "santai-santai" saja. Dengan arung jeram, kepuasan menaklukkan ketakutan dengan menikmati alam menjadi sensasi luar biasa.

Sensasi menjajal adernalin
Tak heran bila wisata rafting biasanya diikuti oleh kelompok anak-anak muda, keluarga, hingga acara gathering perusahaan. Buat yang hobi wisata menantang adrenalin tersebut bisa datang ke kawasan Situ Cileunca di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Menurut pengeloa (provider) wisataini, setiap akhir pekan wahana wisata ini tak sepi pengunjung. Salah atunya di area Sungai Palayangan yang menjadi bagian Situ Cileunca.

Situ Cileunca sendiri berada di Kampung Kalayangan, Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan. Untuk aksesnya bisa keluar tol Buah Batu belok kanan ke Bojongsoang - Dayeuhkolot - Baleendah - Banjaran - Pangalengan. Untuk tiket rafting ini biasanya dipatok, setiap orang Rp150.000 (minimal 5 orang).

Asyiknya, sebelum masuk ke jeram-jeram yang berada di Sungai Palayangan, para wisatawan dapat mengarungi genangan air Situ Cileunca sejauh 2 km. Dan utamanya, wisatawan mengarungi aliran sungai di area danau ini yang biasa lama berarung jeram sejauh 3 km. Namun ada juga yang juga paling seru terbaru, dimana perahu meloncati bendungan kecil di area Sungai Cikulbak, Desa Pulosari.

Asyiknya rafting di Pangalengan
Adapun yang membedakan arung jeram di Situ Cileunca dan di wilayah Jawa Barat lainnya ialah tipikal aluran airnya termasuk stabil meski di musim kemarau atau hujan karena sumber airnya berasal dari bendungan. Kemarau hujan juga tidak pengaruh alias aman, musim hujan tidak ada banjir bandang tetap teratur airnya.

Bila Anda penasaran pengen menjajal wisata rafting di kawasan Situ Cileunca, Pangalengan, silakan bisa cari provider-provider rafting Pangalengan di Google atau Instagram. Bisa juga lihat-lihat di akun IG @wisata_bandung.