Bank BJB

Bank BJB

Catatan Tren Wisata di Bandung Liburan Akhir Tahun 2019




Tren wisata Bandung tahun 2019

Menjelang akhir tahun 2019, momen liburan Natal dan Tahun Baru dimanfaatkan oleh wisatawan luar kota yang berlibur di Kota Kembang. Kali ini, tim wisatabdg.com menyuguhkan catatan seputar tren wisata di Bandung saat liburan akhir tahun 2019.

Hal ini berdasarkan pantauan langsung ke lapangan, tren pencarian di Google Search, juga di media sosial. Oh ya, jangan lupa bagi yang pengen tahu tempat-tempat wisata di Bandung, selain di situs ini, kamu juga bisa follow akun Instagram @wisata_bandung atau cek hashtag #wisatabandung.

Sebelum masuk ke tren wisata apa saja yang jadi primadona wisatawan, beberapa hal sebagai informasi mengenai jalur lalu lintas dan kondisi cuaca di Bandung. Dibukanya Jalan Layang Tol Jakarta - Cikampek (Japek II) turut jadi bagian pergerakan wisatawan dari arah barat (Jakarta) menuju Bandung. Ya, walaupun jalan tol layang tersebut pada akhirnya ada juga masalah dengan terjadinya kemacetan. Namun arus kendaraan pribadi ke Bandung tak menyurutkan wisatawan.

Hal lainnya masalah cuaca di Bandung yang akhir tahun 2019 ini masuk musim penghujan. Beberapa wilayah di Bandung pun diguyur hujan, bahkan hujan angin kencang. Dan beberapa titik ada yang masih terendam banjir, baik banjir biasa maupun cileuncang (air menggenang).

Tren wisata di Bandung akhir 2019

1. Kawasan wisata Lembang
Untuk kunjungan wisatawan di Bandung akhir tahun 2019, destinasi wisata alam di Lembangmasih jadi tujuan favorit wisatawan. Kehadiran tempat-tempat wisata baru di Lembang yang trending di media sosial bisa jadi dorongan para pelancong menyambangi kawasan wisata di Bandung Utara tersebut.

Nama tempat wisata The Great Asia Africa yang masih "saudaraan" dengan Farmhouse Lembang dan Floating Market jadi bikin penasaran wisatawan. Tak heran bila akses ke kawasan Lembang pun seperti biasa: macet!  Destinasi wisata di kawasan Gudang Kahuripan ini memang amazing banget dengan hadrinya bangunan-bangunan dari berbagai negara dan berada di area lembang yang luas. Belum lagi tempat-tempat wisata lain seperti The Lodge Maribaya, Dusun Bambu, Orchid Forest Cikole, Tebing Keraton, dan lainnya masih jadi primadona unggulan.

Juga ada spot wisata lainnya yakni Lembang Park and Zoo di kawasan Jln. Kol. Masturi, Cihideung, Lembang  jadi salah satu spot yang diincar wisatawan. Nama wisata Tangkuban Parahu pun banyak jadi list agen travel buat nganterin wisatawan.

2. Kawasan wisata Ciwidey
Di akhir tahun 2019 ini, kunjungan wisata ke Ciwidey lebih mudah dengan hadirnya keluar tol Soroja di Soreang. Hanya saja, kemacetan dari keluar tol terlihat masih mengular karena jalan ke arah Ciwidey-nya belum ada perubahan. Ditambah lagi ada bencana longsor di kawasan Sungappan (Jln. Soreang - Ciwidey) beberapa waktu lalu akibat galian C.

Ini salah satu yang bikin sebagai wisatawan agak berpikir dua kali, walau akhirnya semua bisa diatasi dengan jalan yang sudah steril dan bisa dilalui. Dilansir dari Pikiran Rakyat (25/12/2019), tingkat kunjungan wisatawan ke Ciwidey mengalami peningkatan hingga 30 persen dibandingkan hari biasa. Namun, kenaikan tersebut masih lebih rendah daripada musim yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 40-50 persen.

Nama-nama tempat wisata seperti Kawah Putih tetap jadi primadona. Apalagi Kawah Putuh sudah membuka spot view deck baru. Tempat wisata lainnya yang jadi tujuan wisatawan: Happy Farm (Taman Kelinci), pemandian air panas (Cimanggu dan Ciwalini), Barusen Hills, eMTe Resort dan Ciwidey Valley.

3. Wisata pusat Kota Bandung
Ini yang menarik, dimana kawasan Alun-Alun Bandung jadi pilihan wisatawan di momen liburan akhir tahun 2019 ini. Di kawasan Jln. Asia Afrika kerap terjadi kemacetan karena wisatawan yang mencari tempat parkir.

Lokasi berfoto dengan street cosplayer di dekat Gedung Merdeka jadi primadona para pelancong. Selain itu, gedung-gedung bersejarah di sekitaran Alun-Alun Bandung dan Jln. Braga jadi spot berselfie ria para wisatawan luar kota. Layanan bus wisata Bandros pun jadi magnet para wisatawan. Wisata Chinatown Bandung pun masih jadi primadona, apalagi liburan akhir tahun ini, tempat wisata ini menghadirkan pertunjukan barongsai.

Lokasi wisata lainnya di kawasan Kiaracondong dekat Jembatan Pelangi,  tempat wisata Kiara Artha Park diserbu para wisatawan untuk mengabadikan momen pertunjukan air mancur menari di malam hari. Selain itu, taman-taman di Bandung pun diserbu wisatawan, salah satunya yang jadi tempat berjubelnya pengunjung adalah Taman Sejarah di area Gedung Balaikota Bandung.

Destinasi lainnya yaitu tempat wisata selfie, diantaranya Amazing Art World, Lembang Wonderland, Centrum Million Balls lumayan banyak diminati wisatawan. Juga nama Kebun Binatang Bandung di Jln. Tamansari juga Taman Lalu Lintas Bandung tetap jadi destinasi wisata keluarga murah meriah dengan aneka fasilitas dan wahana.

4, Wisata air dan wisata anak
Tempat-tempat wisata kolam renang dan waterpark masih jadi primadona. Beberapa tempat wisata kolam renang seperti Karangsetra Waterland, Panghegra Waterboom, Victory Waterpark, dan lainnya jadi lokasi favorit. Adapun buat wisata adventure yaitu wahana arung jeram di kawasan Pangalengan  di musim liburan akhir tahun 2019 ini naik daun dengan banyak peminatnya.

Juga tempat-tempat wisata anak seperti Bandung Champion City, Trans Studio Bandung, Panama Park, Next Level (PVJ) juga jadi pilihan utama wisatawan.

Namun untuk tempat-tempat wisata kuliner dan wisata belanja Bandung untuk akhir tahun ini, rasanya belum ada gebrakan berarti. Para pengelola tempat wisata di Bandung pun pada momen liburan akhir tahun berlomba-lomba memberikan promo dan program buat menarik wisatawan.