Bank BJB

Bank BJB

DevFest Bandung 2019, Ruang Berbagi dan Menangkap Peluang Bisnis Internet






Devfest Bandung 2019 di Click Square

Selama dua hari, di mall Click Square di bilangan Jln. Naripan, Bandung, digelar Devfest Bandung 2019. Kegiatannya sendiri berlangsung hari Sabtu dan Minggu, 7 - 8 Desember 2019. Peserta event yang didominasi oleh kaum muda ini terlihat antusias mengikuti rangkaian acara yang berhubungan dengan dunia pengembangan teknologi digital ini.

Stories from Developer
Developer Festival di Bandung kali ini mengangkat topik "Cerita dari Developer". Dimana, beberapa pegiat pengembang developer membagi pengalaman seputar dunia yang selama ini mereka geluti. Selama dua hari kegiatan tersebut, dimeriahkan dengan beberapa sesi, ada panel session di main stage, sharing session di mini stage dan lightning talks di community lounge

Community Lead GDG Bandung Dimas Satrio di sela-sela DevFest Bandung 2019 dalam sesi temu wartawan mengungkapkan bahwa event yang digelar ini selain sebagai temu dan sharing para developer, juga upaya peningkatan kapabilitas dalam bidang teknologi digital melalui ragam kegiatan yang digelar di Click Square ini.

Peningkatan skill developer
Kegiatan ini sebagai media para kaum muda yang menaruh perhatian dalam skill developer aplikasi dan software. Selain itu, event ini juga sebagai ajang media pengembangan relasi bagi para pegiat para pengembang teknologi digital tersebut. Sehingga, untuk di Bandung sendiri tercipta ekosistem digital yang menciptakan talenta-talenta terbaik di bidang ini. Bandung sendiri dikenal mempunyai talenta-talenta berbakat dan dibutuhkan para startup digital besar. Mereka lahir dari kampus-kampus, komunitas, juga yang ngulik sendiri.

Peluang di bidang ini, tambah Dimas, sangatlah potensial dan menjanjikan. Dimas memberi contoh bahwa, developer muda bisa punya penghasilan awal (baru lulus kuliah) sekitar Rp15-20 juta per bulan berkat skill yang mereka miliki. Mereka pun tersebar di berbagai daerah, terutama direkrut perusahaan startup dari Ibu Kota. Sementara di Bandung sendiri, bisnis rintisan online ini bisa dikatakan baru berkembang, berbeda dengan di Jakarta sebagai pusat bisnis Indonesia.

Menangkap peluang bisnis teknologi digital
Sementara dari Pihak Google yang diwakili oleh Google Developer Expert untuk Google Technology Ivan Kristianto mengungkapkan bahwa GDG dan Devfest Bandung 2019 ini diharapkan mampu menjadi jembatan bagi para developer muda dan calon-calon developer dengan mengenal lebih jauh informasi teknologi digital apa saja yang akan tren di masa mendatang serta teknologi terbaru yang dikembangkan oleh Google. Dalam hal ini berkaitan dengan Google search engine, web content, web platform, dan hingga aplikasi Android. *(Adien)