Review

Liburan Akhir Tahun 2019 di Bandung, Ketahui Titik-Titik Kemacetan Ini

share to whatsapp



Macet ke Lembang liburan akhir tahun 2019

Momen libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Bandung biasa jadi pilihan wisatawan luar kota buat piknik di kota ini. Banyaknya arus kendaraan yang mengarah ke Bandung, dipastikan  biasanya terjadi kemacetan di beberapa titik di Bandung Raya. Kemacetan pun bahkan sudah dialami wisatawan saat menuju Bandung dari arah tol. Salah satunya dari tol Jakarta - Cikampek hingga Purbaleunyi.

1. Macet jalur tol Jakarta - Bandung
Bahkan, pada Sabtu 21 Desember 2019, Tol layang Jakarta–Cikampek (Japek) mengalami kemacetan parah. Kemacetan Tol Layang Japek ini terjadi di sepanjang jalur Jakarta menuju Bandung. Berdasarkan foto yang beredar di media sosial, terlihat kemacetan di jalur Jakarta - Bandung mengular panjang. Pihak kepolisian dan PT Jasa Marga pun sampai memutuskan untuk menutup sementara jalan Tol Layang Japek pada pukul 13.38 WIB.

2. Kemacetan arah jalur Bandung - Lembang
Sementara untuk di Bandung, lokasi-lokasi yang jadi langganan macet adalah arah ke kawasan wisata Lembang Kabupaten Bandung Barat. Kemacetan terjadi di  jalur Bandung menuju Lembang dari keluar tol Pasteur, Jln. Setiabudhi, sampai arah Alun-Alun Lembang. Apalagi sekarang sudah dibuka tempat wisata baru yang lagi ngehits di Lembang yakni The Great Asia Africa yang diprediksi akan jadi titik kumpul wisatawan luar kota.

Untuk liburan akhir tahun ini, pihak Polres Cimahi pun akan memberlakukan sistem arus satu arah (one way) pada Sabtu 21 Desember 2019. Sistem arus satu arah akan diberlakukan tentatif sesuai kondisi arus lalu lintas di lapangan. Untuk pagi hari, prioritas akan diberlakukan untuk kendaraan yang hendak menuju ke Lembang. Sementara pukul 11.00 hingga 13.00, sistem arus satu arah akan diberlakukan tentatif. Pukul 14.00, akan diberlakukan sistem arus satu arah dengan prioritas kendaraan yang hendak menuju ke Bandung.

Titik lainnya ke arah Bandung Utara (jalur alternatif ke Lembang) yang biasa jadi langganan kemacetan adalah kawasan Dago Giri dan arah ke Punclut.

3. Kemacetan arah Bandung - Ciwidey
Ini lokasi lain yang jadi titik kemacetan ke arah Bandung Selatan setiap musim liburan akhir tahun. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus siap-siap mengantisipasi macetnya perjalanan menggunakan mobil ke tempat wisata Ciwidey ini. Ditambah lagi, jalur ke arah Ciwidey ini tidak cukup lebar dan didominasi bus pariwisata.

Beberapa titik lainnya yang biasa mengalami kemacetan adalah Alun-alun Soreang sampai Taman Love, Sadu, akibat arus kendaraan yang bertemu dengan jalur melalui Jalan Anyar, Panyirapan, Andir sampai Alun-alun Ciwidey.

Saat musim liburan akhir tahun, arus lalu lintas ke Ciwidey biasanya didominasi kendaraan bus wisata, pribadi, juga kendaraan roda dua. Kawasan Ciwidey memang terkena dengan wisata alam yang jadi magnet tersendiri bagi wisatawan, terutama para wisatawan luar kota. Kemacetan pun biasanya akan tambah parah saat malam perayaan Tahun Baru.

4. Kemacetan kawasan pusat Kota Bandung
Ini pun harus diantisipasi oleh wisatawan yang bawa kendaraan. Beberapa area publik di kawasan puat Kota Bandung biasa terimbas kemacetan, diantaranya: kawasan Alun-Alun (Jln. Asia Afrika), kawasan Balai Kota (Taman Sejarah), juga kawasan di sekitaran Gedung Sate.

Untuk kawasan Alun-Alun dan Gedung Sate biasanya kemacetan akan tambah parah saat malam perayaan Tahun Baru. Untuk antisipasinya, wisatawan bisa datang lebih awal yakni sore hari. Ini menyangkut memilih kantong-kantong parkir yang lowong. Bila malam hari saat menjelang Tahun Baru, jangankan cari lokasi memarkirkan kendaraan, untuk memajukan kendaraan pun susah saking macetnya.