Bank BJB

Bank BJB

Tips Wisata di Bandung Buat Kaum Remaja






Wisata The Great Asia Africa Bandung

Tak dapat dipungkiri, ngehitsnya tempat-tempat wisata di Bandung dipengaruhi oleh para kaum remaja yang menjajal tempat-tempat wisata di kota ini. Begitu pula hubungan kaum remaja dengan internet yang sudah menjadi bagian hidupnya, menjadikan lokasi-lokasi wisata di Bandung banyak terangkat terutama di media sosial. Kebiasaan mereka memposting tempat-tempat wisata, terutama tempat wisata baru, turut menarik perhatian berbagai kalangan.

Nah, bagi kamu terutama kaum remaja yang berasal dari luar kota Bandung dan ingin menjelajahi destinasi wisata di seputaran Bandung, berikut ini kami sajikan beberapa tips buat kamu pelesiran di Bandung.

1. Tentukan lokasi wisata yang sesuai jiwa kamu
Beberapa tempat wisata di Bandung kebanyakan instagramable sesuai dengan jiwa anak muda. Namun, biar gak menghabiskan waktu dan tenaga, ada baiknya bidik target tempat-tempat wisata di Bandung yang pengen kamu kunjungi.

Untuk tahun 2019 ini beberapa tempat wisata ada yang baru dan lagi ngehits, misalnya The Great Asia Afrika di Lembang. Lalu di kawasan Kiaracondong dekat Jembatan Pelangi ada Kiara Artha Parak. Kedua tempat wisata tersebut instagramable dan banyak dikunjungi anak-anak muda. Lokasi lainnya yang bisa jadi pilihan: kawasan Asia Afrika (Gedung Merdeka, Alun-Alun, Braga, dll.).

Kawasan wisata Lembang seperti The Lodge Maribaya, Floating Market, Orchid Forest Cikole, atau wisata Gunung Putri pun bisa jadi pilihan. Kawasan lainnya yang sudah biasa bagi wisatawan yakni di kawasan Ciwidey (Kawah Putih, Rancaupas, Situ Patenggang, dll.).

Sementara yang ingin menjajal tempat-tempat wisata ektrem dan penuh petualangan, bisa ke Curug Malela yang lagi ngehits di kawasan Rongga (Kab. Bandung Barat). Lokasi lainnya bisa ke kawasan Pangalengan dengan rafting di kawasan Situ Cileunca atau memotret keindahan alam Cukul yang jalurnya bisa bablas sampai Pantai Selatan di Garut.

Biar gak bingung, silakan searching di Google atau medsos seperti di Instagram tempat-tempat wisata di Bandung yang lagi ngetren. Misalnya, di IG dengan pencarian hashtag #wisatabandung.

2. Siapkan budget yang ramah di kantong
Buat kebanyakan kaum remaja, urusan budgeting ini memang biasa jadi hal yang dipertimbangkan. Ini bisa disiasati dengan membuat rancangan pengeluaran yang akan dipakai saat libuan di Bandung. Ini bisa mulai dari angkutan transportasi apakah ke Bandung mau naik kereta api, bus, travel, atawa bawa kendaraan sendiri rame-rame dengan genk.

Sudah di Bandung, bila mau pakai kendaraan umum bisa naik angkot, bus Damri, atau layanan transportasi online semacam Go-Jek atau Grab. Bila ingin lebih murah meriah bisa memanfaatkan sarana transportasi umum, misal turun di Leuwipanjang ingin ke Ciwidey tinggal naik bus ke Terminal Ciwidey dan dilanjut ke kawasan Rancabali dengan naik angkot.

Begitu pula bila turun di Stasiun Bandung, bisa naik angkot ke Lembang bila tujuannya ke sana. Bila pengen menjajal tempat wisata di pusat Kota Bandung, tinggal naik angkot atau bus Damri yang bisa lebih murah. Apalagi sekarang ke tempat-tempat wisata di seputaran pusat Kota Bandung sudah ada berbagai trayek Trans Metro Bandung (TMB) yang bisa keliling sepuasnya dari satu titik ke titik lain dengan bayar Rp4.000 doang.

3. Cari tempat makanan di Bandung yang enak tapi murah
Di Bandung banyak tempat makan yang murah meriah tapi enak yang tersebar di berbagai lokasi. Misalnya bisa memilih tempat makan di kawasan Cikapundung, Balong Gede, dan sekitarnya. Atau di kawasan Jln. Burangrang dan sekitarnya yang terkenal sebagai sentra kulinernya. Lokasi-lokasi tersebut tak jauh dari Alun-Alun Bandung. Lokasi kuliner lainnya ada di sebelah kiri Gedung Sate yaitu Jln. Cisangkuy. Ada juga sentra kuliner dekat kampus Unpad yakni di sepanjang Jln. Dipatiukur sampai Dago. Wisata kuliner di sebelah selatan ada kawasan Jln. Buah Batu sampai Jln. Terusan Buah Batu (Bojongsoang).

4. Penginapan nyaman dan murah
Urusan penginapan biasanya jadi salah satu yang menggerus isi dompet. Bila wisata ke Bandung rame-rame, bisa memilih penginapan, losmen, apartemen, atau berkemah. Banyak kok lokasi penginapan di sekitaran tempat wisata yang murah-murah, misal dekat dengan Stasiun Bandung. Begitu pula di kawasan Alun-Alun Bandung, Ciwidey, atau Lembang.

5. Mau belanja? Cari tempat wisata belanja ramah isi dompet
Mau beli kaos atau aksesoris khas Bandung? Biasanya banyak yang memilih beli di kawasan Jln. Cihampelas atau Cibaduyut. Bila pengen menjajal tempat belanja lain, semisal distro bisa ke kawasan Jln. Trunojoyo. Pusat distro lainnya ada di Parahyangan Plaza yang persis beresebelahan dengan Masjid Raya Bandung. Lokasi tempat belanja lainnya ada di Pasar Baru, Jln. Buah Batu, Jln. Riau, Dago, dll.

6. Jaga selalu keamanan barang bawaan
Namanya tempat wisata dimana saja yang ramai dikunjungi wisatawan, mungkin ada saja hal-hal yang tak diinginkan. Misal dari kecopetan, dijambret, dihipnotis, sampai dipalak. Untuk itu, selalu waspada dan saling melindungi dengan teman. Jangan bergerak sendirian ke tempat sepi, selalu berada di keramaian bersama wisatawan lain.

Salah satu kasusnya, ada saja kabar wisatawan remaja di kawasan Alun-Alun Bandung yang terhipnotis atau kecopetan saking ramenya pengunjung. Untuk itu, jangan terlalu lengah karena menikmati suasana di sana. Contohnya, memotret dengan HP saking asyiknya tanpa waspada sekeliling hingga kemudian mengundang pencopet atau penjambret. Atau tas ransel yang dibawa jangan disimpan di belakang punggung, simpan di depan.

Namun pihak pemerintah dan pihak berwajib di Bandung sudah berupaya maksimal buat menanggulangi hal-hal tak diinginkan tersebut. Ya, tapi namanya kejahatan selalu punya hukum: kalau bukan karena niat, juga adanya kesempatan. Jangan kasih kesempatan penjahat buat menjadikan kamu korban.