Bank BJB

Bank BJB

Air Mancur Bundaran Leuwigajah, Wisata Instagramable yang Lagi Ngehits di Cimahi




Taman Air Mancur Leuwigajah Cimahi

Dalam urusan destinasi wisata, Kota Cimahi memang masih kalah moncer dengan kota tetangganya (Kota Bandung, Kab. Bandung, dan Kab. Bandung Barat). Namun, beragam upaya pun dilakukan oleh pihak pemerintah setempat buat menggenjot potensi sektor wisata. Beberapa diantaranya dengan program wisata sejarah di kawasan bangunan militer, hadirnya bus wisata Sakoci, hingga yang terbaru taman air mancur di bundaran Jln. Leuwigajah.

Taman air mancur yang dibangun Pemkot Cimahi ini berjenis dry fountain dan masyarakat bisa berinteraksi di area air mancur tersebut. Pembangunan taman air mancur di Leuwigajah Kota Cimahi berasal dari anggaran APBD dengan biaya sebesar Rp 850 juta. Taman Air Mancur Leuwigajah ini telah diresmikan pada akhir 2019 lalu .Taman Air Mancur Leuwigajah dengan luas total area kolamnya sekitar 277,45 m persegi.

Kini, kehadiran air mancur di Bundaran Leuwigajah, Cimahi Selatan, Kota Cimahi mendapat antusiasme masyarakat. Air mancur ini merupakan yang pertama di Kota Cimahi. Sajian kerlap-kerlip lampu berwarna-warni ini menyedot perhatian masyarakat. Area publik yang berada di persimpangan Jln. Gandawijaya-Sriwijaya-Gedong Opat tersebut dikonsep sebagai ruang aktif.

Bikin macet lalu lintas
Namun sayangnya, saking antusiasnya menimbulkan kemacetan di bundaran penghubung Kota/Kabupaten Bandung-Cimahi ini. Hal ini karena pengunjung taman air mancur ini kerap memarkirkan kendaraannya di pinggir air mancur untuk mengambil foto, sehingga menghambat laju lalu lintas. Kawasan ini sebelum ada air mancur juga memang dikenal kemacetannya, terutama saat jam sibuk berangkat dan pulang kerja.

Untuk itu, diimbau kepada masyarakat yang ingin berfoto di air mancur Bundaran Leuwigajah agar menghentikan dan memarkirkan motornya secara teratur. Di dekat taman air mancur tersebut, ada ruko-ruko dimana lahan parkirnya bisa buat parkir kendaraan.

Air mancur pertama di Kota Cimahi memang tidak bisa dinikmati selama 24 jam. Saat tim wisatabdg.com menyambangi tempat ini, air mancur nyalanya malam hari ba'da Magrib. Selain pertimbangan tarif listriknya, pertimbangan lain pembatasan waktu operasional air mancur adalah pemeliharaan pompa, dan lampu-lampunya. Rencananya, taman air mancur tersebut akan ditambahkan patung gajah sesuai dengan nama wilayahnya yakni Leuwigajah.