Bank BJB

Bank BJB

Rekomendasi Tempat Wisata Sambil Jalan Kaki di Bandung






Wisata jalan kaki di Bandung

Bagi yang ingin berwisata sambil olahraga sehat di seputaran Bandung, ada banyak tempat wisata yang bisa dilakukan sambil jalan kaki. Ya, walaupun semua tempat wisata kebanyakan bisa dilakukan sambil jalan kaki. Namun di sini, dengan berada di kawasan tempat wisata ini, Anda bisa menyusuri satu per satu dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain. Dan tentunya wisata di Bandung dengan jalan kaki ini selain bisa menyambangi tempat-tempat terkenal, juga murah meriah lho.

Memang, kebanyakan untuk wisata dengan jalan kaki ini berada di kawasan area publik. Berikut diantaranya:

1. Kawasan Alun-Alun
Ini dong pastinya kawasan yang jadi tempat tujuan wisatawan, terutama dari luar kota. Di kawasan Alun-Alun, wisatawan bisa menyusuri tempat wisata satu ke tempat wisata lain. Misalnya, dari titik perjalanan di Gedung Merdeka bisa berfoto-foto dulu di gedung bersejarah ini.

Ke arah timur dikit beberapa meter bisa berselfie di depan gedung-gedung bersejarah lainnya, misalnya di depan Hotel Savoy Homann. Kalo mau nyanti sejenak, melipir aja ke sebelah Gedung Merdeka dimana ada Cikapundung Riverspot, kadang juga sering digelar aneka event setiap minggunya.

Ke arah barat dari Gedung Merdeka, bisa berfoto-foto dengan street cosplayer ala hantu yang ada di depan Gedung PLN. Terus ke arah barat bisa ke Taman Alun-Alun dan Masjid Raya Bandung. Dari Taman Alun-Alun, bisa jalan kaki ke kawasan wisata Jalan Dalem Kaum atau belanja kaos distro di Parahyanga Plaza.

Lokasi terdekat dari Gedung Merdeka ini ke arah utara tinggal jalan kaki ke Jln. Braga. Wisatawan bisa foto-foto di depan gedung-gedung klasik di jalan ini. Atau sekalian bisa nongkrong sambil kulineran di cafe-cafe.

2. Kawasan Gedung Sate
Buat yang menyambangi Gedung Sate, selain bisa berfoto di kantor Gubernur ini, bisa main ke Museum Gedung Sate. Jalan kaki dikit ke sebelahnya ada sentra kuliner di Jalan Cisangkuy atau nongkrong dulu di Taman Lansia. Sementara bagi yang pengen jogging, dari Gedung Sate tinggal nyeberang ke track lari di Lapangan Gasibu.

Di arah timur Gedung Sate, bisa ke Museum Geologi yang bisa Anda sambangi. Sementara dari arah Gasibu ke utara ada Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju) dan sentra kuliner di dekat Kampus Unpad, Jln. Dipatiukur.

3. Kawasan Jalan Dago
Di sini sih enaknya sambil cari tempat kuliner di cafe-cafe atau nyantai sejenak di kursi-kursi yang disediakan di trotoar. Spot-spot di pinggir jalan raya ini pun instagramable banget. Kalo mau yang lebih alami, ke Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda aja. Bisa menyepi sejenak di kehijauan alam Bandung Utara.

4. Kawasan Cihampelas
Tentunya kalo di sini, jalan-jalannya enak sambil belanja oleh-oleh semacam kaos dan pernak-pernik khas Bandung lainnya. Spot terkenal di sini ada Cihampelas Walk yang mempunyai area luas dan menyediakan aneka kebutuhan belanja dari pakaian sampai kuliner.

5. Kawasan perkebunan teh
Berjalan kaki menyusuri perkebunan teh juga mengasyikkan pastinya. Ini bisa dilakukan di kawasan Perkebunan Teh Rancabali di Ciwidey atau perkebunan teh Malabar di Pangalengan. Selain menyajikan pemandangan indah dan menyejukkan, tentunya mengambil beberapa gambar di sini jangan sampai ketinggalan.

6. Area Car Free Day (CFD)
Buat yang datang ke Bandung akhir pekan, bangun pagi di hari Minggu, langsung aja berbaur dengan pengunjung di Car Free Day (CFD). Pilihannya bisa ke CFD di Jalan Dago atau Jalan Buah Batu. Kedua tempat CFD ini biasa jadi favorit wisatawan buat hunting belanjaan, dari aneka pakaian, aksesoris, dan tentunya kuliner. Ada juga ragam pertunjukan seni yang biasa digelar.

7. Area Taman Kota
Ada banyak taman di Bandung yang cocok banget buat wisata sambil jalan kaki. Beberapa taman di Bandung yang terkenal sebagai tempat jalan-jalan wisatawan ada: Taman Sejarah/Taman Balai Kota, Taman Dinosaurus di Tegallega, kawasan Gasibu, Taman Alun-Alun Regol, Taman Alun-Alun Ujungberung, Taman Superhero, Taman Lansia, Pet Park, dll.