Review

Kala Kini Nanti, Wisata Seni Visual Video Mapping di PVJ Mall Bandung

share to whatsapp



Wisata Video mapping PVJ Mall Bandung

Video mapping adalah sebuah teknik yang menggunakan pencahayaan dan proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi optis pada objek-objek. Objek-objek tersebut secara visual akan berubah dari bentuk biasanya menjadi bentuk baru yang berbeda dan sangat fantastis. Perubahan visual tersebut terjadi dari sebuah proyeksi yang menampilkan grafis video digital kepada suatu objek, benda, atau bidang. Karya visual dari video mapping pun kini jadi tren baru dan menjadi daya tarik wisata.

Untuk menikmati seni video mapping sekaligus jadi media untuk berfoto dengan tampilan lain daripada yang lain, kini telah hadir di Bandung yaki di mall Paris Van Java, Jln. Sukajadi Bandung. Berikut ini informasinya:

1. Kala Kini Nanti, karya Sembilan Matahari
Karya seni video mapping di mall ini merupakan besutan Sembilan Matahari dengan mengambil tajuk 'Kala Kini Nanti'. Sembilan Matahari yang berasal dari Bandung adalah studio lintas disiplin yang fokus pada desain, film, dan kreatif coding. Karya-karya inovatif Sembilan Matahari kerap menghadirkan video mapping, animasi sampai film.

Sederet prestasi ditorehkan Sembilan Matahari di tingkat internasional. Di antaranya adalah karya 'Constellation Neverland 1.0' pernah diapresiasi di ART|JOG Yogyakarta, ICAD Jakarta, Mapping Festival Jenewa - Swiss, World of Projection Mapping-Jepang, dan Wonder of Fantasy, Art and Technology Exhibition-Taiwan.

Di Moscow LightFest 2015, Sembilan Matahari juga pernah menampilkan dua karya yakni klasik membawa karya tentang 'Matryoshka' yang dianggap sebagai simbol ibu dan kesuburan. Di kategori modern, Sembilan Matahari bawakan dengan nuansa eksperimentasi visual dan audio yg "dark-expressive".

2. Lokasi video mapping
Bila Anda ingin melihat karya seni video mapping ini, ,datang saja ke area lantai RL Paris Van Java, Jalan Sukajadi No 131-139, Kota Bandung. Kini Nanti adalah satu di antara wisata baru di Bandung yang dikemas secara unik, serta melibatkan seni dan teknologi di dalamnya. Wahana imajinasi visual yang bertemakan arktik ini memiliki luas ruangan sebesar 200 m2.

3. Jam operasional suguhan video mapping
Untuk jam pperasional seni video mapping 'Kala.Kini Nant'i dibuka setiap hari pada pukul 10.00 hingga 22.00. Pengunjung akan disuguhi 15 digital art video yang menampilkan fauna fantasi, kelap-kelip cahaya, tampilan hutan musim dingin, suasana bulan, lukisan aurora di atas gunung dan masih banyak yang lainnya.

Digital art video tersebut dihadirkan dalam lima layar yang terpasang pada sisi depan, belakang, kana, kiri, dan lantai. Tak heran jika perpaduan seni visual video mapping ini sangat cocok dijadikan spot foto instagramable. Dengan jangkauan penglihatan 360 derajat, 15 digital art yang ada di sini akan berganti setiap lima menit.

4. Harga tiket
Biaya tiket masuk video mapping di PVJ mall ini untuk hari biasa Rp 30.000 (dewasa) dan Rp 20.000 (anak). Sedangkan harga tiket masuk di waktu weekend yaitu Rp 40.000 (dewasa) dan Rp 30.000 (anak). Pengunjung diperkenankan menikmati wahana visual 'Kala Kini Nanti' selama 30 menit. Dalam masa promosi serta menargetkan kapasitas maksimum, pengunjung yang berada didalam diperbolehkan untuk menambah durasi lebih lama.

Instagram:
- @kala.kini.nanti
@pvjofficial