Bank BJB

Bank BJB

Lampu Tenaga Matahari di Taman Alun-Alun Bisa untuk Isi Daya Handphone




Solar Tree Taman Alun-Alun Bandung

Kawasan Alun-Alun merupakan salah satu destinasi pilihan para wisatawan. Kawasan ini kerap menjadi tujuan utama para pelancong yang lagi berkunjung ke Bandung. Lokasinya yang strategis bisa menjadi titik buat di dan ke kawasan lain. Lebih dari itu, kebanyakan tempat wisata di sini berupa area publik yang murah meriah bahkan gratis bagi para wisatawan. Sebut saja kawasan Taman Alun-Alun, menara Masjid Raya Bandung, Gedung Merdeka, bus Bandros, Pendopo, dan kawasan Jalan Cikapundung.

Nah, bagi Anda yang berkunjung ke kawasan Taman Alun-Alun Bandung kini ada fasilitas penerangan yang unik. Sumber energi lampu taman ini memanfaatkan tenaga matahari. Tak hanya menjadi sumber cahaya, lampu penerangan anyar ini memiliki bentuk menyerupai sebuah pohon. Karenanya, lampu taman dengan tenaga surya ini dinamai ‘Solar Tree’.

Lokasi Solar Tree di Taman Alun-Alun Bandung
Ada dua Solar Tree di Taman Alun-alun yaitu di pintu masuk sebelah selatan dari Jalan Dalem Kaum dan di pojok sebelah utara yakni akses dari Jalan Asia Afrika. Solar Tree ini diresmikan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial pada Kamis (30/1/2020).

Solar Tree memiliki tinggi tak lebih dari 3 meter dengan 16 panel surya berkapasitas 50 MWP. Panel akan menyerap energi matahari untuk menyimpan listrik ke dalam empat buah baterai berkapasitas 100 Ah atau setara 12 volt. Itu cukup untuk menyalakan empat buah lampu dengan daya 20 watt dan menerangi area Taman Alun-Alun Bandung.

Panel surya mengitari tiang menyerupai daun pohon, sehingga sekaligus membuat teduh fasilitas tempat duduk yang tersedia pada Solar Tree ini. Tak hanya untuk penerangan, masyarakat juga bisa memanfaatkan Solar Tree untuk mengisi daya telepon seluler. Karena di sana disediakan sambungan berbentuk port USB.

Dari CSR PT LEN Industri
Kehadiran Solar Tree di Alun-alun Bandung ini merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dengan PT LEN Industri. Solar Tree diberikan sebagai bagian dari Coorporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan BUMN yang bergerak di bidang elektronika tersebut.