Bank BJB

Bank BJB

Buku Bandung Kilas Peristiwa di Mata Filatelis, Sebuah Wisata Sejarah




buku bandung kilas peristiwa di mata filatelis

Membaca buku Bandung Kilas Peristiwa di Mata Filatelis, Sebuah Wisata Sejarah yang ditulis oleh Sudarsono Katam Kartodiwirio ini seakan memutar mesin ke waktu ke masa lalu. Sebuah buku yang cukup tebal ini jumlah halamannya 669 dan diterbitkan oleh Penerbit PT Kiblat Buku Utama. Bandung (2006) yang dikenal sebagai penerbit yang concern pada khazanah keilmuan di Jawa Barat, khususnya kesundaan.

Saat membaca lembar per lemba buku ini, pembaca seakan diajak berpetualang pada cerita masa lalu Bandung yang penuh dengan kenangan. Sejarah Bandung di masa lampu sampai zaman kolonial tersaji apik dengan penjelasan yang bernas dan dilengkapi foto-foto Bandung jaman baheula.

Dari awal halaman, dipaparkan mengenai sejarah Bandung Purba yakni dari sejarah cekungan Bandung sampai kisah di balik legenda Gunung Tangkuban Parahu yang jadi tetengger alam di kawasan utara. Seluk beluk sejarah cikal bakal pemerintahan Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Gedung Sate, dan gedung-gedung pemerintahan lainnya pun disajikan dengan apik di buku ini.

Bagi para mahasiswa yang kuliah di kampus-kampus ternama di Bandung, ada juga lho kisah sejarahnya. Dari sejarah kampus Unpad, ITB, Unpar, UPI/IKIP, Unpas, Unisba, dan kampus lainnya. Juga sekolah-sekola zaman Belanda dari Kweekschool, HBS, MULO, hingga Sekolah Pendidikan Luar Biasa.

Lalu ada kisah dan profil museum yang ada di Bandung: Museum Geologi. Museum KAA, Museum Pos, sampai Museum Mandala Wangsit. Sejarah tempat-tempat ibadah pun dipaparkan di buku ini, dari Masjid Agung, Masjid Cipaganti, Masjid Salman, Gereje Bethel, sampai Vihara Satya Budhi.

Pengen tahu kisah-kisah sejarah hotel Savoy Homann, Grand Hotel Preanger, Villa Isola, Hotel Panghegar, dan lainnya? Baca buku ini. Pokoknya, buku ini Bandung pisan lah! Sampai, di buku ini dipaparkan bahwa kecantikan mojang-mojang Bandung sudah disebut-sebut dalam buku-buku buatan orang Belanda sejak awal tahun 1900-an.