Bank BJB

Bank BJB

B Radio Jalan-Jalan ke Sejumlah Mall Bandung, Ini Suasananya




b radio ke mall bandung

Kota Bandung masih berada di zona kuning berdasarkan hasil kajian epidemiologi. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pun memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara proporsional hingga Jumat (26/6/2020) mendatang.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, angka penularan di Kota Bandung masih fluktuatif sehingga pihaknya belum bisa membuka akses maksimal aktivitas masyarakat. Namun beberapa relaksasi akan diberlakukan bagi lokus wilayah yang dipandang bisa dikendalikan.

Dia menjelaskan, syarat utama pelonggaran PSBB adalah memberlakukan protokol kesehatan maksimal dari mulai masuk hingga ke luar lokasi.

Dengan adanya keputusan pemerintah tersebut, B Radio turun langsung untuk memberikan laporan kepada Beautiful People dengan mengunjungi beberapa mall di Kota Bandung dan melihat kesiapan pusat perbelanjaan tersebut dalam menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah kota Bandung.

Suasana Trans Studio Mall (TSM)
Pada hari Selasa,16 Juni 2020, reporter Andika Febryan bersama videographer Acil Jalan-jalan #NewNormal ke Trans Studio Mall. Di hari kedua dalam pelonggaran PSBB ini, ada beberapa protokol baru yang diterapkan oleh mal dan harus dijalankan oleh para pengunjung sebelum memasuki area mall.

Mulai dari pintu masuk parkir yang telah disiapkan alat sensor agar tidak perlu lagi menyentuh tombol saat mengambil tiket parkir. Sebelum memasuki lobby utama, dapat terlihat penjagaan dari petugas untuk pengecekan suhu tubuh dan diharuskan mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang telah disediakan.

Di saat memasuki pintu masuk mal, akan ditemui kembali petugas untuk pengecekan suhu tubuh. Begitu pun dengan seluruh tenant yang tergabung, dapat terlihat kesiapan protokol dari masing-masing toko. Mulai dari adanya pembatasan jumlah pengunjung di dalam toko, hingga pengecekan suhu tubuh oleh petugas masing-masing toko.

Adapun beberapa hal lain yang juga diperhatikan oleh pihak mal dalam menerapkan physical distancing, mulai dari eskalator yang sudah diberi tanda khusus agar tetap menjaga jarak, hingga jumlah pengguna lift yang dibatasi dengan maksimal hanya 4 orang. Hingga pembatasan pengguna toilet dan diharuskan mengantre di garis yang telah disiapkan dengan jarak 1 meter.

Suasana 23 Paskal
Tidak jauh berbeda, begitu pun dengan mal 23 Paskal (17/06/20) yang telah menyiapkan protokol khusus dalam penerapan #NewNormal untuk para pengunjung, di mana dari total 4 pintu lobby, hanya 3 yang dibuka.

Begitu pun saat memasuki area pintu masuk, para pengunjung diharuskan mengantre terlebih dahulu di garis yang sudah diberi jarak. Selanjutnya, para pengunjung juga diminta untuk scan QR Code melalui smartphone yang nantinya akan diarahkan ke dalam satu forrmulir digital yang harus diisi, mulai dari data nama, alamat email, nomor telepon dan jumlah keluarga yang turut serta datang pada hari itu.

Setelah pengisian data tersebut yang juga dibantu oleh petugas, para pengunjung akan diarahkan untuk menggunakan hand sanitizer dan melewati mesin pengecekan suhu tubuh, hanya pengunjung dengan suhu tubuh dibawah 37 derajat celcius yang diperbolehkan masuk.

Di saat memasuki area mall akan ditemui beberapa protokol lain, mulai dari petugas yang berjaga disetiap sudut eskalator yang sudah ditandai agar tetap menjaga jarak, hingga pembatasan pengguna lift yang hanya dapat digunakan oleh penyandang disabilitas, baby stroller, lansia dan ibu hamil. Begitu pun di area toilet, akan ditemukan garis untuk mengantre dengan jarak masing-masing 1 meter, hingga urinoir dan wastafle yang tidak semuanya dapat digunakan agar tetap dapat menerapkan physical distancing di dalam toilet.

Suasana Cihampelas Walk (Ciwalk)
Memasuki hari keempat dalam pelonggaran PSBB di Kota Bandung (18/06/20), masih bersama reporter Andika Febryan dan videographer Acil kali ini Jalan-jalan #NewNormal ke Cihampelas Walk. Pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Cihampelas ini memiliki 1 area masuk yang sama, hingga dapat lebih mudah mengontrol para pengunjung agar dapat menerapkan protokol kesehatan, dari mulai pejalan kaki hingga para pengendara motor dan mobil.

Sebelum memasuki area mal, guna memutus tali penyebaran Covid-19, para pengunjung diharuskan melewati beberapa protokol dari mulai pengecekan suhu tubuh hingga diharuskan mencuci tangan menggunakan sabun di tempat yang telah disediakan oleh pihak mall.

Di saat mengunjungi beberapa tenant juga dapat dilihat adanya pembatasan para pengunjung di masing-masing toko, per tanggal 18 Juni 2020, pemerintah telah mengijinkan cafe dan resto mall untuk dapat makan di tempat atau dine-in. Disetiap tenant makanan dan minuman akan ditemukan pembatasan pengunjung, di mana akan ditemukan jarak dari masing-masing meja, dan hanya 30% kursi dan meja saja yang disiapkan. Tidak lupa, para tenant toko juga menyiapkan hand sanitizer dipintu masuk dan garis antrean yang berjarak.

Mal Cihampelas Walk memiliki banyak area mulai dari indoor dan outdoor. Agar tetap dalam koridor physical distancing menuju area dalam mall, akan ditemukan tanda khusus untuk pintu masuk dan keluar. Sedangkan menuju tenant fashion, juga tetap dibatasi jumlah pengunjung toko dan adanya petugas yang mengarahkan untuk menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki toko.

B Radio akan terus memberikan informasi terbaru mengenai kebiasaan #NewNormal di sejumlah tempat di kota Bandung. Biar tidak ketinggalan updatenya, follow instagram di @bradio956fm dan dengerin terus 95,6 Fm B Radio, Beautiful You, Radionya Perempuan Bandung. (Reportase: Andika Febryan/B Radio Bandung)