Bank BJB

Bank BJB

Ini Tempat-Tempat Wisata di Bandung yang Dibuka Kembali




wisata bandung yang buka kembali

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proposional dilanjutkan hingga 26 Juni 2020 untuk daerah di luar kawasan Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi). Berdasarkan hasil evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, terdapat 10 daerah berada di Zona Kuning (Level 3) dan 17 daerah berada di Zona Biru (Level 2).

Dan pada 26 Juni 2020, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tingkat provinsi tidak dilanjutkan. Artinya, 100 persen daerah di Jabar, kecuali Bodebek akan melaksanakan adaptasi kebiasaan baru (AKB). Artinya, setelah tanggal tersebut tersebut Jawa Barat memasuki masa AKB atau new normal.

Seiring dengan masa new normal atau AKB, beberapa tempat wisata di Bandung Raya pun mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. Berikut ini beberapa informasi seputar pembukaan tempat wisata di Bandung Raya.

1. Wisata Kabupaten bandung (Ciwidey dan sekitarnya)
Beberapa objek wisata yang jadi pilot project simulasi sudah dilaksanakan pembukaan sejak Kamis, 11 Juni 2020 yakni di objek wisata Emte Highland, Kawah Putih, Situ Patenggang, dan Glamping Lakeside. Selain wisata alam, sektor wisata yang sudah dibuka adalah  perhotelan, kuliner, jasa transportasi pariwisata, dan toko souvenir.

Dan mulai  Sabtu, tanggal 27 Juni 2010 tempat-tempat wisata Ciwidey sebagian besar sudah dibuka. Salah satunya, Disparbud Kabupaten Bandung membuka kembali sekitar 43 objek wisata air pada Sabtu 27 Juni 2020. Pembukaan tersebut merupakan tahapan uji coba setelah sebelumnya dilakukan simulasi penanganan Covid-19 di tempat wisata tersebut. Tempat wisata tersebut terdiri dari kolam renang, water boom, kolam rendam, dan arum jeram. Yosep mengatakan, ujicoba ini merupakan tahap ketiga pada proses pembukaan tempat wisata memasuki fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Kabupaten Bandung.

2. Wisata Kabupaten Bandung Barat (Lembang dan sekitarnya)
Bila tidak ada aral melintang rencananya akan kembali dibuka Sabtu ini (13/06/2020). Beberapa objek wisata di Lembang yang mulai dibuka: TWA Tangkuban Parahu, Dago Bakery Punclut, The Lodge Maribaya, D'Ranch, Lembang Wonderland, Lembang Park and Zoo, Maribaya Resort, Fairy Garden, D'Dieu Land, Terminal Wisata Grafika Cikole, Farm House Susu Lembang (Rumah Hobbit), Gunung Putri, The Great Asia Africa, Lereng Anteng Panoramic (mulai buka 15 Juni). Kuota pengunjung yang boleh memasuki tempat wisata dibatasi hanya 30% dari kapasitas tempat wisata tersebut.

LIHAT JUGA:
[Update] Daftar Tempat Wisata di Bandung Raya yang Telah Dibuka Kembali LIHAT DI SINI

Sementara itu, untuk tiket tempat-tempat wisata pun akan dinaikkan dengan tujuan agar pengunjung tidak terlalu banyak. Kenaikan tersebut misalnya di beberapa tempat wisata berikut:
- Farm House naik menjadi Rp35.000 per orang;
- Floating Market Rp30.000;
- The Great Asia Africa Rp65.000;
- Terminal Wisata Grafika Cikole Rp 20.000 per orang.

Update: mulai  Sabtu, tanggal 27 Juni 2010 tempat-tempat wisata Lembang sebagian besar sudah dibuka.

Untuk antisipasi agar tidak masuknya wisatawan dari luar Jawa Barat, akan ada pemeriksaan ketat di setiap lokasi wisata. Dengan melakukan filtering sejak dari gerbang masuk, diantaranya dengan cek pelat nomor kendaraannya, kartu identitasnya, dan pengumuman spanduk di gerbang masuk. Jika berasal dari luar Jawa Barat, misalnya Jakarta langsung akan disuruh putar balik.

3. Wisata Kota Bandung
Karena pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional di Kota Bandung dilanjutkan hingga 26 Juni 2020, tempat-tempat wisata di wilayah ini belum dibuka. Dan pada 27 Juni 2020, AKB akan diberlakukan selama dua pekan, yakni mulai 27 Juni hingga 10 Juli 2020. Aturan AKB di Kota Bandung tersebut diantaranya kapasitas pengunjung di mall, toko mandiri, cafe,maupun restoran bertambah menjadi 50 persen. Selain itu, operasional perniagaan yang semula sampai pukul 20.00 WIB, diperpanjang menjadi pukul 21.00 WIB.

Namun, beberapa sektor yang belum diizinkan dulu di Kota Bandung yaitu sektor pendidikan, car free day (CFD), tempat hiburan, tempat olahraga (gym), dan bioskop. Adapun soal kegiatan olahraga berenang, Pemkot Bandung memperbolehkan untuk dibuka kembali. Sementara taman-taman di Kota Bandung masih belum boleh dibuka. Untuk pembukaan taman, Pemkot akan melakukan simulasi terlebih dahulu, SOP (Standard Operating Procedure) akan dibuat untuk diberlakukan agar aktivitas di taman tetap memenuhi standar kesehatan maksimal bagi para pengunjung.

BACA INFO TERKAIT:
Daftar Tempat Wisata Alam di Bandung Raya Milik Perhutani yang Telah Dibuka (UPDATE)

Mulai 27 Juni 2020 pun beberapa tempat wisata di Kota Bandung pun mulai dibuka, salah satunya Kebun Binatang Bandung. Sedangkan untuk mall, restoran, dan hotel telah dibuka tanggal 15 Juni 2020 dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan.

Selain itu, untuk layanan transportasi umum mulai Sabtu pagi, 13 Juni 2020, Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum akan melayani kembali operasional bus AKDP dan AKAP. Juga layanan ojek online sedang disiapkan untuk diperbolehkan mengangkut penumpang. Adapun untuk layanan transportasi sepeda wisata dan bus Bandros di Kota Bandung pun sudah beroperasional kembali.